Teknologi semakin canggih termasuk dalam perkembangan teknologi di dalam sebuah handphone. Hampir semua orang memiliki handphone, baik itu handphone biasa atau smartphone. Jika baterai handphone akan habis, anda pasti panik dan berusaha mencari tempat mengisi ulang baterai handphone. Mengapa baterai handphone yang habis bisa membuat panik seseorang, itu karena handphone sudah menjadi gaya hidup semua orang, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa, tanpa handphone ditangan maka seseorang akan merasa tidak update.

Merek – merek handphone atau smartphone sudah sangat banyak dan bervariasi baik bentuk, warna maupun fitur serta harga. Brand handphone ataupun smartphone berlomba-lomba menarik pembeli dengan menjual berbagai fitur-fitur canggih, semakin fitur yang ditawarkan berteknologi tinggi maka harga smartphone semakin tinggi, jadi sebagai pembeli harus pintar memilih smartphone apa yang dibutuhkan dan tentunya sesuai dengan harga yang diinginkan.

Smartphone menjadi pilihan semua orang saat ini, karena dalam satu smartphone anda bisa melakukan banyak hal seperti video call, chatting, foto dan membuat video yang hasilnya tidak kalah dengan kamera yang harganya puluhan juta rupiah, melihat email, mobile banking dan aplikasi-aplikasi menarik lainnya yang bisa di download di smartphone.

Sistem operasi adalah suatu sistem yang mengontrol kinerja smartphone agar pengguna (user) dan perangkat saling terhubung (device).Sistem smartphone ada berbagai macam, mulai dari android, iOS, windows, Blackberry dan masih banyak lagi sistem smartphone lainnya. Sebelum membeli smartphone sebaiknya research terlebih dahulu smartphone apa yang anda butuhkan dan fitur-fitur apa yang diinginkan.Apa saja kelebihan dan kekurangan sistem smartphone.

iOS

iOS identik dengan merek smartphone Apple inc, karena memang hanya brand Apple inc yang memiliki dan menggunakan sistem operasi ios.Salah satu merek yang dikeluarkan adalah iphone

Kelebihan iOS

  1. Tersedia penyimpanan online di iCloud apabila ruang memori iPhone sudah penuh
  2. Harga jual kembali tinggi
  3. Aplikasi yang bisa Anda unduh di Apps Store lebih berkualitas dibandingkan dengan sistem operasi lain.
  4. Tingkat keamanan data dan aplikasi yang tersimpan pada iphone sangat terjaga dengan baik jadi tidak perlu khawatir akan kebocoran data, dan pembajakan aplikasi games juga sangat rendah.

Kekurangan iOS Apple

  1. Harga jual saat masih baru terbilang lebih mahal.
  2. Tidak terdapat bluetooth untuk berbagi file dengan perangkat lain.
  3. Anda harus download iTunes terlebih dahulu bila ingin memindahkan data ke komputer.
  4. Hanya ada penyimpanan internal dan tidak dapat dipasang memori eksternal atau SD card.

Android

Android sistem operasi berbasis Linux dikembangkan oleh Android Inc, lalu Tahun 2005 dibeli Google Inc.Sistem Android paling banyak digemari diseluruh dunia termasuk di Indonesia.Logo Android  robot hijau yang artinya sistem operasi Android yang bisa dimodifikasi performanya sesuai keinginan pemiliknya.Nama-nama Android juga unik dan mudah diingat contohnya kitkat, lolipop, cupcake dan masih banyak lagi.Semakin tinggi versi android maka semakin bagus fitur-fitur yang ditawarkan.Merek smartphone yang memakai sistem ini antara lain Samsung, Asus, Xiaomi, Lenovo, dll.

Kelebihan Android

  1. Harga lebih fleksible dan bermacam-macam dari harga termurah hingga harga termahal sesuai fitir-fitur yang ditawarkan.
  2. Dapat dimodifikasi untuk meningkatkan performa sistemnya.
  3. Bisa dikoneksikan di laptop atau komputer dan TV.
  4. Tersedia memori eksternal SD card.
  5. Jika ingin punya 2 nomer dalam satu handphone ada beberapa Android menyediakan dual SIM.

Kekurangan Android:

  1. Harga jual jatuh atau jauh dari harga beli jika dijual kembali.
  2. Baterai cepat habis dan handphone akan error jika aplikasi terlalu banyak di memori handphone dan terlalu sering modifikasi akan menyebabkan masalah pada perangkat.
  3. RAM yang tersedia di perangkat kurang memadai.

 

BlackBerry OS

Saya termasuk orang yang suka memakai handphone Blackberry karena diawal hanya Blackberry yang bisa chatting, yang fiturnya disebut BBM.BlackBerry OS dikembangkan oleh Research in Motion (RIM) 

Kelebihan BlackBerry OS

  1. Daya tahan baterainya lebih bagus sistem operasi lain..
  2. Fitur firewallnya efektif untuk memblokir sms atau telepon yang tidak diinginkan.
  3. Sudah tersedia BlackBerry Messenger (BBM)

Kekurangan BlackBerry OS

  1. Jumlah aplikasi di BlackBerry App World sedikit
  2. Browser atau sistem pencarian BlackBerry kurang optimal dan tidak user friendly.
  3. Designnya kurang menarik lebih besar dan tebal
  4. Fitur BBM sudah jauh tertinggal dengan android dengan fitur Whatsapp.

Windows Phone

Windows phone merupakan sistem operasi pengganti Windows Mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.Merek smartphone yang menggunakan sistem ini antara lain Nokia Lumia, Samsung SCH-i600, Samsung Jack, HTC S710, Sony EXPERIA X1, Asus P30 dan LG.

Kelebihan Windows Phone

  1. Sulit di hack dan anti malware karena bersifat close source.
  2. Ada fitur Microsoft Outlook dan Exchange.
  3. Notifikasi terdapat dalam satu tempat.
  4. Cepat jika ingin menjelajah aplikasi ke aplikasi lainnya karena memiliki kapabilitas multitasking.

Kekurangan Windows Phone

  1. Sistem operasi terkesan lambat dibanding yang lainnya.
  2. boros baterai.
  3. Pilihan aplikasi sedikit
  4. Harga perangkatnya mahal.

Semoga bisa membantu dalam menentukan smartphone apa yang anda butuhkan.Harus bijak dalam menggunakan smartphone dan dampingi anak-anak jika ingin membuka smartphone.(ns)