Di era Digital seperti sekarang ini, Desain menjadi salah satu keahlian yang paling banyak dicari dan diminati. Memiliki karier sebagai desainer memang terlihat menggiurkan, bukan hanya karena besaran honor yang bisa didapat, tapi juga karena profesi ini diperlukan oleh nyaris semua bidang usaha. Katakanlah, dari mulai membuat logo sampai membuat situs web. Dari mulai presentasi sampai animasi, semuanya membutuhkan seorang desainer.

Tapi apakah untuk menjadi seorang desainer harus memiliki pendidikan formal? Tidak selalu. Ada banyak desainer yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal. Keahlian desainnya didapat dari belajar secara autodidak. Nah, bagi kita yang berminat dengan desain, ada beberapa situs web yang bisa dijadikan tempat kursus online. Situs-situs ini menyediakan pelatihan secara gratis dan berbayar. Tapi jangan khawatir, biaya kursusnya sepadan dengan pelajaran yang akan kita dapatkan.

Sebelum belajar, ada dua hal yang sebaiknya dijadikan catatan. Pertama, desainer adalah sebutan jamak, seperti sebutan untuk dokter. Ada dokter ahli kandungan, dokter mata, dokter anak, dan lain sebagainya. Desainer pun begitu, ada desainer grafis, ilustrator, animator, desainer web, dan lain sebagainya. Jika kita tidak yakin akan konsentrasi di jenis desain apa, kita bisa mencoba semuanya, lalu temukan passion kita.

Kedua, desain memang bukan tentang belajar software melainkan tentang mengkomunikasikan pesan ke dalam bentuk visual dan/atau audiovisual. Tapi, karena untuk membuat desain kita memerlukan perangkat, sebaiknya kita sudah familier dan bisa mengoperasikan software desain, seperti Adobe, Corel atau Freehand.

Dari sekian banyak situs penyedia kursus desain online, ada 3 situs yang saya rekomendasikan untuk kita:

1. ENVATO TUTS+

Envato adalah sebuah marketplace yang menjual berbagai produk desain, seperti template blog, template presentasi, jasa pembuatan logo, dsb. Tapi mereka juga memiliki ekosistem kreatif yang dinamai Envato Tuts+. Di sini kita bisa belajar nyaris apa saja, mulai dari desain grafis, ilustrasi digital, desain web hingga animasi 3D.

Tutorial dan kursus dibagi ke 3 level: pemula, menengah, dan ahli. Jadi kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan. Selain tutorial dalam bentuk tulisan, disediakan juga kursus dalam bentuk video. Ada beberapa kursus yang gratis, ada juga yang berbayar. Untuk yang berbayar, kita akan dikenakan biaya sebesar 29 USD per bulan. Ini harga yang sangat sepadan karena kita akan mendapatkan akses ke lebih dari seribu video, ratusan e-book, dan sumber daya lainnya.

Poin Plus:

  • Tutorial dan kursus disampaikan dalam bahasa Inggris, tapi ada beberapa yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia.
  • Tutorial dan kursus dibuat oleh para desainer yang memang sudah ahli di bidangnya. Juga disampaikan dengan runtut dan detail sehingga mudah sekali untuk diikuti.
  • Kursus tidak disampaikan di semacam kelas dan bersifat satu arah, tidak seperti di Webinar. Jadi kita akan lebih bebas, bisa belajar apa saja dan kapan saja. Tapi, kalau ada pertanyaan mengenai materi, kita bisa mendiskusikannya di forum.

2. CANVA DESIGN SCHOOL

Sesuai namanya, situs kursus online ini diinisiasi oleh Canva, sebuah platform desain online. Berbeda dengan Envato yang lebih kasual dan memiliki banyak kanal, Canva lebih fokus ke desain grafis dan digital marketing. Kita bisa belajar membuat banner, belajar tipografi, komposisi warna, bisa juga belajar branding identity.

Poin Plus:

  • Jika di Envato dan tempat kursus online lainnya memakai metode langsung praktik, di Canva kita bisa belajar banyak sekali teori yang bagus untuk membangun pemahaman tentang desain.
  • Kursus dibagi ke dalam dua tahap: pertama teori yang disampaikan berupa presentasi yang bisa diunduh. Kedua, praktik interaktif. Kita akan mempraktikan teori yang sudah kita pelajari langsung di Canva.
  • Bagi anda yang belum bisa mengoperasikan software desain, tidak usah khawatir karena praktik dilakukan langsung di Canva.

3. TUTPAD

Anda pasti sudah familier dengan Freepik, situs web penyedia vektor gratis. Baru-baru ini, mereka juga merilis situs kursus desain online bernama Tutpad. Ada dua jenis pelajaran: tutorial (gratis) dan kursus (berbayar: 9,99 USD/bulan, 89,99 USD/tahun). Tutpad memang tidak selengkap Envato juga tidak banyak memberikan teori, seperti Canva. Tapi jika Anda ingin belajar ilustrasi, terutama ilustrasi digital, Tutpad adalah tempat yang tepat.

Poin Plus:

  • Lebih fokus kepada ilustrasi dan animasi.
  • Tersedia tutorial gratis berupa teks dan video.

*

Bagaimana? Sudah siap untuk ikut kursus online dan menambah keahlian di bidang desain? (eL)