Search Engine For Kids

Home Forums IPTEK Search Engine For Kids

This topic contains 2 replies, has 2 voices, and was last updated by Admin Serempak Admin Serempak 1 year, 11 months ago.

  • Author
    Posts
  • #5617
    Admin Serempak
    Admin Serempak
    Keymaster

    Sahabat, kadang kita suka khawatir bukan kalau melihat si kecil terlalu asyik dengan internet dan dan gadgetnya. Apa saja yang mereka lihat, dan apakah situs yang dibuka pantas tidak untuk dikonsumsi anak-anak? para orang tua kali ini bisa sedikit bernafas lega karena pada awal tahun 2016 kemarin, sebuah perusahaan membuat sebuah mesin pencari yang dibuat khusus untuk anak-anak. Mesin pencari ini bernama Kiddle. Jadi, kiddle ini merupakan mesin pencari yang didesign khusus untuk anak. Mesin pencari ini bisa menyaring berita yang tidak aman dikonsumsi untuk anak-anak. Kiddle bekerja menggunakan Safe search buatan Google. Meski menggunakan platform tersebut, tapi Kiddle bukanlah produk yang dibuat oleh Google. Namun, sepertinya Kiddle masih sedikit “kecolongan” karena mesin pencari tersebut ternyata masih menjaring konten yang tak bisa dibilang aman untuk konsumsi anak. Sebagai contoh, saat ada yang mencari informasi mengenai satu artis tertentu, Kiddle malah menampilkan foto artis tersebut dalam keadaan tanpa busana. Hal ini menyadarkan kita bahwa bagaimanapun, hal yang paling aman yang bisa orang tua lakukan adalah menemani dan mengawasi penggunaan gadget dan internet untuk anak. Naah bagaimana menurut sahabat mengenai hal ini? bagaimana cara-cara yang dilakukan sahabat serempak untuk mengontrol anak dalam menggunakan teknologi dan internet? Yuuk komen dibawah ini.

  • #5618

    feriyana sari

    Saya merasakan kekhawatiran tersebut. Siapa sih yang tidak khawatir bila anak kita lebih asyik dengan gadget ketimbang bercengkerama dengan keluarga? Anak saya berusia 7 tahun dan sangat aktif dalam penggunaan Youtube. Walaupun sudah berusaha memproteksi youtube dengan “restricted mode” tetap saja kekhawatiran itu slalu muncul setiap kali anak membuka youtube. Bukan hanya semata takut anak membuka situs yg tidak layak untuk anak2 saja, melainkan dampak dari segi psikologi dan sosial anak akan sangat berpengaruh. Seperti anak mudah marah, tidak mau sosialisasi dengan teman2nya dll. Saya memberikan gadget untuk anak saya pada awalnya bertujuan agar anak bisa bermain sambil belajar melalui aplikasi2 permainan yang mendidik. & tdk dpt dipungkiri, di youtube pun banyak sekali hal2 yg mendidik dan bermanfaat. Saya sendiri belum mencoba mencari tahu tentang “kinddle” ini. Untuk mengurangi kekhawatiran akibat dari penggunaan gadget pada anak saya yg berumur 7 th, saya dan suami biasanya melakukan hal2 sederhana seperti: gadget anak di setting menggunakan password, jadi ortu akan tahu kapan anak akan menggunakan gadgetnya. Saya tentukan berapa lama boleh menggunakan gadget, dan mendampingi anak saat anak menggunakan gadget. Mendampinginya sewajarnya ya.. tidak boleh dengan tatapan menyalahkan kepada anak. Anak diajak ngobrol santai saat menggunakan gadget supaya ortu tahu apa yg sedang dipikirkan anak dan jangan lupa saat ngobrol ortu menyelipkan pesan agar si anak mampu bijak dalam menggunakan gadget. Baru sgitu saja yang saya ketahui. Maklum ibu baru belum banyak pengalaman.

  • #5641
    Admin Serempak
    Admin Serempak
    Keymaster

    Benar sekali ibu feriyana sari, salah satu kekhawatiran orang tua pada anak yang terlalu asyik dengan gadgetnya adalah mereka seperti punya dunianya sendiri. kalau disuruh makan atau mandi jawabya “iyaa, nanti maaa…” tapi tidak juga dilaksanakan. yang dikhawatirkan nantinya mereka lebih memilih berinteraksi di dunia maya daripada berinteraksi melalui tatap muka dengan orang-orang disekitar. akibatnya yaa kurang kepedulian, empati, dan keakraban dengan keluarga. ngomong-ngomong cara ibu feriyana sari dan pasangan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak bagus lho, semoga bisa menginspirasi dan diterapkan para sahabat2 serempak yang lain yaa.

You must be logged in to reply to this topic.

FEATURED