Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

0
27

Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun sudah dikenal sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan. Apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh minyak zaitun pada tubuh dan wajah?

Minyak zaitun berasal dari hasil penggilingan buah pohon zaitun, tanaman tradisional di wilayah Mediterania. Minyak ini mengandung lemak, vitamin K, dan zat besi dalam jumlah yang sangat kecil. Tapi yang paling membuat minyak zaitun bermanfaat sebagai bahan untuk merawat kecantikan adalah kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin ini merupakan bahan penting untuk merawat kecantikan, khususnya kulit dan rambut. Lalu, khasiat apa saja yang bisa dihasilkan oleh minyak zaitun? Berikut beberapa di antaranya.

Merawat Kulit

Tidak hanya kulit wajah, tapi minyak zaitun juga bisa untuk merawat kulit tubuh secara keseluruhan. Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang memiliki risiko tertinggi mengalami kerusakan akibat terpaan banyak bakteri maupun unsur lain. Untuk itu, sebelum beraktivitas gunakanlah minyak zaitun untuk mengurangi dampak buruk pada kulit akibat terkena sinar matahari. Minyak zaitun juga bisa mengatasi kulit pecah-pecah yang biasanya diakibatkan oleh kekurangan nutrisi pada kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa oleskan juga minyak zaitun ke wajah dan seluruh tubuh menjelang tidur malam.

Menjaga Kelembaan Kulit

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit cepat keriput, sedangkan kulit tubuh yang kering bisa membuat kulit terlihat kasar dan bersisik. Hal ini tentu saja ditakuti oleh para wanita dan membuat penampilan tidak sedap dipandang. Untuk itulah minyak zaitun berguna untuk membantu melembapkan kulit yang kering, baik di wajah maupun seluruh tubuh. Jangan lupa memijat wajah atau bagian tubuh yang telah diolesi minyak zaitun agar terserap dengan baik ke dalam lapisan kulit dan memberikan efek yang menyegarkan.

Mengatasi Wajah Berminyak

Kebalikan dari wajah kering, wajah dengan minyak berlebih juga bisa menjadi masalah dan mengganggu penampilan. Minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk mengatasi wajah berminyak. Salah satu caranya dengan membuat masker yang dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Diamkan masker selama 15 menit lalu basuh wajah menggunakan air dingin dan keringkan wajah menggunakan tisu atau tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan. Lakukan secara rutin agar kandungan minyak di wajah bisa terkontrol.

Membersihkan Wajah

Kalau kamu tiba-tiba kehabisan atau lupa membawa pembersih wajah saat bepergian, minyak zaitun bisa menjadi pengganti. Caranya dengan membasuh wajah menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka, lalu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah mengecil. Selain membersihkan wajah, minyak zaitun ternyata juga bisa mengangkat sel kulit mati yang kadang menimbulkan noda-noda serta flek pada wajah. Sel kulit mati yang terangkat bisa membuat wajah terlihat lebih halus dan cerah.

Merawat Rambut

Para ahli kecantikan berpendapat bahwa minyak zaitun yang dicampur dengan madu merupakan bahan alami yang bisa merawat kesehatan rambut dengan maksimal. Selain bisa merawat kerusakan pada rambut, minyak zaitun juga bisa membantu untuk mengembangkan rambut, membuat rambut berkilau secara alami, mencegah munculnya ketombe dan kutu rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok, dan mencegah rambut bercabang.

Hilangkan Kantung Mata

Kantung mata atau lingkaran gelap di sekitar mata bisa membuat penampilan bermasalah. Kadang, kondisi ini tidak bisa dihilangkan atau disamarkan dengan make up. Untuk itu, minyak zaitun bisa menjadi solusinya. Oleskan minyak zaitun secara teratur di daerah kantung mata atau bagian yang gelap di sekitar mata, maka kantung mata akan dapat hilang dengan baik sehingga bisa mengembalikan kecantikan wajah.(ew)