6 Jenis Pohon Rindang yang Cantik untuk Peneduh

Cara yang sangat ampuh untuk membuat rumah semakin asri dan nyaman yaitu dengan menanam pohon yang rindang . Walau begitu, masih banyak dari Anda yang tidak memanfaatkan taman untuk menanam pohon. Padahal pohon dapat menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen dan membuat rumah Anda menjadi sejuk.

Ada beberapa pohon rindang yang sangat direkomendasikan untuk ditanam di taman Anda. Sudah tahu apa saja pohon tersebut dan bagaimana karakteristik perawatannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Pohon Angsana
Sumber gambar: portalhijau.com

Rekomendasi pohon rindang pertama yang cantik dan cocok untuk ditanam di taman rumah adalah pohon angsana. Jenis pohon ini tingginya bisa mencapai 40 meter dan daunnya sangat rapat-rapat, jadi sangat teduh untuk halaman rumah.

Selain itu, pohon angsana juga memiliki bunga-bunga kecil berwarna kuning. Sehingga warna bunga-bunga kecil yang kuning itu akan menambah kecantikan taman rumah dibandingkan jika tidak ada bunga sama sekali.

  1. Pohon Flamboyan
Sumber gambar : gardencenter.co.id

Pohon rindang tapi cantik yang dapat menjadi peneduh di taman Anda adalah pohon flamboyan. Keunikan dari pohon flamboyan adalah penampilan bunganya yang mencolok. Bunga-bunga pohon flamboyan diketahui memiliki warna merah cerah dan bentuknya mekar seperti cakar.

Sayangnya pohon flamboyan ini sudah semakin jarang ditemui. Jadi Anda bisa melestarikannya dengan menanamnya sebagai pohon di taman rumah. Tentunya rumah menjadi lebih teduh dan terlihat indah karena warna bunga merah yang menghiasi taman Anda.

  1. Pohon Trembesi
Sumber gambar : argobibittanaman.co.id

Pohon rindang berikutnya ada pohon trembesi yang sudah sangat populer dikenal sebagai pohon peneduh yang cantik untuk taman. Pohon ini diketahui juga memiliki bunga degan warna merah yang cerah. Ketinggian pohon ini bisa mencapai 25 meter bahkan lebih. 

Dahan-dahan pohon ini pun berbentuk seperti payung sehingga memberikan keteduhan untuk area di bawahnya. Namun karena akarnya cukup besar-besar, Anda disarankan menyediakan luas taman yang cukup besar untuk menanam pohon ini.

  1. Pohon Mangga
Sumber gambar : pinterest.com

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah mangga yang lezat. Buah mangga ini berasal dari pohon yang cukup besar. Tingginya bisa mencapai 10 m bahkan 40 m. Cabang pohon ini pun sangat banyak dan tumbuhnya rindang, sehingga jika ditanam di rumah bisa memberikan keteduhan.

Selain berbuah lezat, pohon mangga juga memiliki bunga berwarna kuning. Jadi Anda bisa sekaligus menghiasi taman Anda dengan warna bunganya yang cerah. Ketika musim panen, Anda pun bisa menikmati buahnya yang lezat.

  1. Pohon Cemara Bundel

Jenis pohon rindang yang cantik untuk taman berikutnya adalah pohon cemara bundel. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pohon yang banyak dihias ketika bulan Desember ini. Pohon cemara yang identik dengan pohon natal ternyata memiliki banyak jenis, salah satunya cemara bundel.

Cemara bundel ini tingginya bisa mencapai 20 meter. Pohon ini juga mampu menghisap polusi udara di sekitar rumah, jadi jika ditanam di taman rumah akan menjaga udara disekitar rumah sejuk, teduh, dan nyaman.

  1. Pohon Palem Raja

Pohon palem juga direkomendasikan menjadi pohon peneduh yang cantik untuk ditanam di taman rumah. Salah satu jenis yang paling direkomendasikan adalah pohon palem raja. Pohon ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter.

Daun-daunnya tumbuh bercabang dan rapat-rapat sehingga memberikan keteduhan untuk wilayah di bawahnya. Bentuknya yang cantik tentu juga bisa menjadi penghias taman di rumah.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 6 jenis pohon rindang yang cantik untuk taman di rumah Anda. Sekarang rumah Anda tidak akan terasa panas lagi dan bisa semakin nyaman karena sejuk dengan keberadaan pohon-pohon yang disebutkan sebelumnya. Selamat menanam pohon di taman rumah ya!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *