Mengenalkan anak dengan binatang bisa dilakukan dengan mengajak anak ke Taman Safari Cisarua, Bogor. Dari Jakarta, bisa langsung melalui jalan tol arah Puncak. Perhatikan jam buka dan tutup arah ke Puncak. Taman Safari terletak di kanan jalan jika berangkat dari Jakarta. Taman Sari terdapat di tiga tempat di Indonesia di Bali, Bogor, dan Prigen. Taman Safari Indonesia merupakan lembaga konservasi yang telah berkiprah 29 tahun yang telah mengelola satwa yang berasal dari lima benua.
 
Pengembangan Taman Safari telah dilakukan bahkan sebelum Taman Safari dibuka. Kala itu, Taman Safari menyukseskan operasi Ganesha pada tahun 1982. Upaya untuk mengembangkan misi konservasi dengan mendirikan Pusat Latihan Gajah Sumatera (PLG) di Lampung, Bengkulu, dan Aceh mendirikan Sumatran Rhino Sanctuary (SRS) di Way Kambas. Dan masih banyak lagi upaya yang dilakukan.
 
Harga tiket masuk Rp 150 ribu per orang dan nanti pengunjung dapat menikmati interaksi langsung dengan hewan yang berada di Taman Safari. Sebaiknya membawa peta yang disediakan oleh Taman Safari sehingga mengetahui rute apa yang akan dilewati. Sebaiknya membawa mobil pribadi untuk dapat mengelilingi Taman Safari. Hewan-hewan di kebun binatang akan ditempatkan sesuai jenisnya. Misalnya pengunjung dapat melihat zebra yang dengan santai berjalan di jalur mobil. Selama melakukan tur di Taman Safari disarankan tidak mengeluarkan anggota badan dan tidak memberikan makanan kepada hewan. Di area hewan yang dianggap berbahaya seperti harimau, ada penjaga yang selalu siaga. Lokasinya pun ditutup pagar besar sehingga hewan tidak bisa keluar masuk.
 
Tak hanya melihat hewan saja, berbagai atraksi menghibur juga tersedia di Taman Safari ini. Salah satu pertunjukan yang seru adalah atraksi burung. Pawang burung akan memanggil burung yang saat itu berada di atas pohon yang tinggi. Nantinya ada satu orang sukarelawan yang berasal dari penonton akan berdiri menggunakan topi. “Jangan bergerak ya,” kata pawang burung. Ketika burung dipanggil dengan siulan, burung itu datang dan menggambil topi dengan cepat. Walaupun mendebarkan, aksi ini sukses menghibur penonton.
Atraksi lainnya yang menyenangkan adalah atraksi harimau. Pawang dan harimau akan berada di tempat seperti kawat yang tinggi. Harimau walaupun terlihat galak namun sangat manja dan bermain dengan pawang. Masing-masing atraksi itu memiliki jadwal yang telah diatur  rapi. Ada juga Safari Night atau safari malam hari yang biasanya digelar tiap akhir pekan. Safari malam ini dibuka mulai pukul 18.30 WIB dan pengunjung dapat melihat perbedaan beberapa tingkah laku binatang yang aktif di malam hari seperti musang, kelelawar, burung hantu dan lain-lain. Selain itu, sama seperti safari biasa yakni berkunjung ke zona-zona binatang yang memacu adrenalin. (rab)