kucing-termahal-di-dunia

Kucing Termahal di Dunia

Tahukah kamu bahwa ada kucing yang harganya puluhan juta bahkan sampai miliaran rupiah? Benar, kamu tidak salah dengar. Ada kucing yang memiliki harga jual setara dengan mobil mewah dan rumah mewah. Nilai yang fantastis ini karena kelangkaan, keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh kucing. Sehingga, orang kaya mau membayar dengar harga mahal untuk bisa memilikinya.

Dengan memiliki kucing termahal di dunia, orang-orang tajir memiliki kebanggaan tersendiri dengan pencapaiannya. Dan mereka mendapatkan kesenangan akan keberadaan kucing istimewa tersebut di keluarga mereka. Kamu juga ingin memiliki salah satunya? Berikut 5 kucing termahal di dunia yang bisa kamu pelihara.

1. Kucing Ashera, 1,8 Miliar Rupiah

Kucing Ashera merupakan kucing termahal di dunia dengan nilai jual sekitar Rp1,8 miliar. Mahalnya nilai jual kucing Ashera karena kelangkaannya di pasar. Keberadaan kucing Ashera di dunia sangat langka karena kucing Ashera merupakan kucing hasil rekayasa genetika dengan teknik bioteknologi modern.

Di mana, perusahaan pencipta kucing Ashera, Lifestyle Pets Co., hanya bisa menghasilkan 5 kucing Ashera setiap tahunnya. Dan hanya satu perusahaan inilah yang bisa mengeluarkan kucing Ashera. Selain kelangkaannya, ada 7 faktor lain yang membuat kucing Ashera mahal, di antaranya:

  1. Pola bulu yang unik, seperti macan tutul.
  2. Kucing memiliki karakter yang penyayang, setia, jinak dan manja. Mirip banget dengan anjing.
  3. Kucing memiliki kecerdasan tinggi. Artinya, kucing mudah dilatih.
  4. Postur tubuh kucing gagah dan tegap saat dewasa.
  5. Hasil persilangan dari kucing domestik, kucing Savannah dan kucing macan tutul Asia.
  6. Termasuk dalam kucing hypoallergenic. Kucing Ashera tidak menimbulkan alergi bagi orang yang memiliki alergi terhadap kucing. Jadi, kucing Ashera aman bagi semua orang.
  7. Kucing Ashera tidak takut air. Jadi, kamu akan mudah melakukan grooming pada kucing Ashera.

Akibat keunikan dan kelebihan tersebut, banyak orang kaya yang ingin memiliki hewan langka ini. Karena kucing Ashera telah terdaftar sebagai kucing peliharaan, maka kepemilikannya legal di negara mana pun. Jadi, siapa saja boleh memelihara kucing Ashera.

2. Kucing Savannah, 350 Juta Rupiah

Kucing termahal di dunia yang kedua adalah kucing Savannah. Kucing Savannah merupakan hasil persilangan dari kucing domestik dengan kucing Serval (Kucing liar dari hutan Afrika Utara). Persilangan kedua ras kucing tersebut tidak umum terjadi, tapi nyatanya bisa melahirkan peranakan kucing yang istimewa.

Pada awal kemunculan kucing Savannah tidak diterima oleh banyak orang seperti sekarang. Sejak kucing Savannah mendapatkan pengakuan secara resmi oleh International Cat Association (TICA) tahun 2001, popularitas kucing Savannah kian melejit. Dan pada tahun 2012, organisasi TICA mengumumkan ras kucing Savannah sebagai championship breed. Bahkan kucing Savannah sempat masuk ke dalam Guiness Book of Record sebagai kucing domestik terpanjang di dunia.

Berkat keunikan tersebut, kucing Savannah bernilai tinggi. Bahkan saat ini, nilai jual kucing Savannah sekitar Rp350 juta. Menurut Judee Frank, breeder kucing asal Amerika Serikat, kucing Savannah memiliki bulu yang eksotis layaknya kucing hutan. Namun, kucing Savannah memiliki kepribadian yang sangat penyayang, setia dan mudah bersosialisasi. Karakter tersebut menjadi nilai tambah dari kucing Savannah.

3. Kucing Bengal, 144 Juta Rupiah

Kucing Bengal merupakan ras kucing baru yang muncul dari hasil persilangan antara kucing Egyptian Mau dengan kucing Prionailurus Bengalensis. Warna emas dari bulu kucing Bengal berasal dari kucing Asian Leopard (Prionailurus Bengalensis). Dan corak pola totol pada bulu kucing berasal dari kucing Egyptian Mau. Pada persilangan lebih kompleks, peranakan kucing bengal bisa memiliki pola bintik-bintik (totol), rosettes, arrowhead markings, hingga marbling.

Keunikan itulah yang membuat harga kucing Bengal melambung tinggi. Bahkan saat ini, harga kucing Bengal ditaksir mencapai Rp144 juta. Semakin unik pola bulu dan warna bulu dari kucing bengal, semakin mahal harganya.

Selain memiliki bentuk tubuh, pola bulu dan warna bulu yang cantik, kucing Bengal juga memiliki kepribadian menarik. Kucing Bengal mudah dilatih, suka bersosialisasi, manja dan energik. Jadi, keberadaan kucing Bengal akan menghangatkan keadaan rumahmu.

4. Kucing Maine Coon, 50 Juta Rupiah

Kucing termahal di dunia lainnya adalah kucing Maine Coon. Kucing Maine Coon merupakan kucing hasil persilangan alami antara kucing Anggora dan kucing Norwegian Forest. Kucing Maine Coon pertama kali ditemukan di daerah Maine, Amerika Utara.

Karena kurangnya literasi dari masyarakat umum di masa itu, kucing Maine Coon dipercaya merupakan persilangan antara kucing dan racoon. Itu karena kemiripan bentuk tubuh dan bentuk ekor kucing Maine Coon dengan Rakun. Maka, penduduk Maine, Amerika Utara menyebutnya kucing Maine Coon.

Secara fisik, kucing Maine Coon berukuran besar dan tegap.

  • Kucing jantan dewasa bisa mencapai tinggi 1 meter. Dengan berat badan berkisar 6-9 kg.
  • Kucing betina dewasa bisa mencapai tinggi 80-90 cm. Dengan berat badan berkisar 4-6 kg.

Kucing Maine Coon memiliki tubuh yang besar dan berotot. Seluruh tubuhnya diselimuti dengan bulu yang lebat. Dan ekor kucing Maine Coon mirip seperti ekor rakun.

Menurut hasil investigasi jurnalistik kami, kucing Maine Coon pertama kali popular pada 8 Mei, 1895. Popularitas kucing Maine Coon melonjak setelah kucing bernama Cosey, Maine Coon cokelat tabi, memenangkan kontes kucing di Madison Square Garden, New York.

Ketenaran kucing Maine Coon kembali naik, pada tahun 1968, saat organisasi Maine Coon Breeders and Fanciers Association (MCBFA) terbentuk. Sehingga, muncul peranakan kucing Maine Coon yang berkualitas tinggi.

Bagaimana? Mulai tertarik untuk memelihara kucing Maine Coon? Segera beli peranakan kucing Maine Coon dari breeder kucing yang tersertifikasi secara internasional. Untuk harganya, kucing Maine Coon biasanya dijual dengan harga sekitar Rp50 juta.

5. Kucing Sphynx, 28 Juta Rupiah

Kucing termahal di dunia yang terakhir adalah kucing Sphynx. Kucing Sphynx merupakan kucing hasil persilangan dari keturunan Person dengan kucing ras Devon Rex. Hasil dari persilangan tersebut memunculkan kucing tanpa bulu dengan kondisi genetik yang sehat dan tubuh yang tegap.

Georgiana Gattenby, penemu kucing Sphynx, melihat keunikan dari kucing hasil peranakan tersebut. Setelah anak kucing tumbuh semakin besar, tubuh kucing menyerupai patung Sphynx di Giza, Mesir. Sehingga, Georgiana Gattenby, menamai kucing hasil persilangannya dengan nama ras Sphynx.

Kucing Sphynx memiliki kepribadian yang ramah, penyayang dan setia. Mereka mudah bersosialisasi dengan manusia. Karena keunikan bentuk fisik kucing, banyak pencinta kucing rela membayar Rp28 juta untuk mendapatkan kucing tersebut. Salah satu artis Indonesia yang memiliki kucing Sphynx adalah Raditya Dika.

Berkat kepopuleran kucing Sphynx, banyak breeder di dunia mulai mengembangbiakkan kucing tanpa bulu. Banyak Breeder mulai melakukan persilangan kucing Sphynx dengan ras lain, melakukan rekayasa genetik, hingga penelitian bioteknologi. Sampai akhirnya muncul 10 ras kucing tanpa bulu yang keren dan mengagumkan. Mulai dari kucing Bambino, Donskoy, Sphynx hingga Peterbald.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *