Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di daerah mereka. Tidak terkecuali Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Salah satunya festival yang diadakan di Kabupaten Samosir adalah festival Gondang Naposo. Tahun ini, festival Gondang Naposo dilaksanakan selama dua hari pada 29 dan 30 April 2017 di Pantai Pasir Putih Parbaba, Kecamatan Panguguran, Samosir, Sumatera Utara.
Festival Gondang Naposo sendiri berakar dari tradisi perkenalan etnis Batak Samosir. Tradisi ini merupakan ajang pencarian jodoh tradisional bagi pemuda dan pemudi yang telah mendapat persetujuan dari orangtuanya. Mereka saling bertegur sapa dan berbalas pantun untuk selanjutnya menentukan siapa yang mereka mau yang selanjutnya akan berujung pada pernikahan.
 
Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Samosir untuk melestarikan dan mengembangkan nilai budaya, khususnya di kalangan kaum muda. Ada 12 sanggar tari di Kabupaten Samosir dan delapan dari Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Kota Pematangsiantar dan Medan yang meramaikan festival ini.
 
Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro mengatakan, peserta festival Gondang Naposo merupakan utusan instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota. Peserta juga datang dari berbagai lembaga pendidikan tinggi negeri dan swasta serta lembaga pendidikan, utusan gereja, lembaga seni budaya, hingga organisasi sosial.
Untuk menjadi peserta, persyaratan yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 16 tahun atau belum menikah. Setiap peserta tampil dalam kelompok yang berisi 25-30 orang. Setiap kelompok menampilkan formasi gondang mula-mula, somba, hasatan sitio-tio, dan lain-lain. Rangkaian gondang ini ditampilkan bebas untuk dikreasikan namun tidak mengurangi makna dan tujuan akhir.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata mengapresiasi langkah Dinas Pariwisata Samosir untuk dapat menembus target wisatawan mancanegara pada tahun 2017. “Maju terus Samosir dan Danau Toba,” kata Arief seperti dikutip dari viva.co.id. Untuk tahun 2017, Kementrian Pariwisata memasang target 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara. (rab)