Jika manusia terus mendiami muka bumi apakah bumi lestari atau hancur??

Home Forums IPTEK Jika manusia terus mendiami muka bumi apakah bumi lestari atau hancur??

This topic contains 9 replies, has 2 voices, and was last updated by Anisa Kautsar Juniardy Anisa Kautsar Juniardy 2 years, 10 months ago.

  • Author
    Posts
  • #3642

    Manusia sudah ada sejak 200.000 tahun lalu. Sampai sekarang eksplorasi sumber daya alam terus dilakukan. Bahan bakar fosil secara besar-besar digunakan sebagai penopang kehidupan. Peradaban terus dibangun karena setiap periode manusia terus bertambah jumlahnya. Januari 2015 tercatat penduduk muka bumi ini 7,2 Miliar. Jika manusia terus berada di muka bumi ini ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi. Bumi Ini akan lestari atau hancur. Mari sobat serempak tuangkan pendapatmu via diskusi serempak?

  • #3649

    Wauw, sudah meningkat pesat hingga 7,2 M? saya baru tahu Bu Admin 😮
    Untuk masalah ini ada dua kemungkinan menurut saya, bumi bisa hancur dan akan lestari tergantung bagaimana manusia memperlakukan bumi. Jika dilihat secara kasatmata, hampir di seluruh kawasan eropa semua para ahli dan manusia memang sudah melek dengan lingkungan dan mencoba menggali penemuan-penemuan baru. Namun di samping itu jumlah manusia yang tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian bumi cukup banyak. Ibarat kata, ada perusak ada pula pemelihara. Kebutuhan manusia yang semakin besar mulai dari sandang, pangan, papan juga terus meningkat jumlahnya namun tidak diimbangi dengan pemberdayaan SDM sebagai modal dalam membentuk mindset bahwa ‘ini loh bumi perlu dijaga keseimbangannya’, terutama di Indonesia. Saya melihat dengan mata kepala sendiri bahwa bukan hanya bahan bakar fosil yang terus diekspoitasi namun tanah-tanah persawahan sudah berubah menjadi hunian dan perusahaan besar, lahan makin sempit, kebutuhan dan ambisi manusia makin tinggi..

    • #3658

      ya penduduk dunia memang sudah meningkat 7,2 Miliar mbak. Bahkan PBB memprediski jumlah penduduk 9,3 Miliar pada tahun 2050. Benar kata mbak Anisa bahwa ilmuan di seluruh belahan dunia terus mencari teknologi untuk menghindarkan bumi kita ini dari kehancuran. Mencari energi alternattif yang lebih ramah lingkungan. Hal ini untuk mengurangi eksploitasi SDA di muka bumi. Tetapi jumlah penduduk ini terus bertambah dengan. Tentu penduduk yang besar ini berbanding lurus dengan segala kebutuhan yang dia perlukan. Well coba deh apa ada pendapat lain bumi ini akan lestari kedepannya ?

  • #3665

    Ini Bu Adminnya beda-beda kah ya? 😮

    • #3668

      Nggak lah mbak anissa KJ tetap sama, nggak ada yang beda kok. tapi identitasnya biarlah jadi misteri. Ok kembali ke laptop menurut mbak annisa KJ apakah bumi kita ini akan lestari atau bahkan hancur jika manusia terus mendiami bumi?

  • #3699

    Maaf Bu Admin baru membalas, karena saya menjunjung tinggi hukum langit dan berkeyakinan bahwa bumi akan hancur, maka saya condong ke bumi hancur dan rusak karena populasi manusia yang semakin berkembang luas maka secara langsung mereka juga dituntut untuk bertahan hidup dan menyukupi kebutuhan. Belum lagi akumulasi kebutuhan serta penggunaan sumber daya alam itu dalam seminggu dari satu manusia sudah sangat banyak, apalagi jika dikalikan 7,2M manusia. Tentu jika dibuat gambaran bumi tenggelam dengan kebutuhan-kebutuhan manusia itu sendiri. Namun bumi memang tempat yang sudah diciptakan untuk kehidupan manusia, tidak ada planet lain yang sesubur, seindah, dan setepat bumi. Mengacu pada hal ini seharusnya manusia juga dituntut untuk terus berpikir bagaimana memperlambat kehancuran bumi dengan usaha kecil seperti menjaga lingkungan, pemanfaatan lahan kosong tak berpenghuni, membatasi penggunaan sumber bahan bakar dengan cara memilih alternatif lain sebagai daya dukung dalam melakukan aktivitas sehari-hari (Mungkin itu contoh kecil saja) yang sampai saat ini harus mulai dari kesadaran diri kita dan harus diusahakan.

  • #3789

    Yupps setuju sekali, Mau tidak mau , siap tidak siap sebenarnya bumi ini akan hancur pada waktunya. Nah waktu itu masih sangat misteri. Barangkali mimin menganalogikan kehancuran bumi ini seperti sebuah mobil dengan pemiliknya. Jika mobil itu terus dirawat, service, cuci setiap saat tentu akan lebih awet. Sedangkan jika pemilik mobil tidak melakukan perawatan tentu mobil ini lebih rewel lama-kelamaan pun akan hancur tidak bisa dipakai. Disini mengandung pesan tersirat bahwa bumi ini adalah milik kita semua, yang wajib merawat juga kita semua. Kehancuran bumi memang pasti datang, yang membuat dan mendatangkan kehancuran bumi itu juga kita semua manusia yang mendiami bumi. Mari kita jaga dan rawat bumi dengan seksama. Karena pada hakikatnya kita semua di utus ke bumi untuk memberi kedamaian bukan untuk menghancurkan.

  • #3830

    Mari Bu Admin, semangat berbenah 😀 saya setuju juga dengan analoginya 😀

  • #3838

    Siap deh nanti ibu admin bakalan masang gambar di medsos supaya kita semua semakin cinta dengan bumi yang sudah berumur 4.543 miliar tahun ini.

  • #3839

    Injih Bu Admin, siap 🙂

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED