Potensi jadi sumber disintegrasi serta diskriminasi pada wanita

Home Forums Hukum & Kebijakan Potensi jadi sumber disintegrasi serta diskriminasi pada wanita

Viewing 0 reply threads
  • Author
    Posts
    • #10266
      mirzamirza
      Participant

      Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pastikan telah lakukan diskusi dan analisis dalam tentang RKUHP yang kelihatannya tergesa-gesa ingin disahkan oleh DPRI. Menurut PSI, RKUHP ini punya potensi jadi sumber disintegrasi serta diskriminasi pada wanita bila memberikan ruangan orang diberi hukuman dengan hukum tradisi.

      Awal Purwono, Juru bicara DPP PSI menerangkan RKUHP bisa menjadi sumber disintegrasi bila ketetapan Living Law atau Hukum Tradisi di Masalah 2 diresmikan. Bunyi pasalnya dia menerangkan merupakan tersebut;

      “Ketentuan seperti disebut dalam Masalah 1 ayat 1 (Tidak ada satu tindakan juga yang bisa dikenai sangsi pidana serta/atau aksi terkecuali atas kemampuan ketentuan pidana dalam ketentuan perundang-undangan yang sudah ada sebelum tindakan dikerjakan) tidak kurangi berlakunya hukum yang hidup dalam warga yang memastikan jika satu orang pantas dipidana meskipun tindakan itu tidak ditata dalam Undang-Undang ini.”

      “Dapat dipikirkan beberapa ribu Perda akan lahir dengan merujuk ke RKUHP ini, beberapa ribu suku dengan tradisi istiadat berlainan akan membuat Hukum Adatnya sendiri-sendiri. Belum juga kericuhan hukum yang akan muncul karena lembaga penegak serta pengadilan hukum tradisi belum pernah diketahui dalam hukum acara modern,” ujanya Jumat

      “Akan ada kekuatan warga sebagian besar untuk memaksa nilai-nilai pada warga minoritas. PSI memandang ini benar-benar punya potensi mengadu domba kesatuan Bangsa Indonesia, Indonesia tentu pecah,” sambungnya.

      PSI, tuturnya meyakini, hukum tradisi telah dikatakan mustahil diadopsi merupakan hukum nasional. Awal menerangkan Dirjen HAM Kemenkumham Prof. Harkristuti Harkrisnowo sudah pernah  mengatakan jika hukum tradisi di Indonesia banyak yang melanggar HAM, khususnya hampir semua hukum tradisi tentu mendiskriminasi barisan wanita.

Viewing 0 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED