KTP (Kartu Tanda Pengenal) memegang peran penting bagi masyarakat Indonesia. Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2006, KTP adalah identitas resmi penduduk yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Dalam kartu ini terdapat informasi dasar terkait diri seseorang. Mulai dari nama lengkap, alamat rumah, status, pekerjaan, agama, hingga tanda tangan. Lantas bagaimana cara mengurus KTP hilang kalau ini terjadi?

Cara mengurus KTP hilang kini lebih mudah dan tidak berbayar. Kalau dulu terkesan rumit sehingga beberapa orang malas melakukan pergantian. Namun sekarang mekanismenya telah disederhanakan dan gratis. Maka tak ada lagi alasan untuk menunda apalagi tidak mengurusnya sama sekali. Simak penjelasan langkah-langkahnya pada artikel ini.

Proses Pengurusan KTP Hilang

Untuk mendapatkan KTP baru dibutuhkan beberapa berkas yang harus disiapkan. Ini merupakan syarat administratif yang harus dipenuhi. Jika kurang satu, maka akan menghambat proses penggantian KTP. Berikut adalah syarat serta cara mengurus KTP hilang:

  1. Membuat Laporan Kehilangan KTP

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mendatangi kantor polisi. Ini wajib untuk mendapatkan surat keterangan kehilangan. Lapor kehilangan bisa ke polsek setempat. Masing-masing polsek menerapkan syarat yang berbeda. Ada yang perlu disertai surat pengantar RT dan RW, ada pula yang tidak. Beruntung kalau mereka tidak meminta surat tersebut. Pelaporan bisa langsung dilakukan begitu kehilangan terjadi.

  1. Menyiapkan Berkas Pribadi

Setelah mendapat surat keterangan kehilangan, saatnya menyiapkan dokumen pribadi. Berkas yang harus dipersiapkan adalah Fotocopy Kartu Keluarga, Pas Foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak dua lembar, serta surat pengantar dari RT yang disahkan oleh RW setempat. Surat ini merupakan surat pengantar untuk mengurus KTP baru di kantor kelurahan.

  1. Datang ke Kantor Kelurahan

Kumpulkan semua berkas tadi serta surat dari Polsek, masukkan ke dalam satu map atau amplop. Begitu sampai di kantor kelurahan, ada formulir permohonan pembuatan KTP baru. Isi formulir dengan lengkap kemudian kembalikan ke petugas beserta berkas-berkas tadi. Petugas kelurahan akan mengurusnya, mulai dari proses penandatanganan formulir oleh Lurah atau Kepala Desa hingga penyusunan berkas agar siap dibawa ke kantor kecamatan.

  1. Datang ke Kantor Kecamatan / Kantor Dinas Kependudukan

Setelah melewati serangkaian langkah-langkah di atas, cara mengurus KTP hilang intinya ada di kantor kecamatan atau dinas kependudukan. Ini tergantung pada kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Di sini seluruh berkas dikumpulkan dan ditukar dengan nomor antrian. Saat nama dipanggil, maka si pelapor akan menerima surat tanda terima berkas permohonan. Isi surat adalah waktu pengambilan KTP baru.

  1. Ambil KTP Sesuai Jadwal

Setiap tempat memiliki daftar antrian yang tidak sama. Untuk beberapa daerah atau kota mungkin cepat karena tidak banyak yang membuat KTP. Umumnya KTP baru bisa diperoleh tujuh hari kerja sejak berkas masuk. Ingat, perhitungan hari ini adalah hari kerja, sehingga Sabtu dan Minggu tidak termasuk hitungan.

KTP Konvensional Diganti dengan E-KTP

Seiring dengan perkembangan teknologi, pemerintah Indonesia menerapkan sistem chip sehingga berubah menjadi e-KTP. Selain lebih membuat pemerintah Indonesia lebih hemat, e-KTP memberikan lebih banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia. KTP tidak perlu diperpanjang secara periodik karena berlaku seumur hidup, serta berlaku secara internasional.

Lantas bagaimana cara mengurus KTP hilang yang masih bersifat konvensional dan diganti ke e-KTP? Mudah saja, persyaratan berkas yang dibutuhkan sama dengan poin-poin di atas. Bawa semuanya ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendapatkan e-KTP. Nanti petugas akan melakukan perekaman data biometrik, seperti rekam sidik jari dan scanning mata. Hal ini dilakukan karena data pelapor belum tersimpan secara digital.

Selebihnya proses yang dilewati sama. Akan diberi surat tanda terima berkas pelaporan. Datang lah dengan tertib sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Bawa surat ini sebagai bukti pengajuan KTP baru. Surat akan ditukar dengan KTP baru.

Pentingnya Mengurus KTP Hilang

Apabila KTP hilang hendaknya untuk segera diurus. Jangan menundanya apalagi tidak membuat yang baru. Cara mengurus KTP hilang sudah disesuaikan sesederhana mungkin guna memudahkan masyarakat Indonesia.  KTP ini penting perannya bagi masyarakat Indonesia. KTP lebih dari sekedar tanda pengenal. KTP bisa menjadi akses untuk layanan umum dan lainnya, seperti membuka rekening tabungan atau mengajukan kredit, atau untuk berpartisipasi dalam pemilu.(slk)