Proses melahirkan merupakan saat-saat yang menegangkan (atau bahkan menakutkan) untuk para ibu hamil. Dengan teknik hypnobirthing, ternyata rasa tegang atau takut selama proses ini bisa diatasi. Bagaimana caranya?

Couple With Pregnant Woman Relaxing On Sofa Together

Berikan Sugesti Diri Sendiri

Mengapa melahirkan identik dengan rasa sakit? Alodokter.com menuliskan, ketakutan saat menghadapi proses persalinan menyebabkan psikologis dan otot-otot ibu hamil menjadi tegang. Proses kontraksi dan melahirkan secara alami pun menjadi terganggu hingga akhirnya mengakibatkan rasa sakit. Menurut beberapa penelitian kesehatan, penggunaan hypnosis saat persalinan membantu calon ibu untuk mengatasi rasa takutnya.

Hypnobirthing sendiri adalah metode yang menggunakan self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap dan mengurangi ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan. Praktisi hypnobirthing asal Bali, Agus Wirajaya menjelaskan dan memberikan jaminan bahwa hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Salah satu pendiri Yayasan Kalyanamitta, yayasan khusus hypnobirthing, di Bali ini bilang, membuat seorang ibu bersalin tanpa rasa sakit merupakan hal mudah.

Hypnobirthing adalah cara mempersiapkan ibu untuk bersalin dengan teknik apapun tapi menghadapinya dengan tenang sehingga nggak menimbulkan rasa sakit. Itu bisa dilakukan dengan sangat mudah,” jelasnya

Proses hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para calon ibu untuk membangun kekuatan sugesti ini, bisa melalui musik, video, atau hanya pemikiran dan kata-kata positif. Tujuan utama sugesti ini adalah untuk memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Proses hipnosis dalam hypnobirthing dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung pada kebutuhan sang calon ibu.

hypnobirthing-2

Diikuti Pasangan Suami-Istri

Untuk mengikuti sesi terapi hypnobirthing, tidak perlu dilakukan sejak awal masa kehamilan. Di Yayasan Kalyanamitta yang dijalankannya, Agus menganjurkan pasangan suami-istri untuk mulai mengikuti terapi saat kehamilan sudah berusia 28 minggu atau paling lambat 33 minggu. Hal ini dilakukan dengan memertimbangkan bahwa pada masa tersebut, waktu bersalin sudah semakin dekat dan anak sudah terbentuk dengan sempurna.

Syarat penting yang harus dilakukan untuk menjalani terapi hypnobirthing adalah harus diikuti oleh pasangan suami-istri. Meski yang akan melahirkan hanya sang istri, tapi suami tetap harus berpartisipasi dalam terapi hingga nanti sukses melahirkan. Menurut Agus, banyak suami yang belum mengerti bahwa pada saat mengandung, istri memerlukan support yang sangat besar dari pasangannya. Dengan adanya support, dukungan, dan pengertian dari suami, melahirkan tanpa rasa sakit kemungkinan besar bisa dicapai.

“Tapi yang paling utama kami lakukan saat sesi hypnobirthing adalah edukasi untuk pasangan, khususnya suami, mengenai perjuangan saat melahirkan. Kami ingin mengembalikan kepedulian suami terhadap istrinya dari yang sebelumnya cuek dan nggak peduli jadi lebih sayang lagi dengan istrinya. Jadi selain ingin mencapai keberhasilan si ibu bisa melahirkan tanpa rasa sakit, kami juga ingin hubungan suami dan istri kembali harmonis,” ungkap Agus.

Tidak Harus Normal

Sama seperti proses hipnosis yang bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan hipnoterapis, proses melahirkannya juga bisa ditentukan sendiri oleh calon ibu. Praktisi hypnobirthing bukanlah dokter atau bidan yang bisa memaksakan calon ibu untuk menjalani proses persalinan tertentu. Hypnobirthing memang menganjurkan agar ibu melahirkan secara normal, namun jika memang dokter atau bidan memutuskan untuk melakukan operasi, maka itulah yang harus dilakukan.

Jadi jika ibu sudah memutuskan untuk mengikuti terapi hypnobirthing, jangan terpaku untuk melahirkan secara normal. Terapi ini tetap bisa dilakukan meski melalui proses melahirkan apapun, baik itu normal, caesar, ataupun water birth. Karena inti dari hypnobirthing ini adalah membantu melahirkan tanpa rasa sakit. Tertarik untuk mengikuti terapinya?(ew)