Mata merupakan salah satu panca indera yang cukup penting untuk dijaga kesehatannya. Tak ada mata, tentu saja seseorang tidak akan mampu melihat keindahan dunia. Oleh karena itu menjaga mata supaya tetap dapat bekerja sebagaimana mestinya sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu, simak beberapa cara menjaga kesehatan mata berikut ini :

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

Optimalkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi karena hal ini merupakan cara menjaga kesehatan mata yang terpenting. Makanan bergizi yang dipercaya mampu menjaga kesehatan mata yaitu yang mengandung banyak nutrisi. Diantaranya vitamin A, C dan E, serta selenium, asam lemak, juga omega 3.

Selain itu, disarankan juga untuk banyak mengkonsumsi makanan yang kaya beta karoten. Beta karoten memang sudah dikenal sebagai antioksidan yang ampuh untuk menangkal resiko gangguan kesehatan mata.

  1. Usahakan Kurangi Menatap Layar Elektronik

Jaman sekarang banyak sekali barang elektronik yang semakin canggih dan seakan menjadi kebutuhan. Sebut saja smartphone maupun komputer. Keduanya memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia saat ini. Meskipun begitu, bila ingin mata tetap sehat sangat tidak dianjurkan untuk menatap layar barang elektronik tersebut terlalu lama.

Hal ini karena bisa menyebabkan mata menjadi lelah yang ditandai dengan berbagai macam kondisi. Misalnya sakit kepala, sakit punggung, hingga pandangan kabur dan sering tidak fokus. Usahakan untuk mengistirahatkan mata setidaknya 15 menit tiap 2 jam sekali, jika memang harus menatap layar dalam jangka waktu lama.

  1. Hindari Penggunaan Lensa Kontak Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Lensa kontak dan kacamata memang dapat membantu seseorang yang punya gangguan mata sehingga pandangan menjadi lebih jelas. Namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan keduanya dalam jangka waktu yang lama. Terutama untuk lensa kontak. Usahakan pemakaian lensa kontak tidak melebihi batas hingga 19 jam saja.

Bahkan sudah ada banyak kasus karena terlalu lama memakai lensa kontak menyebabkan kerusakan mata permanen. Maka menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata yang penting untuk dilakukan.

  1. Memakai Kacamata Hitam Pelindung UV

Paparan sinar UV tidak hanya berbahaya pada kulit saja namun jika terkena mata terlalu lama bisa merusaknya juga. Kondisi mata yang sering terpapar sinar matahari dapat berpotensi katarak, kerusakan kornea mata, bahkan penyakit kanker mata. Oleh karena itu, kacamata hitam perlu dipakai terutama saat pergi keluar siang hari.

Utamakan pakai lensa kacamata berpolaroid, bukan sekedar kaca gelap saja. Polaroid ini akan secara nyata mampu melindungi mata dari paparan sinar matahari. Bila perlu kenakan juga topi agar mata terlindungi dengan sempurna.

  1. Hindari Rokok

Seringkali rokok hanya dikaitkan dengan masalah penyakit gangguan paru-paru atau jantung saja. Padahal faktanya, rokok juga buruk untuk kesehatan mata. Perokok aktif akan lebih besar berpeluang menderita katarak, degenerasi macula, bahkan kebutaan.

Efeknya juga bisa menimpa pada perokok pasif. Maka demi menjaga mata tetap sehat, sebaiknya hindari baik merokok sendiri atau berada di sekitar perokok aktif.

  1. Konsumsi Multivitamin Khusus Mata Serta Rajin Olah Raga

Tidak ada salahnya untuk memulai konsumsi suplemen demi menjaga kesehatan mata. Pada umumnya, multivitamin yang ada pada suplemen mata banyak mengandung zat-zat yang memang dibutuhkan untuk mata. Misalnya antioksidan, Vitamin B12, C, E, serta B6. Semua kandungan tersebut, diketahui sangat ampuh untuk memperlambat penurunan fungsi mata.

Selain rajin minum multivitamin untuk mata, olahraga juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan ada hubungan antara olah raga dengan kesehatan mata. Orang yang rajin melakukan olahraga, diketahui akan mengurangi resiko mereka kehilangan penglihatan karena beberapa penyakit. Misalnya diabetes, darah tinggi, atau kolesterol.

  1. Tidak Mempergunakan Make Up Yang Lama

Menggunakan riasan mata memang sah-sah saja. Namun penggunaannya harus lebih berhati-hati. Kosmetik untuk riasan mata berbentuk cair atau krim, dimana tekstur seperti ini dapat menyebabkan bakteri cepat tumbuh di area mata. Ganti kosmetik untuk mata paling tidak 3 bulan setelah digunakan. Usahakan juga untuk tidak saling meminjam dengan orang lain.

Sangat penting untuk membersihkan make up segera setelah tidak diperlukan. Jika seumpama ditemukan infeksi setelah penggunaan kosmetik untuk mata, segera hentikan pemakaian. Bila perlu hubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Itulah apa saja cara-cara menjaga kesehatan mata yang penting untuk diketahui. Mata bisa dikatakan menjadi panca indera terpenting yang memang harus dijaga kesehatannya. Sebelum mata rusak, langkah terbaik adalah menjaga kesehatannya. Agar tidak menyesal di kemudian hari.(slk)