Siapa yang tak mengenal cincau? Minuman ini kerap kali dikonsumsi saat tubuh mengalami panas dalam. Cincau, berasal dari Hokian yaitu xiancao. Apa saja khasiat atau manfaatnya bagi kesehatan kita? 
Ada dua jenis cincau yang beredar di masyarakat. Yakni cincau hitam dan cincau hijau, Cincau hitam terbuat dari tanaman Mesona Procumbens dan Mesona Chinensis. Kedua tanaman ini lebih banyak di Cina. Menurut SajianSedap.com, jenis cincau yang ada di Indonesia adalah jenis Mesona Palustris atau masayarakat Jawa menyebut janggelan. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat karena gelatinnya yang pekat dan dipercaya dapat mengembalikan luka yang terbuka bisa segera tertutup kembali.
 
Cincau hijau memiliki daun yang lebih lebar dan besar. Warna daunnya hijau tua dan berbentuk menyirip. Di jalan Suryakencana, Bogor, banyak penjual cincau hijau. Cincau dijual dalam kemasan plastik besar seharga Rp 15 ribu. Harga itu sudah termasuk sekantong plastik kecil air gula. Banyak yang memilih membeli cincau hijau untuk dikonsumsi di rumah bersama keluarga. Jika ingin mencoba langsung, bisa membeli es cincau seharga Rp 7500,-. Es cincau disajikan bersama serutan es serta sirup dan susu kental manis. Minuman ini nikmat dikonsumsi saat dingin.
 
cincau-1
Kepada Serempak.id, Pak Bas, si penjual cincau mengatakan tanaman cincau yang ia gunakan berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Pak Bas telah berjualan cincau lebih dari 10 tahun. Kepada Serempak.id, ia mengatakan cara membuat cincau tak sulit.
 
Pilih daun cincau yang warnanya hijau gelap,daunnya tidak kaku dan permukaannya tampak mengkilap. Untuk satu liter air dibutuhkan sekitar 30-40 lembar daun cincau. Remas-remas daun cincau dengan tangan hingga daun cincau hancur. Lakukan hingga air terasa kental, pekat dan berat. Setelah itu, saring untuk memisahkan ampasnya. Diamkan sekitar 3 jam hingga cincau hijau membeku dan kental. Dalam sehari, Pak Bas menjual 10 kilogram cincau. “Membuat cincau harus dilakukan secara manual. Tidak bisa pakai alat atau mesin,” kata Pak Bas kepada Serempak.id.
 
 cincau-2
Cincau memiliki banyak manfaat yakni membantu mengobati panas dalam, sakit tenggorokan, nyeri di perut dan lainnya. Dalam 330 gram cincau hitam tanpa tambahan apapun, terkandung 184 kalori. Beberapa penelitian menyebutka bahwa daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida, zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain yakni isokandodendrin dipercaya mampun mencegah sel tumor ganas. Cincau hijau banyak mengandung klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan, anti peradangan dan anti kanker. (RA)