Mau jalan-jalan keliling kota dengan biaya murah, bahkan gratis? Yuk, coba naik bis wisata yang bisa membantumu mengenal sebuah kota dengan lebih baik. 

Traveling ke berbagai kota Indonesia tentu menyenangkan. Selain melepas penat karena rutinitas, berlibur bersama keluarga juga dapat menjalin komunikasi antar anggota keluarga menjadi lebih dekat. Untuk orang tua, liburan menjadi obat di kala tekanan pekerjaan melanda. Sementara bagi anak, jalan-jalan adalah wahana bermainnya.

Jika berkunjung ke kota lain, biasanya kita mendatangi tempat-tempat wisata yang sudah umum. Menuju tempat-tempat wisata tersebut kita menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan.. Namun bagaimana rasanya bila mengajak anak kita duduk di dalam kursi bis dan berkeliling kota?

Beberapa kota di Indonesia sudah menyediakan fasilitas bis wisata. Fasilitas ini dapat dinikmati secara gratis maupun berbayar. Bukan hanya turis yang dapat menumpanginya, warga lokal pun mendapat kesempatan yang sama.

Baru sedikit kota yang melengkapi daya tarik wisatanya dengan bis wisata. Berikut ini adalah bis wisata kota di beberapa kota di Indonesia.

  1. Mpok Siti

Warga Jakarta termasuk beruntung. Bis kota wisata ini memfasilitasi hasrat jalan-jalan dengan bebas biaya! Jakarta memberi nama yang unik untuk bis tersebut. Mpok Siti, sebuah nama yang bercitara lokal khas Betawi.

Tersedia hampir 14 unit bis wisata kota Jakarta dengan tiga rute yang berbeda. Tiga rute tersebut adalah Arts and Culinary, History of Jakarta, dan rute Jakarta Modern.

1-bis-wisata-kota-jakarta

foto: jakartatraveller.com

Bis ini terdiri dari dua lantai. Ajak anak kita untuk menikmati pemandangan Jakarta dari lantai dua bis Mpok Siti. Dijamin, anak-anak bakal senang melihat suasana Jakarta dari ketinggian bis.

Bis wisata kota di Jakarta ini beroperasi setiap hari. Senin s/d Sabtu pukul 0900 – 17.00 dan pada hari Minggu pukul 12.00 – 20.00. Kamu bisa menanti kedatangan bis wisata ini di halte sekitar Jakarta Pusat khususnya di Balaikota.

  1. Surabaya Heritage Track

Di Surabaya juga terdapat bis wisata kota. Namun pemilik dan penyelenggara tur singkat menggunakan bis wisata ini adalah pihak swasta, bukan pemerintah seperti yang ada di Jakarta.

3-surabaya-heritage-track

foto: eastjava.com

Uniknya, berwisata kota dengan bis Surabaya Heritage Track ini kita dan anak-anak tidak hanya duduk di dalam bis. Pemandu tur mengajak kita sedikit berjalan kaki mendatangi gedung-gedung tua nan bersejarah juga lho! Seru kan. Bukan cuma liburan melihat rupa-rupa kota saja, kita juga bisa mengamatinya lebih dekat dengan muatan edukasi sejarah. Surabaya Heritage Track ini dapat dinikmati secara cuma-cuma.  Dalam satu hari terdapat tiga jadwal bis: pukul 09.00, 13.00, dan pukul 15.00.

Untuk jalan-jalan keliling kota dengan bis Surabaya Heritage Track, datangi lokasi museum House of Sampoerna. Sebaiknya reservasi terlebih dahulu melalui telpon agar tak kehabisan kursi.

  1. Macito alias Malang City Tour

Malang juga tak mau kalah. Kota yang berada di Jawa Timur ini menyediakan fasilitas bis wisata kota yang unik. Bis wisata terdiri dari dua lantai. Pada lantai dua, bentuknya terbuka tanpa atap. Menyenangkan sekali keliling Malang menumpang bis wisata ini.

2-macito-malang-city-tour

foto: telusurindonesia.com

Macito dapat kita nikmati secara gratis.  Bis wisata ini beroperasi setiap hari pada rentang pukul 09.00 – 12.00 saja. Bis yang tersedia untuk warga lokal dan wisatawan ini dapat dinaiki dari titik pertama di Tugu Malang.

  1. Werkudara, Bis Wisata Kota Solo

Solo juga tak mau ketinggalan. Pemerintah Kota Solo menyediakan fasilitas bis wisata kota bernama Werkudara. Naik bis wisata ini, setiap penumpang dipungut bayaran sebesar  Rp20.000,- untuk perjalanan keliling kota selama 2,5 jam.

Werkudara adalah bis double dekker alias bis tingkat dua. Lokasi yang dilewati bis ini di antaranya adalah Keraton Surakarta, Laweyan, Museum Radya Pustakan dan tempat wisata lainnya.

4-werkudara-bis-wisata-kota-solo

foto: jalansolo.com

Setiap hari ada dua jadwal keberangkatan, pukul 09.00 s/d 11.00 dan pukul 12.00 s/d 14.00. Werkudara baru akan berangkat jika jumlah penumpang mencapai minimal 20 orang. Tiket dapat dibeli di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta.

Berwisata menumpang bis wisata memberi pengalaman baru untuk anak-anak kita. Begitu juga sensasi yang dirasakan orang dewasa. Berlibur menjadi lebih menyenangkan karena tidak melulu harus mengeluarkan biaya besar.

Dengan bis wisata ini, kita bisa mengajak anak mengenal kota sendiri maupun kota lain yang dikunjungi. Sebuah cara berlibur yang asyik dan murah, tentunya! (nw)