Ada jargon, “iya, boleh” adalah sebuah jargon yang mengatakan bahwa bermain kotor-kotoran bagi anak kecil itu boleh dilakukan, selama kotoran itu tidak dimakan. Seorang anak kecil tidak suka jika dirinya dibatasi dalam melakukan kegiatan. Yuk Mari ajarkan anak bersahabat dengan alam. Biarkan mereka bebas berekspresi dengan segala macam aktivitasnya, selama tidak berbahaya. Sesuai dengan jargon “iya, boleh” maka mereka bakal menjadi sosok yang kreatif.

Ada banyak manfaat saat si kecil dapat berkenalan dengan alam, seperti di bawah ini:

  1. Dengan Alam, Si Kecil Dapat Mengenali Siapa Tuhannya
    Alam menyuguhkan berbagai manfaat untuk kehidupan sang anak. Ada banyak ilmu dan manfaat bagi kesehatan mereka. Manfaat ilmu, seorang manusia adalah makhluk yang diberikan keutamaan memiliki akal pikiran. Alam memberikan kita pelajaran bahwa manusia itu memiliki Tuhan. Siapa yang menciptakan alam ini? Mengenal Tuhan melalui alam adalah tempat yang tepat. Si kecil pun diberikan pengajaran bahwa ada alam ada pula penciptanya.
  2. Dengan Alam, Si Kecil Dapat Berkenalan Dengan Makhluk Apa Saja yang Diciptakan Tuhan
    Anak yang tidak sering dilarang bermain dengan alam walaupun harus berkotor-kotor ria, akan lebih berani berinteraksi dengan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan. Si kecil menjadi lebih memiliki perhatian kepada mahkluk Tuhan yang juga membutuhkan kasih sayang. Si kecil pun dapat lebih cepat memahami, bahwa di dunia ini ada banyak makhluk Tuhan, tidak hanya manusia saja.
  3. Dengan Alam, Si Kecil Dapat Mengetahui Tanggung jawab Untuk Melestarikannya.
    Alam adalah sahabat manusia, selayaknya manusia tidak hanya mengambil manfaatnya saja. Alam memang diciptakan untuk manusia agar manusia dapat mempergunakannya, tapi manusia juga hendaknya dapat menjaganya agar terus dapat mengambil manfaatnya. Untuk itu, generasi pemudanya pun harus diberikan pemahaman bahwa alam adalah sahabat kita.
  1. Dengan Alam, Si Kecil Akan Tumbuh Menjadi Anak yang Kreatif
    Alam, sebuah tempat yang menyajikan banyak wahana permainan alami, tanpa campur tangan manusia. Manusia hanya menambahi menjadi permainan yang lebih menarik dan menantang. Seperti permainan outbond yang memicu adrenalin, menguji keberanian sang anak. Dengan alam, akal si kecil pun dilatih, karena tidak hanya permainan yang dibikin oleh orang dewasa, si kecil pun dapat langsung berinteraksi dengan hewan-hewan atau bermain tanah yang dibikin oleh anak sendiri. Mereka bebas, dan menjadi kreatif.
  2. Dengan Alam, Si Kecil Dapat Mengetahui Bahwa Ada 1000 Manfaat yang Dapat dipetik
    Alam tidak hanya menyuguhkan permainan saja, berbagai hal baru seperti hewan dan tanaman yang belum banyak diketahui oleh si anak, si anak pun berpikir dan menanyakan apa yang dilihatnya lalu mengetahui apa manfaat dari penemuan itu. Semisal menemukan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan tradisional, hewan-hewan apa saja yang dapat dikonsumsi dan hewan apa saja yang dapat diolah menjadi barang berguna.
  3. Dengan Alam, Si Kecil Pun Dapat Teralihkan Dari Dunia Digital
    Hal lain yang tidak kalah penting dari manfaat alam adalah dunia alam dapat mengalihkan perhatian anak dari dunia digital. Di era sekarang, era yang penuh benda-benda canggih, si anak memang tidak bisa terelakkan dari benda digital itu, karena anak sudah seharusnya mengikuti zaman. Namun yang perlu diketahui, ada dampak buruk dari dunia digital ini, yaitu kecanduan. Oleh karena itu, untuk dapat mencegah kecanduan, salah satunya dengan alam. Mengalihkan dunia digital mereka dengan bermain di alam.

Demikian beberapa manfaat bersahabat dengan alam untuk si kecil, jangan takut untuk mengatakan “iya, boleh” bagi anak-anak. Meskipun mereka harus bermain kotor-kotoran, paling tidak, ada banyak manfaat bagi si anak untuk dipetik. Mereka akan lebih luwes terhadap lingkungan. (Nur Chafsah)