Candi merupakan sebuah nama yang menceritakan tentang kisah berdirinya sebuah bangunan kuno yang digunakan untuk ritual keagamaan dan kepercayaan suatu tempat untuk beribadah bagi orang – orang hindu serta buddha.

Candi juga menyimpan banyak sekali kisah dan cerita serta peninggalan – peninggalan pada zaman romawi kuno. Orang – orang beserta peninggalan di zaman romawi kuno itu berasal dari peradaban kerajaan hindu dan buddha. Dan kebiasaan orang – orang zaman dahulu ketika berdoa adalah masuk ke dalam bangunan candi tersebut yang gelap dan sunyi, tujuannya ialah sebagai tempat untuk memuja para dewa dan dewi mereka.

Kebanyakan candi itu digunakan sebagai tempat ritual kepercayaan orang – orang hindu serta buddha untuk mengagungkan kuasa Tuhan. Namun bagi orang – orang asing candi adalah keindahan alam yang terukir dalam zaman prasejarah dan menjadi kisah cerita sejarah sampai sekarang ini.

Bukan hanya candinya saja yang menakjubkan bagi orang – orang awam dan para wisatawan, namun pemandangannya lah yang menjadi titik pusat keindahannya. Karena candi gedong songo itu di bangun diantara gunung dan kawah. Ada 9 candi gedong songo yang bisa di kunjungi oleh para turis dan wisatawan.

Rute pendakian candi yang naik dan turun, jalan berbatu serta berkelok – kelok menjadi cerita yang menarik dalam setiap titik pemberhentian candi. Bagi yang ingin merasakan sensasi menjelajahi candi gedong songo dengan cara yang tidak biasa teman – teman bisa mencoba mendakinya dengan berkuda.

Candi gedong songo memberikan fasilitas jasa berkuda bagi temen – temen yang tidak ingin merasa capek dalam pendakian ke tiap – tiap candinya. Selain fasilitas jasa berkuda ada juga fasilitas villa rumah berkayu. Nah villa rumah berkayu ini menjadi daya tarik kedua setelah keindahan pemandangan alamnya.

Ada juga nih fasilitas camping buat teman – teman yang hobi banget camping. Untuk perlengkapan camping harganya pun lumayan terjangkau alias murah meriah. Tapi untuk bekal makanannya disarankan sebaiknya bawa dari rumah, karena untuk harga makanan di candi gedong songo ini terbilang cukup mahal.

Tapi untuk harga aksesoris atau cendramata terbilang cukup murah, pas untuk uang anak sekolah. Untuk fasilitas umum sangat memadai, toilet, kamar mandi dan mushola tersedia di pintu masuk candi, lalu ada di titik – titik pemberhentian tiap – tiap candi dan di tempat pembelian oleh – oleh.

Yang menjadi daya tarik selanjutnya adalah tempat pemandian air panas. Di tempat pemandian ini teman – teman bisa menyembuhkan penyakit gatal, panu dan jerawat. Karena di pemandian air panas candi gedong songo, airnya mengandung unsur belerangnya. Jadi cocok untuk teman – teman yang mempunyai penyakit kulit.

Dalam rute pendakian ke candi, teman -teman juga bisa menggunakan jasa penyewaan sepeda motor. Teman -teman bisa memilih menggunakan driver atau mengendarainya sendiri. Untuk jasa sepeda motor yang di sediakan yaitu motor matik, bebek dan motor sport. Yang menarik dari nama sebuah adalah candi merupakan budaya dan identitas negara Indonesia. Hanya Indonesia yang mempunyai dan memiliki berbagai macam – macam candi.

Candi adalah peninggalan zaman prasejarah yang harus di jaga dan dijadikan sebagai situs budaya agar seluruh dunia tahu tentang sejarah dan budaya candi yang ada di Indonesia.(ra)