Liburan akhir tahun akan segara tiba. Nah, kalau anda ingin berlibur, Kota Jogja bisa menjadi salah satu pilihan. Jika menyukai aktifitas keliling kota bisa berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta yang posisinya dekat dengan Malioboro. Mulai dari keliling kota di tempat-tempat wisata hingga aneka kuliner yang mengugah selera. sedangkan kalau ingin wisata anti mainstream bisa mengikuti tur menggunakan ‘Vulcano Tour Gunung Merapi’. Di kawasan Kinahrejo, Yogyakarta ada sekitar 350 mobil yang disewakan.
 
Kegiatan ini ternyata merupakan kegiatan yang menjadi pilihan wisata menarik. Seperti dikutip dari laman Kompas, kunjungan wisatawan Vulcano Tour meningkat hingga tiga kali dibandingkan hari biasa saat liburan panjang. Sebagian besar wisatawan mengambil trip Volcano Tour dengan tujuan Bungker Kali Adem, Rumah Almarhum Mbah Marijan dan Batu Alien. Rumah juru kunci Gunung merapi, Almarhum Mbah Marijan merupakan tempat yang paling digemari. Untuk paket biaya yang ditawarkan adalah Rp 350 ribu untuk satu jam perjalanan.
 
Sebelumnya, ada juga pilihan wisata petualangan lain yang bernama ‘Merapi Lava Tour’ yang berlokasi di Kaliurang, tepat di kaki Gunung Merapi. Merapi tour ini terbagi dalam tiga rute yakni short (1,5 jam), medium (2,5 jam) dan long (4-5 jam). Tur rute pendek dengan jeep berisi maksimal 4 orang dewasa harganya Rp 350 ribu sementara untuk medium Rp 450 ribu dan long Rp 600 ribu.
 
Upaya untuk mengembangkan wisata petualangan ini umumnya diprakasai warga Lereng Gunung Merapi. Inovasi-inovasi yang ada dilakukan agar dapat memikat pengunjung karena daya tarik utamanya adalah sisa-sisa erupsi Gunung Merapi yang perlahan mulai tumbuh pohon-pohon. Fungsi hutan bagi wisatawan kemudian dilakukan dengan inisiatif membuka jalur treckking baru namun tetap harus dilakukan. Di hutan ada tiga zonasi yaitu zona inti untuk ekosistem seperti tumbuhan atau satwa, kemudian zona rimba yang digunakan untuk hal yang sama. Penasaran ingin mencoba? (rab)