Apakah Perempuan Indonesia Minat Untuk Menjadi Pelaku UKM yang Mandiri??

Home Forums UKM Apakah Perempuan Indonesia Minat Untuk Menjadi Pelaku UKM yang Mandiri??

This topic contains 13 replies, has 3 voices, and was last updated by Anisa Kautsar Juniardy Anisa Kautsar Juniardy 2 years, 5 months ago.

  • Author
    Posts
  • #2204

    Saat krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1997 semua lini kehidupan merasakan dampaknya, perusahaan besar banyak yang gulung tikar karena lumpuhnya ekonomi Indonesia. Kendati krisis ekonomi waktu itu menyeret mayoritas usaha Indonesia, maka tidak demikian dengan UKM Indonesia yang terus bertahan meskipun nilai tukar rupiah terus melemah. Sampai saat ini pemerintah berkomitmen untuk terus menumbuhkan pelaku UKM Indonesia khususnya di kalangan perempuan. Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) tentang Perluasan Kesempatan Kerja dan Peningkatan Kesejahteraan Tenaga Kerja Melalui Gerakan Perempuan Mandiri di Negeri Sendiri.
    Bagaimana menurut anda cara untuk memotivasi para perempuan Indonesia untuk mandiri dengan cara menjalankan UKM ini??? Mari tuangkan pendapat anda melalui diskusi ini !!!

  • #2409

    Terkadang untuk memulai bisnis, kita bingung mau berjualan apa. Mulailah melihat ke sekitar kita, apa kebutuhan diri atau orang lain yang bisa kita penuhi. Selain itu apa kelebihan diri yang bisa menghasilkan uang. Misal suka memasak maka bisa mulai bisnis catering atau cemilan yang dipasarkan di tetangga, sekolah, kantor, dst. Ikut komunitas-komunitas yang dapat memacu diri mengembangkan hobi tersebut sehingga bisa menghasilkan uang.

    • #2427

      Wahh asek ibu motivasi dan tips memulai usahanya. Mudah-mudahan sobat serempak bisa mengimplementasikannya dalam bentuk usaha nyata. Barangkali ibu helenamantra atau sobat serempak lain bisa membagikan motivasi atau tips untuk memulai UKM terutama pada kaum perempuan agar tercipta kemandirian???

  • #2585

    Emm.. soal UKM saya jadi inget dulu waktu masih SMP saya sering bikin martabak mie lalu ditaroh di kotak makan dan dijual di SD tempat adik saya sekolah, tiap hari laku tanpa sisa. Kedua baru saja satu tahun kemarin berjualan Domi (donat mini online), tapi saya hentikan. Bukan karena malas atau lelah tetapi sudah beralih haluan dari makanan junk food ke makanan yang lebih sehat dan menjalani food combining. Karena nggak mungkin berjualan makanan berat tapi sendirinya menggalakkan dan promosi makanan sehat di medsos. Ibaratnya seperti menghianati pembeli. Jadi buat ibu-ibu yang ingin menjalankan UKM mandiri jangan lupa untuk mempertimbangkan apa yang dijual pada konsumen. Lelah atau bosan pasti ada, saya juga merasa begitu. Cuma pas megang uang aja nggak bosen, hehe. Biasanya kalo bosen apalagi UKM nya dibidang makanan, souvenir, dan sejenisnya itu mau melakukan kegiatan jadi ogah-ogahan atau setengah-setengah. Jika merasakan hal demikian cobalah untuk ambil waktu beristirahat dan kembali mengingat tujuan atau misi visi utama dalam menjalankan usaha, pasti balik semangat lagi. Di sisi lain, konsumsi masyarakat indonesia itu tinggi sekali, apa aja dimakan dan digunakan. Yang penting harga terjangkau dan memuaskan. Pastikan jangan berhenti atau lelah dalam berinovasi, karena inovasi juga bagian terpenting produk. Semakin banyak berinovasi rasa bosan juga semakin rendah, sebab otak sudah biasa dipancing dan tertantang bekerja. Bisa dilihat pada anak muda, ibu-ibu mulai dari IRT sampai pejabat kalau makan nggak lupa selfie dulu, apa yang difoto? jelas makanannya, kenapa? karena tampilannya bagus :D, kalau mereka beli barang baru apa yang difoto? barang sama yang punya barang 😀 . Kalau terjadi kasus seperti saya, yang beralih makanan, bisa diganti tanpa berhenti berjualan. Misalnya donat serba manis dengan tepung tinggi gluten, bisa dengan melakukan mixing, yakni pencampuran bahan (tepung terigu+tepung beras) dan penggunaan toping menggunakan selai buah jadinya lebih sehat untuk dikonsumsi. Intinya jangan berhenti jadi bagian dari mensukseskan perekonomian dalam negeri agar bisa menyelamatkan pihak lain yang kurang beruntung nasibnya.

  • #2587

    Ide yang bagus dari mba AnisaKJ. Dalam dunia usaha harus terus berinovasi. Gaya hidup sehat makin populer di kota-kota besar (meski fast food masih laris). UKM ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi siapa saja, termasuk ibu rumah tangga yang awalnya hanya mengurus anak. Mari kita dukung majunya UKM Indonesia.

  • #2588

    Iya mbak Helenamantra, sekarang di kota besar yang sering saya temukan aneka menu vegetarian dan menu diet mayo, hihi ternyata pas podusennya diwawancara mereka memang mandiri, semuanya dikelola sendiri bahkan sayuran dan buah-buahannya dikelola sendiri dengan memanfaatkan pengetahuan dasar serta niat mau berusaha dan gak mau gagal sebelum mencicipi keberhasilan. UKM Indonesia itu sebenarnya diisi oleh orang-orang kreatif, gimana enggak, nasi basi aja masih bisa disulap jadi apem, jadi krupuk, dsb 😀 Kalau saya sih dukung sekali Mbak. Saya lihat juga UKM merupakan ladang bisnis yang tepat untuk seorang ibu, karena di sela-sela waktunya mereka masih bisa mengurus buah hati tanpa harus meninggalkan atau menitipkannya pada orang lain. Tanggungjawab sebagai Ibu sekaligus istri dan pekerjaan berjalan beriringan.

    • #2625

      Ayok sama-sama AnisaKj,, helenamantra dan semua sobat serempak dukung ibu rumah tangga sebagai pelaku langsung untuk majunya UKM Indonesia. Salutt,. Ternyata mbak AnisaKJ sudah mengalami langsung usaha kecil-kecilan, kalah deh admin ini hehehe. Mengenai inovasi admin punya pandangan sendiri nih mungkin sebagai tambahan.
      biasanya dalam ilmu produk life cycle (umur produk) sebuah produk akan mengalami titik puncak dimana konsumen mengalami titik jenuh atau bosan dengan produk kita. selanjutnya kita harus melakukan diversivikasi produk. Apakah diversifikasi produk itu?? bisa diartikan sebagai proses pembuatan produk baru yang fungsi dan nilainya bertambah dari produk sebelumnya. tentu diperlukan sebuah kreativitas dan inovasi seperti yg diungkapkan oleh AnisaKJ untuk melakukan diversifikasi produk. Biasanya perusahaan besar menyerahkan tugas ini kepada bagian R&D (Research & Development). Namun untuk skala UKM kita bisa mencari referensi via buku atau internet kemudian dikombinasikan. Gimana sobat serempak ada motivasi lain bagi perempuan Indonesia agar mandiri menjalankan UKM ?

  • #2635

    Betul sekali admin, diversifikasi produk memang perlu dipertimbangkan, mengingat para konsumen itu juga manusia, punya tiitk jenuh. Kalau udah nyoba ya pasti cuma ada dua pilihan, beli lagi atau udah 😀 😀 testimoni para pembeli itu juga penting mempengaruhi semangat para pejuang UKM kalau menurut saya pribadi. Ya mungkin agak maksa, tapi sebagai orang Indonesia yang menjunjung budaya timur, jangan sungkan-sungkan ngasih testimoni pada penjualnya, meski sepele itu bisa bikin senyum-senyum sendiri lho 😀 berasa udah capek tapi capeknya ilang

    • #2641

      Wahh cara baru nih menganalisi perilaku konsumen dengan testimoni. biar titik jenuh itu tidak cepat dirasakan. Ehh tapi admin tidak akan bosan lho berdiskusi dengan sobat serempak di forum ini hehehe. Mari yang punya pendapat lain mengenai ibu sebagai pelaku UKM bisa uraikan di kolom diskusi

  • #2643

    Iya nggak bosen Bu, karena pasti tema yang diangkat kan beda-beda 😀 saya mah suka aja kalo bersinergi atau bertukar pikiran 😀 itung-itung nambah wawasan dan belajar dari para senior dan sobat serempak semua 😀

    • #2678

      Nah itu mbak AnisaKJ pola berfikri yang ingin maju, tetap belajar, bertukar pikiran. Oleh karena itu di forum serempak ini sebagai media untuk warga berdiskusi terfokus pada perempuan dan anak. Tetapi kita juga memperbolehkan diskusi dengan topik lain selagi itu positif dan bisa membangun awareness masyarakat perempuan dan anak.

  • #2687

    Betul sekali, Bu. Standing Applause wuuuu 😀 😀 Ini kalo dari kita yang buka diskusi memangnya nggakpapa ya Bu?

    • #2693

      hehehe haduh admin jadi salting ini mbak AnisaKJ kalau dikasihh standing Applause,. Kalau buka diskusi baru pasti boleh dong pake banget hehe. Silakan dengan senang hati kalau ada yang perlu didiskusikan langsung pilih menu yang sesuai dengan topik yang ingin diangkat sebagai bahan diskusi. Selamat mencoba ? ?

  • #2707

    Hehehe. Siap, Bu.. laksanakeun! 😀

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED