Maraknya peretas akun media sosial

Home Forums Suara Sobat Serempak Maraknya peretas akun media sosial

This topic contains 21 replies, has 4 voices, and was last updated by Anisa Kautsar Juniardy Anisa Kautsar Juniardy 2 years, 6 months ago.

  • Author
    Posts
  • #2766

    Oh iya sobat serempak, di era digital yang semakin canggih ini tentu kita dapati bahwa dunia maya rentan akan hacking. Peristiwa yang sering terjadi adalah peretas atau hacker tersebut mengintai sebuah akun dan menjadikannya sebagai sasaran dengan tujuan berbeda-beda. Seperti untuk mencari data pribadi, menggunakannya untuk kepentingan komersil, balas dendam dan sebagainya. Saya ingin tahu, apa saja langkah teman-teman dalam meminimalisasi terjadinya hacking?

  • #2768

    Waduh agak berat ini hehehe, Sekedar pengalaman admin selaku orang awam dibidang hacker ya AnnisaKJ . Untuk password yang digunakan tidak sama setiap media sosialnya. misal password facebook tidak sama dengan twitter, Instagram dan media sosial lain. Hal ini untuk meminimalisir peretasan seluruh media sosial. Kan jadi runyam tuh urusannya kalau satu kena hack semuanya bisa diretas. Selain itu juga admin tidak menggunakan password yang mengandung nama maupun tanggal lahir. Demi alasan keamanan gunakan kombinasi huruf kapital, kecil, angka,& tanda baca. (#awam) Silakan sobat serempak lain barangkali ada yang bisa memaparkan cara aman untuk meminimalisir hacker ???

  • #2769

    Terimakasih Bu Admin atas sarannya, memang itu berguna sekali. namun rupanya parahacker juga berkembang makin lihai dan punya software khusus untuk meretas. Mereka yang pandai dalam urusan coding dan sebagainya juga dapat melakukan hal serupa jika memang ada niat atau unsur jahat. Dalam agama islam sendiir hal demikian termasuk perbuatan yang disebut dengan tajassus dan tajassus ini sudah tergolong perbuatan yang diharamkan dan tidak diperbolehkan apaagi jika digunakan untuk kepentingan pribadi. Teman saya sempat melakukan penelitan dan memberi saran bahwa jika setiap password yang digunakan selipkan tanda ^
    Tanda tersebut rupaya disinyalir dapat mengacak password dan meminimalisir terjadinya hacking. Mungkin ada teman-teman lain yang mau berbagi ilmu? hehe

    • #2786

      Bermanfaat sekali mbak AnisaKj, terimakasih atas ilmu baru buat admin untuk mencantumkan tanda ^ dalam setiap password sehingga bisa menambah kekuatan security website kita. memang para hacker tidak akan menyerah begitu saja apabila trik mereka diketahui oleh aplikasi keamanan komputer. Mereka selalu menggunakan berbagai cara untuk melakukan aksinya. sebegai tambahan yang pernah dialami oleh admin adalah waspada terhadap situs yang tidak jelas, Pernah suatu ketika admin mengunjungi sebuah website dengan menggunakan smartphone. Ternyata ketika masuk ke website itu ada notofikasi bahwa website mengandung konten yang berbahaya. Secara tiba-tiba smartphone mati dan situs itu menyebarkan video dewasa ke beberapa akun media sosial. Oleh karena itu hindari website tidak jelas yang bisa saja berisi konten jahat (malware), langsung tutup jika ada indikasi itu sehingga bisa terhindar dari hal merugikan selanjutnya.

  • #2787

    indra hutapea

    Peretas biasanya ingin kepo akun social media kita untuk mencari keuntungan dgn membobol password kita biasanya mereka menyebar link atau yg lebih parahnya lg mereka menmbuat keylogger nsj tip untuk tindakan preventif pertama yang dapat digunakan untuk mencegah pembobolan akun sosial media yang kamu miliki adalah usahakan tidak menggunakan komputer atau gadget milik orang lain, terutama komputer atau gadget yang sering digunakan bersama seperti di warnet untuk mengakses akun sosial media.

    Gunakanlah komputer, laptop atau gadget milik kamu sendiri untuk mengakses media sosial karena komputer yang pemakaiannya di sharing sangat besar kemungkinan terpasang aplikasi / malware jahat yang siap mengintai username dan password kamu. Bukan hanya password dan username sosial media yang menjadi target aplikasi jahat semacam ini, tapi juga password dan username email, dan akun-akun pribadi lainnya.

    Tips ke 2. Gunakan kata kunci atau password yang susah di tebak misalnya jangan gunakan password 12345678

    Tindakan pencegahan kedua untuk mencegah akun sosial media terkena hack atau di bobol adalah dengan menggunakan kata kunci atau password yang susah ditebak.

  • #2788

    Iya Bu Admin 🙂 saya setuju. Terkadang memang situs-situs yang meragukan dan tidak memiliki kredibilitas yang menunjang hanya menyisakan kerugian bagi kita. Benar kata bu Admin, lebih baik berhati-hati terhadap situs semacam itu. Saya juga pernah Bu, ponsel saya mendadak getar hebat dan mati. Untung masih bisa dihidupkan dan seketika langsung saya reset ulang semuanya agar total bersih.

    Betul kata Mas @Indra, kalau warnet dan penggunaan ponsel milik orang lain itu rentan dengan hacking. Kalau warnet sebisa mungkin setelah menggunakannya hapus seluruh historinya, bahkan chace juga kalau perlu supaya tidak ada orang yang iseng. Lebih lagi kalau buka email atau user name akun pribadi melalui warnet jangan sekali-kali memberikan centang pada kolom “ingat akun saya” supaya tidak muncul jika orang lain menggunakan perangkat yang pernah kita gunakan. Dan jangan terlalu sering mencantumkan alamat email pada badan medsos karena alamat email menjadi akses utama yang paling mudah diretas.

    • #2807

      Mas indrahutapea & Mbak AnisaKJ admin juga sangat waspada dengan keylogger ini. Pada awalnya keylogger ini sangat berguna untuk merekam semua tombol pada keyboard . Apalagi untuk orang pelupa keylogger sangat bermanfaat sekali. Namun ternyata belakangan ini disalahgunakan untuk merekam password orang kemudian disalahgunakan. Saya juga merasa bahwa dunia hacking secara masif tersedia di internet. Artikel tutorial tersedia dan sangat rinci dalam menjelaskan mekanisme sampai mahir untuk menjadi hacker. Secara otodidak pun dengan hacking bisa dilakukan oleh semua orang. Apakah artikel yang memuat hal seperti ini bisa tidak dikenakan pelanggaran atau cybercrime, barangkali sobat serempak lebih tahu? bisa dijelaskan di kolom diskusi

  • #2813

    Setahu saya ya Bu Admin, jangan kan artikel. Kelas-kelas khusus yang berhubungan dengan dunia IT ini kebanyakan memberikan ilmu sebatas ‘bagaimana membuat ini dan itu’ atau ‘bagaimana cara memecahkan kode ini dan itu’ tanpa pembekalan yang luas bahwasanya ilmu seharusnya dibarengi dengan kontrol diri sebagai orang yang beriman. Tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi yang sifatnya jelas-jelas merugikan orang lain. Kalau artikel tutorial hack dan beberapa video di youtube itu memang seharusnya menurut saya tidak dibenarkan Bu, karena secara tidak langsung membuka bibit-bibit kejahatan baru bagi mereka yang memang tidak menggunakan kecanggihan IT sebagaimana mestinya. UU IT juga setau saya hingga kini kasusnya masih berkutat pada pelanggaran penggunaan media sosial dan sekitarnya, belum ke tahap percobaan hacking pada sebuah pembelajaran (artikel tahap-tahap hacking).

    • #2815

      Pada awalnya memang hacking ini digunakan untuk melawan terosrisme dan aksi negatif yang ingin menggunakan teknologi internet sebagai akses untuk berkomunikasi. Saya juga sempat memperoleh beberapa sumber bahwa hacking tidak selamanya berdampak negatif. Tanpa hacking teknologi susah untuk maju. Misal jika suatu organisasi sistemnya diretas. Maka selanjutnya akan merapikan sistem dan memperkuat cyber security nya. Nah secara otomatis sistem organisasi itu akan bertambah maju kan?? Namun semakin kesini ilmu ini disalahgunakan. Banyak penyimpangan yang terjadi karena ilmu hacking ini. Banyak organisasi dan akun orang yang tidak bersalah di retas. Dari sini sih admin bisa beranggapan bahwa hacker juga harus memiliki kode etik untuk menjalankan pekerjaannya.., seperti kode etik pada profesi kebanyakan orang hehehe. Bisa nggak ya tapi ?? admin ingin hacker yang positif-positif aja seperti menghalang teroris misalnya

  • #2817

    Kalau itu menurut saya pribadi lebih ke pertahanan sistim Bu. Jadi sifatnya pasif, berbeda dengan era digital sekarang yang mana hacker sifatnya lebih aktif. Kalau hacker pasif biasanya memang dituntut selalu mempelajari sistim agar tidak kalah dengan hacker aktif. Ya mungkin dari seringnya kena hack jadi memicu mereka untuk belajar lebih dalam lagi tentang IT. Mungkin ia sedang dalam masa mencari jati diri #halah Hal-hal yang berbau kode etik dan peraturan itu kembali lagi pada diri masing-masing Bu, emm bagaimana ya? susah juga kalau tidak ada penindakan tegas. Karena selama saya mengikuti fanspage indonesian hoax itu yang beberapa kali mengabarkan bahwa website kepolisian, anggota DPR dsb sering diretas, saya amati memang ada tujuan. Entah hanya menggertak, bermain-main atau memang berniat tidak baik. Hacker positif sebenarnya Indonesia punya Bu, saya lupa namanya tapi beliau dikenal sebagai hacker yang cukup ditakuti oleh beberapa hacker dunia, namun sayang dari negara kita sendiri beliau tidak atau bahkan kurang mendapatkan apresiasi hingga kini beliau betah di negara orang Bu 🙁

    • #2855

      Kalau nggak salah nama hacker yang dari Indonesia yang terkenal itu Jim Geovedi bukan mbak?? Perhatian khusus untuk hacker Indonesia ini juga perlu mendapat apresiasi. Terutama untuk mengamankan website aparatur negara seperti anggota DPR maupun kepolisian yang masih bisa diretas. Hacker Indonesia yang sdah berpengalaman itu juga bisa membuat security cyber untuk mengamankan website-website penting atau juga memberi edukasi kepada masyarakat luas tentang dunia hacking dan cara meminimalisirnya.
      Oh ya Admin mau curhat juga ini tapi agak nyimpang dikit, dari kemarin PC yang biasa dipakai buat diskusi ini tiba-tiba kena malware, muncul pop up, dan tiba-tiba ada aplikasi yang terpasang berhuruf china. Hasilnya mimin nggak bisa ikutan diskusi di disini sampe tadi malam. Nah setelah bertanya, mencari artikel ternyata hal terjadi karena ada website yang di akses berisi malware yang akhirnya menyusup ke sistem laptop. Kemarin admin menagatasi dengan cara masuk ke safe mode kemudian hapus semua aplikasi berhuruf china dan aplikasi yang kelihatannya mencurigakan. Kemudia scan/hapus/detele dengan anti malwarebite. Untungnya segera bisa tertolong kalau nggak bakalan kangen banget berdiskusi dengan sobat serempak

  • #2859

    Oh iya Mas Jim namanya Bu. Dulu saya sering baca artikel tentang beliau saat masih sekolah, bahkan katanya beliau bisa menggerakkan satelit dan mengarahkan ke negara-negara yang dianggap merusak pertahanan, entah bercanda atau tidak tapi saya cukup kagum dengan sosok Mas Jim ini. Beliau jadi pembicara IT di mana-mana bahkan beberapa agen ingin menyewa dan memberikan kompensasi yg ckup besar namun sepertinya beliau tidak mau diatur seperti itu.
    Aaaaa, pantes Bu.. saya merasa agak aneh dengan webiste ini tadi malam karena saya tidak pernah log out dari web, tapi tiba-tiba harus log in lagi, feeling saya ada yang tidak beres. Ternyata benar. Kok bisa ya Bu? kita baru bahas masalah begini saja udah ada gangguan #IhAneh 😀 Syukurlah bisa kembali lagu Bu Admin ya.. saya pasti ngerasa kehilangan kalau sampai nggak terselamatkan TT

    • #2861

      Widih kece juga mas jim kalau sampe bisa menggerakkan satelit dan bisa sampe merusak pertahanan. Untung namanya mas jim bukan mas min hehehe, Indonesia harus apresiasi banget tuh untuk orang kayak mas jim, udah kayak berlian yang menjadi rebutan. Pernah juga kan dengar penyadapan telepon SBY oleh australia beberapa waktu lalu. Harusnya kalau ada mas jim hal seperti itu nggak bakalan terjadi. Apalagi yang disadap RI 1, bukan sesesuatu yg bisa dibuat mainan.

      ehhh mbak AnisaKJ yg terkena malware sistem laptopnya mimin bukan webisite serempak hehe>>> gagal fokus nih kayaknya ?

  • #2862

    Iya Bu, Admin tapi sayang sekali beliau memang merasa lebih dihargai di negri orang Bu 🙂 keren pokoknya beliau ini,

    iya bu saya tahu.. saya paham, oleh karena itu saya menambahi cerita ibu dari cerita saya. saya hanya menceritakan website serempak di laptop saya tadi malam. Saya buka biasanya tidak pernah log in lagi, jadi langsung ke akun saya, makanya pas saya mau meninggalkan komen tadi malam saya urungkan karena mau log in lagi malas, jadi saya niatkan untuk esok harinya saja (pagi ini). Padahal sebelumnya saya tidak pernah log out.. apa mungkin saat ibu melakukan delete malware mempengaruhi akses wesite ke para pengguna, termasuk saya 🙂 begitu Bu Admin 🙂

    • #2863

      Nanti lah bikin kampenye tentang mas jim hehe.
      Oh gitu berarti memang berpengaruh malware di laptop terhadap website serempak mbak AnisaKJ , tapi syukurnya sudah teratasi dengan cepat ?

  • #2864

    Hahah bisa saja Bu 😀
    Iya bu, alhamdulillah ya Bu 🙂 ini kalau buka topik baru gitu boleh nggak Bu?

    • #2879

      Boleh mbak AnisaKJ, topik seperti ini sebenarnya masuk di iptek bahan diskusinya, Nah khusus untuk topik SUARA SOBAT SEREMPAK ini untuk pertanyaan, usulan, dan masukan seputar forum diskusi serempak. Admin nanti segera publish brief lenkapnya untuk sobat serempak biar lancar diskusinya. kan enak tuh kalau udah lancar jaya diskusinya hehehe

  • #2880

    Siap Bu Admin 🙂 Terimakasih 🙂

  • #3871

    ngomongin tentang hacking dan IT, saya suka nonton serial TV CSI Cyber. Nonton ini sebenarnya makin bikin khawatir dengan kecanggihan para hacker (black hat) di dunia maya. Yang saya ingat, hati-hati menggunakan free Wi-Fi. Password bisa dibobol lebih mudah kalau pakai free Wi-Fi. Hikmahnya: modal dong…beli paket internet atau modem sendiri, hehe

  • #3881

    Iya bener kata Mbak Helena, free wifi rentan banget sama pembobolan akun, penyadapan akun juga, tapi kalau free wifi kampus saya tetep pake wkwkkwkw soalnya sudah dijamin aman 😀

    • #3910

      Ya mbak helena dan AnisaKJ Free wifi memang lebih 25% lebih rentan untuk terkena hacking. Oleh karena itu password akun harus lebuh kuat. Gunakan password dengan kombinasi angka, huruf bahkan mungkin tanda baca. JIka ingin lebih aman menggunakan wifi gratisan pastikan IP internet sudah dikonfigurasi dengan proxy atau VPN.

  • #3913

    Wuisss Bu Admin memang betul sekaliii :3 saya suka saya suka <3

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED