Kosmetik Ini Bikin Kamu Tampil Segar dan Minimalis

0
11

tidak-bisa-make-up-1

Sumber gambar: lovepotya.files.wordpress.com

Bagi wanita yang paham cara merias diri, makeup ibarat senjata yang dapat membantu mereka mengekspresikan diri melalui kuas dan warna. Tetapi, bagi sebagian  lainnya, makeup dirasa kurang praktis karena memamakan waktu, biaya, dan tenaga ketika mengenakannya. Kelompok manakah kamu: yang gemar bermakeup karena puas terlihat rapi atau yang tidak senang makeup dan memilih berpenampilan natural?

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kedua pilihan tersebut. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Wanita yang setiap hari berias berpotensi mengalami penuaan dini jika tidak pintar membersihkan makeup yang seharian melekat di wajah. Sama halnya dengan wanita yang tidak gemar bermakeup, karena keasyikan cuek dengan wajah sendiri, mereka sering mengabaikan risiko paparan sinar ultraviolet dan debu pada wajah.

Jika kamu tidak bisa bermakeup atau ingin megurangi ketergantungan terhadap kosmetik yang berlebihan, coba kenali tiga kosmetik ini:

  1. Bedak Ber-SPF

tidak-bisa-make-up-2

Sumber gambar: tesskotto.wordpress.com

Bedak yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah tidak hanya akan membuat wajah nampak lebih halus dan rata warnanya, tetapi juga berfungsi sebagai pelindung dari sengatan matahari dan debu. Pilih bedak yang mengandung SPF jika kamu tidak suka mengenakan krim anti-UV. Berada di zona iklim tropis dan sepanjang tahun terpapar sinar matahari, perempuan Indonesia wajib mengenakan bedak ber-SPF minimal 15-30 untuk menghindari terciptanya flek hitam dan garis-garis penanda penuaan dini akibat paparan sinar UV-A dan UV-B.

  1. Pensil Alis

tidak-bisa-make-up-3

Sumber gambar: www.lifehack.org

Pepatah mengatakan, mata adalah jendela dunia. Itu sebabnya merias mata sudah dilakukan manusia jauh sebelum peradaban modern. Di Negara timur tengah, celak mata tidak hanya digunakan oleh wanita tetapi juga pria. Di Indonesia, riasan mata yang populer adalah pensil alis. Harganya pun relatif terjangkau. Gambarlah alis dengan cara mengarsir sedikit demi sedikit mengikuti bentuk alis bawaan. Jika kamu baru belajar, tutorial menggambar sangat mudah kita temukan di internet. Jangan bosan berlatih, practice makes perfect. Setelah puas dengan usahamu di depan meja rias, keluar dan lihatlah sendiri perbedaannya.

  1. Lipstik

tidak-bisa-make-up-4

Sumber gambar: www.express.co.uk

Lipstik adalah kosmetik yang paling akrab bagi wanita modern. Jika kamu tidak menggemari lipstik karena teksturnya yang lengket, coba cari yang sesuai selera. Lipstik yang tepat tidak hanya membuat wajahmu terlihat lebih segar tetapi akan membuat bibirmu menjadi lebih sehat, lembab, dan terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Ketiga jenis kosmetik di atas sudah cukup membuat wajah kamu terlihat lebih rapi dan terlindungi. Ingat, bermakeup atau tidak bermakeup, pastikan wajah bersih sebelum dibawa tidur. (ap)