Bandung selain dikenal dengan wisatanya juga dikenal dengan kulinernya. Jadi tidak perlu bingung jika saat malam hari lapar atau hanya ingin ngemil. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner Bandung malam hari yang murah dan enak :

Nasi Kalong

Wisata kuliner Bandung malam hari yang pertama adalah nasi kalong. Pada saat berada di Kota Bandung wajib mencoba makanan ini. Untuk dapat mencicipi nasi kolong ini bisa datang pada malam hari saja. Pada pukul 19.00 sampai 03.00. dinamakan nasi kalong karena bukanya hanya pada malam hari saja. Nasi ini memiliki warna hitam yang berbeda dari nasi pada umumnya.

Karena dimasak dengan kluwek yang menghasilkan warna hitam, lalu juga ditambah dengan rempah-rempah lainnya. Seperti cabe, bawang merah, daun salam, kelapa parut, dan masih banyak lagi. Untuk lauknya terdapat dua pilihan yaitu tumis buncis bakar dan ayam goreng madu. Warung nasi kalong ini berada di Jl. Raden Eddy Martadinata no. 102, Cihapit Bandung.

Warung Tutug Bandung

Nasi tutug ini adalah salah satu makanan kuliner khas Bandung yang sangat mudah ditemukan dan juga mudah digemari. Untuk menikmati nasi tutug ini pun sangat mudah ditemukan di warung atau rumah makan sunda. Nasi tutug oncom adalah nasi putih yang dicampuri dengan rempah atau sambal oncom, dan pada beberapa tempat juga disajikan taburan daun kemangi agar mendapatkan aroma yang diinginkan.

Dalam satu piring pengunjung bisa menikmati nasi tutug ini dengan lauk ayam goreng, tahu bantal, telur dadar, dan juga kerupuk. Untuk menikmati nasi tutug oncom ini bisa datang ke warung tutug yang terletak di Jl. Pasir Kaliki no. 67 depannya Rijsttafel, Bandung.

Perkedel Bondon

Jika biasanya makanan yang berbahan dasar dari kentang ini digunakan sebagai lauk atau pendamping nasi, tetapi di Bandung ada warung yang menyediakan camilan perkedel. Dan bedanya di warung perkedel bondon ini untuk memasak perkedelnya bukan diatas kompor, tetapi menggunakan arang. Cara membuat perkedelnya pun sama saja dengan membuat perkedel pada umumnya. Tetapi karena memasaknya menggunakan arang sehingga rasa dari perkedel ini terasa lebih sedap.

Warung perkedel ini sangat ramai jadi untuk menikmati perkedel bondon harus antri selama satu sampai dua jam. Dalam sehari warung ini bisa menghabiskan sampai 60 kg kentang atau bahkan lebih. Untuk mendapatkan Perkedel bondon bisa kunjungi gerainya yang berada di Jl. Stasiun Selatan atau Jl. Kebun Jati no.42, Kebun Jeruk, Kota Bandung. Dan jangan sampai datang kesini pada siang hari karena pasti masih tutup, jam operasionalnya yaitu pada pukul 22.30 sampai 01.30.dan selain rasanya harga yang dipatok pun cukup murah yaitu hanya 2 ribu saja.

Ronde Jahe Alkateri

Bandung adalah salah satu kota yang memiliki udara dingin, apalagi jika saat musim hujan. Saat udara dingin pada malam hari cocok untuk menikmati kuliner yang satu ini yaitu wedang ronde. Di Bandung ada warung kuliner khas Jogja ini yang sudah populer. Di warung ronde Alkateri ini ada banyak sekali pilihan. Seperti untuk menikmati ronde jahe ada dua pilihan.

Kedua pilihan tersebut adalah dengan gula putih atau gula merah, sesuai selera yang diinginkan. Warung ini berada di Jl. Alkateri no.01, Braga atau di Jl. Cibadak, Karanganyar, Kota Bandung. Untuk menikmati wedang ronde di sini hanya membayar sebesar 13 ribu saja. Dan pada pukul 18.00 sampai 22.00 jam operasionalnya.

Mc Durens

Bagi pencinta raja buah ini wajib mencoba menu dari food truck McDurens ini saat mengunjungi kota Bandung. Menu yang disediakan di sini pun beragam ada sop, milkshake, es krim, pancake, ketan, hingga es yang semua olahanya berbahan dasar durian. Tetapi bagi yang tidak suka durian tempat ini salah satu yang tidak wajib dikunjungi.

Food truck ini berada di Jl. Cikapundung Barat (Asia Afrika) Kota Bandung. Harga yang dipatok pun cukup murah yaitu 15 ribu saja sampai 25 ribu. Jam operasional adalah mulai dari pukul 17.00 sampai 24.00

Ada banyak sekali wisata kuliner Bandung malam hari yang enak dan juga murah. Beberapa tempat diatas bisa menjadi opsi untuk yang lapar dan bingung mau kemana pada malam hari.(nkh)