game no 1 di dunia

Game Nomor 1 di Dunia

Bicara seputar game, tentu ada banyak hal yang bisa dijadikan sebuah pembahasan. Salah satunya adalah berbagai jenis game yang kini semakin “menjadi-jadi”. Selain itu, game-game yang beredar pun kini bisa diakses oleh siapa saja dan dengan berbagai platform yang tersedia. 

Mulai dari Playstation, Xbox, Nintendo, PC, hingga perangkat handphone (mobile) sekalipun. Dengan berbagai jenis platform tersebut, seolah-olah tak ada “batasan” untuk sekedar bermain game. Nah, dengan banyaknya game-game tersebut, bisa memicu sebuah pertanyaan yang muncul di benak kita.

Apa game nomor 1 di dunia tahun 2021? 

Dan pertanyaan itulah yang akan kita bahas di artikel kali ini, tentang berbagai jenis game dari genre yang berbeda yang menduduki peringkat 1 di dunia di platform mobile smartphone. Langsung saja, berikut daftar game nomor 1 di dunia dari berbagai macam kategori:

1. PUBG Mobile – (Battle Royale)

Siapa yang tak kenal dengan game ini? Ya! PUBG Mobile. Tentu kita semua tahu, sekalipun kita tak memainkan bergenre battle royal ini.

PUBG Mobile bisa dibilang sebagai salah satu game nomor 1 di dunia di kelas dan genre-nya. Pasalnya, banyak player yang tersebar di berbagai belahan dunia. 

Selain itu, banyak turnamen dan kompetisi bergengsi yang diselenggarakan oleh PUBG. Salah satunya adalah PMGC (PUBG Mobile Global Championship) dengan total hadiah yang bernilai ratusan juta.

Bagi yang suka dengan jenis game seperti ini, memang bukan pilihan yang salah untuk bermain PUBG. Bagaimana tidak? Disini kalian bisa “menguji” adrenalin kalian dengan berperan sebagai player yang “harus” meng-eliminasi player lain.

Melansir dari Ubixlo, saat ini PUBG Mobile telah diunduh lebih dari 100 Juta pengguna Android. Tentu saja jumlah ini masih belum termasuk dari para pengguna iOS atau iPhone.

2. Garena Free Fire – (Battle Royale)

Nah, untuk game yang satu ini juga tak kalah tenar-nya dengan PUBG. Meskipun banyak kalangan yang menyebut Free Fire sebagai game burik, namun game ini tetap layak mendapatkan predikat sebagai game populer. 

Pasalnya, hingga tulisan ini dirilis, Garena Free Fire telah diunduh lebih dari 500 Juta kali di platform Android. Jika dilihat dari angka tersebut, tentunya game ini “lebih laris” dibandingkan PUBG.

Hal utama yang menjadi daya tarik Free Fire (terlepas dari berbagai kekurangannya), game ini bisa dibilang sebagai game paling ringan di kategori Battle Royale. Seperti yang diniatkan oleh Garena International (pengembang sekaligus publisher Free Fire), bahwa game ini dibuat untuk “semua kalangan”. Artinya adalah, siapapun dapat memainkannya tanpa harus memperhatikan spesifikasi smartphone yang dimiliki, sekalipun itu HP Kentang.

Namun kabar baiknya adalah, saat ini Garena telah melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan untuk game Battle Royale-nya ini. Salah satunya adalah mereka mulai “merintis” Free Fire Max yang notabene akan memiliki tampilan High Definition (HD). Bahkan, saat ini mereka telah melakukan beta testing hingga tahap versi 3.0.

Tak kalah juga dengan PUBG, Free Fire juga memiliki berbagai event dan turnamen yang sangat bergengsi dan berkelas dunia, yaitu Free Fire World Series. Dan tentunya dengan total hadiah yang tak baen-baen.

3. Mobile Legends Bang Bang – (MOBA)

Selanjutnya ada Mobile Legends Bang Bang, atau biasa dikenal dengan istilah ML. Dan sudah jelas bahwa kalian pasti kenal dan tahu dengan game ini.

Di kelas game MOBA, Mobile Legends layaknya “tak tertandingi” untuk menjadi game nomor 1. Pasalnya, berbagai kalangan pun telah mengunduh dan memainkannya. Mulai anak-anak hingga bapak-bapak, pun juga laki-laki maupun perempuan.

Bahkan mereka tak ragu-ragu untuk membeli diamond (cash in game) untuk sekedar membeli skin untuk karakter hero favorit mereka.

Dengan fenomena tersebut, telah membawa Moonton selaku developer sekaligus publisher game ini meraup keuntungan hingga $500 Juta atau setara 6 Triliun Rupiah selama empat tahun terakhir (2016-2020, sumber data: Sensor Tower). 

4. PES 2021 – (Sport)

Sedangkan dari kategori olahraga, PES (Pro Evolution Soccer) 2021 layak mendapat predikat sebagai game terbaik di genre-nya.

Konami selaku developer sekaligus publisher dari game ini, tak henti-hentinya melakukan pembaharuan untuk PES. Baik di platform mobile maupun PC. Pasalnya, di game ini tentu akan selalu terjadi update seiring berjalannya dinamika sepak bola dunia.

Nah, untuk platform mobile, keseruan bermain PES adalah saat kita melakukan gacha untuk mendapatkan pemain sepak bola favorit kita. Dari hasil gacha tersebut, kita akan memperoleh berbagai pemain baru untuk memperkuat pasukan tim yang kita miliki.

Dalam proses gacha, akan ada 4 jenis “bola” yang berisikan berbagai pemain acak sesuai dengan kelasnya. Ada bola berwarna plain/putih, silver, emas, dan juga hitam. 

5. Genshin Impact – (Adventure)

Dikembangkan dan dipublikasikan oleh Mihoyo, Genshin Impact menjadi salah satu game terbaik di dunia di kategori RPG – Adventure.

Bagaimana tidak? Pada awal perilisannya saja, nama game ini telah menjadi trending topic di kalangan pecinta game. Pun juga banyak content creator gaming yang “berbondong-bondong” me-review alur permainan dari game ini.

Hingga tulisan ini dirilis, Genshin Impact telah diunduh setidaknya 10 Juta player pengguna Android. Tentunya, jumlah pemain dari Genshin Impact melebihi angka tersebut. Pasalnya, angka 10 Juta tersebut belum termasuk dari pengguna iOS/iPhone.

Namun sayangnya, bagi kalian yang memiliki device berspesifikasi rendah, game ini belum bisa kalian nikmati dengan maksimal. Ya, untuk sekedar bermain Genshin Impact diperlukan device berspesifikasi medium to high.

Setidaknya, kalian perlu menyiapkan ruang penyimpanan minimal 8GB, dengan RAM 4GB pun juga prosesor Snapdragon 845/Kirin 810 atau lebih tinggi.

6. Mobile Legend Adventure – (RPG)

Meskipun dikembangkan dan dirilis oleh pengembang yang sama (Moonton), Mobile Legend Adventure memiliki alur permainan yang berbeda dengan Mobile Legend Bang Bang (MLBB).

Meskipun demikian, untuk kategori RPG Mobile Legend Adventure patut untuk diacungi jempol. Pasalnya, game satu ini cukup laris dan menjadi nomor 1 di kelasnya.

Dirilis pada tanggal 1 Agustus 2019, saat ini Mobile Legend Adventure telah diunduh sebanyak 10 Juta oleh pengguna Android. Sama halnya dengan MLBB, di Mobile Legend Adventure kalian juga akan “bertemu” dengan hero-hero yang umum seperti; Tigreal, Layla, Miya, dan sebagainya.

Uniknya dari game ini adalah, kalian tak perlu “memandangi” layar handphone kalian terus-menerus, karena gameplay dari game ini cukup menyusun strategi lalu bisa kalian tinggal.

7. Bus Simulator: Ultimate – (Simulation)

Bus Simulator menjadi salah satu game simulasi yang paling banyak diunduh di platform Android saat ini. Setidaknya, sudah ada 50 Juta pengguna yang menginstal game ini.

Dengan demikian, Bus Simulator: Ultimate pantas untuk dinobatkan sebagai game nomor 1 di dunia di kategori simulasi.

Sesuai dengan namanya, disini kalian sebagai pemain akan berperan sebagai seorang driver yang mengendarai sekaligus mengendalikan bus yang kalian kemudikan. Rasakan sensasi menyenangkan dengan mengendarai Bus keliling kota sembari mengantarkan para penumpang.

Meskipun berukuran kecil (62 MB), Bus Simulator: Ultimate memiliki grafik yang cukup mumpuni sehingga nyaman untuk dimainkan. 

8. Plants vs. Zombies – (Strategy)

Dikenal sebagai salah satu game legend, Plants vs. Zombie seolah-olah tak ada matinya. Ya, game strategi yang sederhana namun cukup addicted ini membuat banyak para pemainnya ingin terus menyelesaikan tantangan yang ada.

Meskipun tergolong legend alias “tua”, alur permainan dari game ini tak akan membuat kalian bosan. Pasalnya, di setiap level dari permainan ini, akan menyajikan karakter tanaman dan Zombie yang beragam.

Dan uniknya adalah, di masing-masing karakter tersebut memiliki kemampuan dan “jurus” yang unik juga beragam. Sehingga akan membuat kita penasaran dan ingin terus untuk memainkannya.

Saat ini, Plants vs. Zombie telah diunduh sebanyak lebih dari 100 Juta pengguna Android. Tentunya, jumlah ini belum termasuk dari para pemain di platform lain seperti iOS maupun yang lain. 

9. Sky Force Reloaded – (Arcade)

Game terbaik selanjutnya adalah Sky Force Reloaded, dimana game ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati di kategori arcade. Terlebih lagi di platform Android, game ini telah diunduh sebanyak 5 Juta pengguna sejak awal perilisannya.

Dari segi gameplay, game ini memiliki alur yang sederhana namun begitu asyik untuk dimainkan. Ya, di game ini kalian cukup mengendalikan sebuah pesawat dengan cara scrolling di layar smartphone kalian.

Meskipun demikian, game ini dikemas dengan tampilan dan desain modern, sehingga akan memberikan pengalaman berbeda dan kesan yang lebih baik dibandingkan bermain game lain yang sejenis. Terlebih lagi, terdapat setidaknya 15 level yang menanti untuk kalian taklukan.

10. Need for Speed™ No Limits – (Race)

Need for Speed™ No Limits layaknya patut menyandang gelar sebagai game nomor 1 di dunia di kategori racing. Bagaimana tidak? Salah satu series dari berbagai game Need for Speed ini nampaknya tak tanggung-tanggung dalam menyajikan kualitas real dari sebuah game balapan.

Salah satu keunggulan dari game ini adalah dikemas dengan grafik visual tinggi dan konsep gameplay yang seru, sehingga akan membawa kalian pada pengalaman bermain game balapan yang menantang.

Seperti halnya game Need for Speed lainnya, selain sekedar balapan mobil dengan lawan yang ada, kalian juga dapat memodifikasi mobil milik kalian sesuai impian dan imajinasi yang ada.

Faktor lain yang menjadikan Need for Speeds™ No Limits menjadi salah satu game terbaik adalah, game ini telah diunduh dan dimainkan oleh lebih dari 100 Juta pengguna Android. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Daftar di atas merupakan kumpulan game populer yang banyak peminatnya. Tentunya, masih banyak lagi berbagai game nomor 1 di dunia di berbagai kategori yang berbeda.

Dan, berbagai game yang telah kita bahas di atas merupakan game-game terbaik yang dapat kita temui di platform mobile baik Android maupun iOS.

Jika kalian memiliki pandangan dan referensi lain seputar game nomor 1 di dunia, jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini. 

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *