Apa kuliner khas daerahmu ?

Home Forums Wisata, Budaya & Kuliner Apa kuliner khas daerahmu ?

This topic contains 13 replies, has 4 voices, and was last updated by helenamantra helenamantra 2 years, 4 months ago.

  • Author
    Posts
  • #3537

    NKRI ini sungguh kaya, Kekayaan alam, ragam suku dan yang paling menarik adalah kulinernya. Ada sate, rendang, rawon dan beberapa kuliner lain yang menjadi ciri khas setiap daerah. cita rasa pedas, manis, pedas manis gurih semuanya sudah tersedia. Sobat serempak mari bersatu jaga keberagaman ini. Supaya kuliner daerah kamu dikenal banyak orang, ayok bagikan di kolom diskusi serempak dibawah ini

  • #3647
    Munasyarotul Fadlilati, S.Ip
    munasya

    Kuliner khas dari Lamongan yang tidak dipunya oleh daerah lain adalah “Sego Boran”.
    Biasanya dijajakan lesehan di sepanjang trotoar dengan menggunakan boran sebagai tempat nasi

    • #3650

      Wahh baru dengar tuh mbak munasya “sego boran”, Kalau sego mimin tau itu artinya Nasi. Nah boran ini yang belum tau? apakah sama seperti bakul nasi atau gimana? #polos

  • #3829

    Kalau di sragen ada soto Girin yang kalo pagi ramenya udah kaya pasar, Lotek Mama Kiki deket kereta api, Mangut patin yang dibungkus daun pisang dengan bumbu rempah jaman dulu, tumpang sorsi yang harganya di bawah lima ribu.
    Kalau di Solo ada teamlo, sosis solo, dawet Sargede, selat Vins dan Mbak Lis, Serabi Notosuman, Sate kere dan Sate buntel dll

    *mendadak lapar

    • #3831

      Ngiler jadinya mbak Anisa KJ., Nama2 kulliner yang masih jarang benget mimin denger. Apalagi nama teamlo, selat vins dan mbak lis benar2 baru kali ini dengar *lumayan buat kuliner akhir tahun. eh ya “mbak lis” itu nama penjualnya atau nama jajanannya ?? hehehe. Kalau soto udah pernah nyoba mungkin soto girin setidaknya rasanya nggk jauh beda dengan kuliner lain (cuma nebak). Mudah2an kapan2 bisa main ke tempat mbak AnisaKJ buat nyobain kuliner asli sragen ,..

  • #3834

    Itu enak semua Bu Admin duuuhh… enak di kantong juga o.O mbak lis itu sebenarnya nama penjualnya Bu Admin, saking terkenalnya banyak yang suka memanggil dengan sebutan selat mbak lis. Kalau vins memang nama tempatnya dari dulu dan itu sudah jadi selat jawara di solo Bu, dan Mbak Lis juga. Bedanya kalau di Vins tempatnya strategis karena di pinggir jalan, sedangkan mbak Lies agak masuk gang, tapi tempatnya unik sekali Bu Admin, klasik vintage dan banyak benda antik yang dipajang di seluruh ruangan. Dan dua-duanya enaaaaaaaak bangeeeet huaaaaa *nangis iya Bu Admin hehe aamiin 🙂

  • #3835

    Namun sekarang juga sudah sama seperti Vins, nama itu dipatenkan jadi Selat Mbak Lies Bu Admin 🙂 dan selat Mbak Lies tidak membuka cabang di mana pun, jadi biar orang-orang berkunjung ke solo, sama seperti joger Bali*ini drtd loading terus kenapa ya Bu Admin mau balas komentar? u.u apa sinyal saya di rumah TT

    • #3837

      Hahaha iya tuh enak di kantong., emang harganya berapa mbak AnisaKj? iya beneran nangis karena cuma bisa cerita belum bisa menikmati *ambilnasididapur. Mungkin sinyal mbak kebetulan ini mimin lancar jaya. Kalau Sare kere itu sate kambing atau ayam? kalau dilihat dari namanya mah sate orang nggak punya duit *ibuadminbanget. Bener nggak tuh ??

  • #3840

    Kalau saya dulu ke sana harganya masih murah bu admin, 13rb.. kalau sekarang ndak tahu udah naik apa tetep hehe, dulu sempet masuk acaranya pak bondan yang mak nyoss itu bu admin 😀 iya kali Bu, ini sinyal sepertinya. Kalau sate kere itu ada dua jenis Bu Admin , ada yang dari tetelan sapi atau kambing, ada juga dari tempe dan tahu, tapi yang paling ngetrend di kalangan anak muda yang dari tempe dan tahu terus disiram bumbu kacang sate dan kecap karena harganya relatif murah, tiga ribu sudah dapat satu bungkus hehe maka dr itu dinamakan sate kere, wkwkwk bener Bu Admin, sate orang yang lagi ndak ada duit, seperti saya juga wkwkkw

  • #3852

    oh iya mimin masih inget kalau pak bondan yang punya hobi makan-makan. Sekarang mungkin kalau harganya naik paling cuma 2000 jadi 15.000 per porsi (cuma kira-kira) . Nah kalau sate dari tetelan sapi atau kambing itu masih lazim. tapi kalau sate tempe atau tahu kedengarannya lucu mbak . Harganya murah banget lagi cuma Rp 3000. Berapa tusuk tuh mbak kalau beli Rp3000 ???
    eh ini dia pelakunya selat mbak lies baru nemu setelah mencari-cari

  • #3861

    Waduuh saya ngilerrr pengen ke sana lagi, tapi jauhnya minta ampun juga wkkwkw, emmmmm mayonaisenya itu enak banget dimakan sama kentang dan dagingnya TT aduh Bu Admin 🙁 iya Bu Admin, soalnya memang ‘kere’ alias ga punya duit hihihi, dulu saya 3rb dapet enam tusuk Bu Admin, kalau sekarang mungkin sudah naik jadi seribu pertusuknya 🙂 bumbunya sama dengan bumbu sate, baunya juga sama, cuma isiannya yang beda Bu hihi

    • #3863

      Ayok mbak AnisaKJ kita meluncur kesana mumpung ada long weekend, Lain kali nanti kesana saya deh biar bisa merasakan kelezatannya. Kalau satenya kayak menipu gitu ya mbak, sama bentuk, bumbu dan bau terus ketika masuk mulut ternyata tempe atau tahu Hehehe. Tapi pastinya menjadi sebuah keunikan sendiri kuliner yang lucu namanya dan unik rasanya. Mbak AnisaKj Kalau dawet sargade itu tempatnya dimana ya? Pasar ?

  • #3867

    Hihihi, saya long weekend Insya Allah bertolak ke jepara Bu Hehe, iya kaya menipu Bu Admin, tapi itulah yang disukai anak muda, terutama kaum vegan Bu Admin 😀 hihihi, kalau dawet sargede masuk ke dalam pasar Bu, ada yang legend satu di sana tapi saya lupa namanya hihi

  • #3872

    Pernah makan nasi krawu, min? Nasi Krawu khas Gresik itu enak banget. Nasi putih hangat diberi daging sapi yang disuwir dan jeroan sapi (tapi sedikit aja ya, kolesterol). Kalau mau makin seger tambahkan sayur menir dari kangkung yang dipotong kecil-kecil. Meski khas Gresik, penjualnya dari Madura. Aneh tapi nyata…

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED