Saat seseorang mengalami batuk atau bersin, itu tandanya tubuh refleks menolak benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Batuk atau bersin juga mengindikasikan bahwa tubuh sedang mengeluarkan secret yang tersumbat. Oleh sebab itu, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat kita sedang batuk atau bersin di tempat umum, karena jika tidak diperhatikan bisa menimbulkan penyebaran infeksi tertentu.

4 (empat) hal di bawah ini dilakukan saat mengalami batuk atau bersin sehingga dapat mencegah penularan ISPA dan tidak menyebarkan kuman/virus yang membuat kita atau orang lain di sekitar kita tertular sakit.

  1. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau bagian dalam siku atau lengan baju bagian atas.

Saat bersin atau batuk, sebaiknya tutup hidung dan mulut dengan tisu atau sapu tangan. Jika tidak membawa tisu atau sapu tangan, gunakan siku atau lengan baju bagian atas untuk menutupi. Jangan menutup batuk atau bersin dengan tangan terkepal/menggenggam dan jangan pula menutup batuk atau bersin dengan telapak tangan terbuka karena rentan penyebaran virus.

2. Buang tisu di tempat sampah

Setelah menutup batuk atau bersin dengan tisu, buanglah tisu tersebut ke tempat sampah atau kantong kuning yang tersedia.

3. Cuci tangan

Cuci tangan dengan air bersih atau pencuci tangan yang berbasis alcohol.

4. Gunakan masker

Jika sedang terkena penyakit menular, sebaiknya jangan bepergian dulu. Jika terpaksa, pakailah masker. Penyakit yang dapat tersebar melalui batuk atau bersin adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan yaitu influenza, pneumonia, batuk rejan, SARS, TBC.

Jika batuk atau bersin lebih dari 3 minggu, maka teman-teman harus aware dan langsung konsultasi ke puskesmas atau dokter terdekat. Karena hal tersebut dapat diartikan sebagai indikasi suatu penyakit. 7 hal di bawah ini harus diwaspadai saat batuk atau bersin secara terus menerus:

  1. Adanya perubahan warna lendir

Jika hal ini terjadi, maka perlu diwaspadai bahwa ada sesuatu di dalam tubuh yang salah. Dalam kondisi tersebut, sel darah putih sedang melawan infeksi dalam tubuh.

2.Mata sering berair

Saat mata tiba-tiba berair kemungkinan tubuh memiliki beberapa alergi. Jika hal ini terjadi biasanya intensitas batuk atau bersin menjadi lebih sering dari sebelumnya.

3. Merasa menggigil dan kedinginan

Jika ada fungsi tubuh yang tidak beres, maka dalam jangka waktu tertentu akan mengirimkan sinyal seperti tubuh merasakan dingin dan menggigil. Hal tersebut terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan suhu.

4. Berat badan turun drastis

Berat badan turun satu atau dua kilo masih terbilang wajar. Tetapi saat berat badan turun drastic meskipun asupan nutrisi kita cukup, maka hal tersebut perlu diwaspadai.

5. Mengalami sesak napas

Jika batuk atau bersin disertai dengan sesak napas berkelanjutan, mungkin yang bersangkutan terserang asma. Sehingga, saat terjadi sesak napas sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

6. Mengalami rasa nyeri dan muntah

Apabila batuk atau bersin dibarengi dengan rasa nyeri dan muntah, maka perlu diwaspadai karena hal tersebut bisa mengindikasikan infeksi sinus.

7. Sakit kepala hebat

Jika batuk atau bersin berkelanjutan disertai dengan sakit kepala hebat dan leher kaku, maka perlu diwaspadai gejala meningitis.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan saat batuk atau bersin dan jika kondisi tersebut berlangsung secara terus-menerus. Sehingga kita bisa menerapkan dalam keseharian dan bisa waspada jika indikasi tersebut terjadi kepada kita atau keluarga kita. Salam sehat selalu.(ns)