Menjaga kesehatan tubuh sebagai vegetarian

Home Forums Kesehatan & Kecantikan Menjaga kesehatan tubuh sebagai vegetarian

This topic contains 7 replies, has 3 voices, and was last updated by Anisa Kautsar Juniardy Anisa Kautsar Juniardy 2 years, 10 months ago.

  • Author
    Posts
  • #3080

    Di luar negeri, untuk menjaga kesehatan tubuh dari segi makanan, banyak yang beralih haluan menjadi seorang vegetarian atau vegan. Menurut teman-teman, apakah cara tersebut mampu menjaga kondisi fisik tetap prima?

  • #3086

    Kalau dari komposisi makanan yang dikonsumsi awalnya mimin merasa vegetarian tidak mencukupi semua kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contoh kecilnya misal protein hewani, Namun untuk lebih pastinya mimin mau berkonsultasi dulu sama ahlinya. Barangkali sobat serempak lain ada yang mempunyai pendapat boleh dituangkan disini.

  • #3089

    Sepengalaman dan sepengetahuan saya menjadi vegetarian tidak melulu soal sayuran. Dalam kelompok vegetarian ada lima hingga enam jenis. Mulai dari ovo vegetarian, lacto ovo vegetarian hingga murni vegan. Saya sendiri masuk ke dalam lacto ovo vegetarian karena masih makan makanan yang berasal dari produk diary atau susu, daging, telur, namun tentu porsi sayur lebih banyak agar pencernaan tetap lancar. Ibarat konsumsi sayur dan daging adalah 70:30. Konsumsi daging memang perlu agar tubuh tetap mendapatkan asupan seperti asam amino pada daging, lemak, dan sebagainya. Sementara sayur dan buah-buahan sangat perlu agar detok tubuh bekerja dengan baik.

  • #3103

    wahh pastinya dong nutrisi tubuh terpenuhi. buktinya kaum vegetarian belum punah dari muka bumi hehe justru memiliki usia hidup yang relatif lebih lama dibanding para omnivora

    • #3137

      Sipp mbak AnisaKj mimin sedikit mendapat penerangan dari ahlinya. Jadi vegetarian memang banyak tipenya ada Semivegetarian, Lacto vegetarian, Ovo-vegetarian, Lacto-ovo vegetarian, Vegan. Kesemuanya tipe vegetarian ini masih memperoleh asupan berupa daging, ikan, maupun telur. Vegetarian yang sangat menjaga asupan daging, ikan maupun telur. Lantas apakah vegetarian bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat. ? Tetap bisa kok.
      Jadi gini zat gizi seperti vitamin D, vitamin b12 , zat besi dll yang diperlukan oleh tubuh sebenarnya banyak terkandung di menu makanan yang berasal dari hewan. Nah untuk mengakali itu vegetarian perlu mencari alternatif supaya nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. misal zat besi yang banyak terkandung di ikan, daging bisa diganti dengan roti gandum, Vitamin B12 yang juga banyak terkandung di bahan makanan dari hewai bisa diganti dengan minuman kedelai. Kalau simpelnya sih seperti kata mas @anggaadiwidodo bahwa vegetarian bahwa usia vegetarian lebih lama karena menurunkan resiko penyakit jantung tekanan darah tinggi dll.

  • #3138

    Betul Bu, Admin sependapat hehe. Tinggal bagaimana kita mengolahnya ya Bu Ya dan porsi makannya yang tidak berlebihan. Tentunya diimbangi dengan pikiran yang sehat biar penyakit tidak mudah datang 😉

    • #3150

      Ya benar sekali mbak AnisaKJ. Porsi makan cukup mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, kalsium,lemak dan zat lain yang berguna bagi tubuh. JIka ingin memperoleh berat badan yang ideal dan menjaga kesehatan hindari minuman bersoda dan beralkohol, makanan berupa gorengan. Nah yang terakhir ini jujur admin kurang bisa. karena biasa waktu ngumpul bareng teman langsung ngemilnya gorengan. Boleh aja makan tetapi tidak berlebihan. Karena semua makanan yang dimakan berlebihan tentu hasilnya akan tidak baik bagi tubuh.
      Jika sudah makan jangan lupa berolahraga ya
      Keep Healthy

  • #3247

    Terima kasih atas sarannya Bu Admin ^_^ bermanfaat sekali 🙂 sama Bu, aduh gorengan seperti risol, molen, sosis solo, dll masih enak Bu.. masih enaaaaak 🙁 olahraga saya alihkan ke bersih-bersih rumah Bu wkkw 😀

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED