Rekomendasi-Kuliner-Cirebon-yang-Terkenal-Lezat

7 Rekomendasi Kuliner Cirebon yang Terkenal Lezat

Setelah menjelajah semua destinasi wisata yang ada di Cirebon, tidak sempurna jika tidak berburu kuliner Cirebon. Makanan yang tersedia memiliki cita rasa unik, sehingga dapat menggugah lidah kamu. Selain itu, ketika kamu pertama kali mencoba maka selanjutnya akan ketagihan.

Kami akan memberikan beberapa kuliner asal Cirebon yang enak dan tentunya bikin nagih. Kamu bisa datang dan menikmati makanan di bawah ini. Berikut 7 rekomendasi kuliner khas Cirebon yang terkenal lezat:

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Kuliner-Cirebon-Nasi-Jamblang-Ibu-Nur
(sumber : instagram.com/aboutcirebonfood/)
LokasiJalan Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-20.30.
Harga menu andalanNasi Jamblang Lauk Empal : Rp35.000 Cumi Hitam Saus Tiram : Rp25.000 – Rp30.000.
Menu makanan lainnyaAyam Goreng Serundeng, Sate Udang, Terong Balado, Ikan Pari Cabe Ijo, Sate Usus, Semur Ayam,  Ikan Tuna, Semur Ampela, Semur Telur Puyuh, Semur Telur Bulat, Semur Telur Ceplok, dan masih banyak lagi.
Rating4,4/5,0 dari 13.059 ulasan Google.

Biasanya jika datang ke Cirebon, maka penduduk sana akan langsung menawarkan kuliner Nasi Jamblang Ibu Nur untuk menu makan. Rumah makan ini sangat terkenal dengan menu makanannya yang enak-enak, bahkan pengunjungnya pun ramai. Apalagi ketika jam makan siang dimulai, antrian yang memesan makanan akan terlihat lebih Panjang.

Nasi Jamblang Ibu Nur ini adalah kuliner yang terbilang unik. Dengan alas yang menggunakan daun jati, membuat menu ini memiliki identitas yang unik. Daun jati sendiri biasa dianggap membuat lebih awet pada nasi, sehingga rasanya akan lebih gurih dan memiliki aroma sedap. Oleh karena itu, nasi jamblang akan sangat identik dengan bungkus daun jati.

Rumah makan ini menyediakan berbagai jenis lauk pauk yang menggugah selera. Mulai dari sate udang, telur ceplok, telur bulat, dan menu enak lainnya. Untuk makanan yang paling terkenal di sini adalah cumi hitam yang dilengkapi dengan saus tiram. Nasi yang disajikan oleh pelayan akan berukuran kepalan tangan manusia dengan sambal goreng merah yang menjadi pelengkapnya.

Untuk harga lauk pauk masih terbilang terjangkau, karena harga dibanderol mulai dari Rp1.000 sampai Rp35.000 saja. Jadi, untuk datang dan makan di sini kamu hanya perlu membawa uang tidak lebih dari Rp40.000 untuk porsi sendiri.

2. Empal Asem Empal Gentong H. Apud

Kuliner-Cirebon-Empal-Asem-Empal-Gentong-H.-Apud
(sumber : instagram.com/diaswardias/)
LokasiJalan Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00-21.00.
Harga menu andalanEmpal Gentong : Rp22.000 Empal Asem : Rp22.000
Menu makanan lainnyaSate Kambing, Nasi Lengko, Es Durian Spesial, Es Durian Biasa, Es Kelapa Buah, Jeruk Murni dan masih banyak lagi.
Rating4,4/5,0 dari 11.459 ulasan Google.

Empal gentong adalah kuliner khas Cirebon yang wajib kamu coba ketika bertandang ke Cirebon. Kamu bisa menikmatinya di Empal Asem Empal Gentong H. Apud. Di rumah makan ini ada 2 jenis empal yang terkenal, di antaranya adalah empal gentong dan juga empal asem.

Empal Asem Empal Gentong H. Apud sudah berdiri sejak tahun 1994. Pendiri usaha ini yakni H. Apud pertama kali mengawali usahanya dengan cara berjual empal di warung yang terbilang masih sederhana. Untuk harga menu di sini cukup terjangkau, satu porsi empal gentong dibanderol Rp22.000 dan sudah dilengkapi dengan nasi hangat.

Di rumah makan ini, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa kamu makan selain empal. Di antaranya adalah sate kambing dan nasi lengko yang sangat enak. Kamu bisa memakan empal gentong dan empal asem dengan sepiring nasi atau beberapa potongan lontong.

Empal gentong memiliki tekstur yang lebih berminyak dan kental dengan cita rasa yang kompleks. Sehingga, kamu akan menikmati rasa yang begitu sedap. Sedangkan empal asem memiliki rasa yang lebih khas, karena adanya belimbing wuluh. Jika empal gentong terasa renyah karena santan, maka empal asem akan terasa nikmat karena tomat, bawang, dan belimbing wuluh.

3. Nasi Jamblang Mang Dul

Kuliner-Cirebon-Nasi-Jamblang-Mang-Dul
(sumber : instagram.com/aroma_kulineran/)
LokasiJalan DR. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00-00.00.
Harga menu andalanNasi Daging dan Paru : Rp26.000
Menu makanan lainnyaCumi Hitam, Empal Gentong, Rajungan, Semur, dan masih banyak lagi.
Rating4,2/5,0 dari 10.634 ulasan Google.

Nasi Jamblang adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang dibungkus menggunakan daun jati. Nasi Jamblang sendiri berasal dari nama daerah bagian barat dari kota Cirebon. Kata penduduk sekitar, makanan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Salah satu tempat nasi jamblang yang melegenda di Cirebon adalah Nasi Jamblang Mang Dul.

Rumah makan ini menyediakan kurang lebih 30 lauk dengan jenis yang berbeda. Di antaranya adalah tumis kerang, tumis balakutak, pepes, tempe goreng, dan menu enak lainnya. Nasi jamblang di tempat ini disajikan dalam kondisi yang sudah dingin. Sehingga, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Menurut pernyataan pemilik dari Nasi Jamblang Mang Dul ini, ia mengatakan bahwa keluarga mantan presiden yakni SBY. Keluarga SBY kerap bertandang ke rumah makan ini untuk menikmati lezatnya nasi jamblang ketika berada di Cirebon. Bahkan, Nasi Jamblang Mang Dul juga pernah dibawa ke Cikeas saat dahulu SBY masih menjadi presiden Indonesia.

Selain cabang yang ada di Cipto Mangunkusumo, Nasi Jamblang Mang Dul juga memiliki beberapa cabang lainnya. Kamu bisa mengunjungi tempat yang sekiranya dekat dengan rumah kamu. Harga makanan di sini tidak terlalu mahal, itu pun tergantung lauk yang akan kamu pilih.

4. Seafood Pa’De Kliwon

Kuliner-Cirebon-Seafood-PaDe-Kliwon
(sumber: instagram.com/seafoodpakliwon/)
LokasiPelabuhan Perikanan Nusantara, Jalan Kalijaga No.1, Kejawanan, Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 12.30-22.00.
Harga menu andalanCumi Saus Padang : –
Menu makanan lainnyaCumi Goreng Tepung, Ikan Bakar, Kepiting Saus Padang, Udang Bakar,
Rating4,4/5,0 dari 1.011 ulasan Google.

Berburu kuliner seafood adalah hal terbaik setelah kamu puas berwisata ke Pantai Cirebon. Maka dari itu, makanan kuliner yang akan kami bahas selanjutnya adalah Seafood Pa’De Kliwon.

Seafood Pa’De Kliwon merupakan rumah makan seafood lezat yang berlokasi di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Jalan Kalijaga No.1, Kejawanan, Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Jarak lokasi kuliner Seafood Pa’De Kliwon hanya 900 meter dari pantai Kejawanan, Cirebon. Estimasi waktu perjalanan 3 min (900.0 m) via Jl. Pelabuhan Perikanan. Tentu saja, dengan akses jalan yang mudah ditempuh.

Ada banyak menu dengan harga yang bervariasi, mulai dari ikan, kepiting, cumi, udang, kerang, dan makanan laut lainnya. Tempat makannya juga berlokasi strategis dengan kebersihan yang terjaga. Selain itu, parkir kendaraan pun luas.

Warung makan kuliner seafood ini memiliki bangunan yang terasa sederhana dan mudah membuat nyaman. Dengan berbagai menu makanan laut yang tersedia, sangat menarik dan terlihat lezat. Jika kamu ingin berkunjung ke Seafood Pa’De Kliwon, maka kamu bisa datang kapan pun. Karena rumah makan ini selalu buka setiap hari.

5. Moel Seafood Pusat Cirebon

Kuliner-Cirebon-Moel-Seafood-Pusat-Cirebon
(sumber: instagram.com/freddywally/)
LokasiJalan Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 10.30-00.00.
Harga menu andalanKepiting Saus Bangkok : Rp30.000-Rp33.000/ons.
Menu makanan lainnyaUdang Bakar Lady Rose, Ikan Bakar Sambal Satay, Lobster Saus Padang, Cumi Bakar Utuh, Kepiting Saus Tiram Spesial,  dan masih banyak lagi.
Rating4,2/5,0 dari 2.804 ulasan Google.

H Moel Seafood, tempat makan seafood yang cukup terkenal di daerah Cirebon. Rumah makan seafood ini memiliki dua cabang yang tersebar di Cirebon. Di antaranya adalah Jalan DR. Cipto Mangunkusumo No.71 A, Pekiringan dan juga Jalan Kalibaru Selatan No.39, Panjunan.

Ketika kamu berkunjung ke tempat ini, maka kamu akan disambut dengan hangat oleh para pelayan. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan berbagai macam makanan laut dengan sajian yang mampu membuat lidah tergoda untuk memakannya.

Berbagai menu yang mereka sediakan, di antaranya adalah pecel lele, cumi goreng, ikan goreng, ikan bakar, dan ikan lele. Ada juga kepiting saus tiram, kepiting saus Bangkok dan menu laut lainnya. Selain menyediakan menu makanan laut, Moel Seafood juga menyediakan ayam goreng dan ayam bakar.

Dengan tempat yang sederhana dan suasana nyaman, para pengunjung akan merasa betah di sana. Makanan di Moel Seafood menggunakan racikan resep asli dari sari laut dengan kualitas yang unggul. Dilengkapi sambal yang terasa nikmat, sehingga ramai akan pengunjung. Untuk harga yang ditawarkan masih terbilang terjangkau, cocok bagi kamu pencinta kuliner makanan laut.

6. Mie Colot Cirebon

Kuliner-Cirebon-Mie-Colot-Cirebon
(sumber: instagram.com/adventure_kulinercirebon/)
LokasiJalan Pekalangan No.15, Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 10.00-21.00.
Harga menu andalanMie Yamien Spesial Komplit : Rp33.000
Menu makanan lainnyaMie Yamien Komplit, Mie Yamien Ayam, Mie Ayam (polos), Mie Yamien Baso + Pangsit, dan masih banyak lagi.
Rating4,4/5,0 dari 1.832 ulasan Google.

Cirebon memang memiliki banyak warung yang menyediakan mie dengan rasa yang nikmat, namun tetap Mie Colot yang paling istimewa. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1983 dan kamu bisa menemukannya di daerah Pekalangan. Tidak perlu khawatir, sebab warung ini akan mudah kamu temukan. Karena pada bagian depannya akan ada spanduk besar kuning Mie Colot.

Sebenarnya, kuliner ini tidak jauh berbeda dengan mie lainnya. Ada beberapa varian mie yang ditawarkan oleh kedai ini, di antaranya adalah mie bakso, mie kwetiau, dan mie yamien. Lebih menariknya lagi, mie tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa lauk yang dapat menggoda lidah. Mulai dari otak-otak, siomay, tahu, pangsit, dan bakso tenggiri yang nantinya akan disiram kuah.

Mie Colot juga memiliki tiga varian rasa yang bisa kamu coba, yakni manis, asin, dan asin manis. Dengan ketiga varian rasa tersebut, tentu saja membuat aromanya semakin sedap. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, maka jangan lupa mencoba Mie Yamien Asin karena rasanya sangat enak.

Menjelajah kuliner yang ada di Cirebon memang sangat menyenangkan, namun jangan lupa untuk singgah sebentar di Mie Colot Cirebon. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga memiliki harga yang terjangkau.

7. Nasi Lengko H Barno

Kuliner-Cirebon-Nasi-Lengko-H-Barno
(sumber: instagram.com/disbudparkotacirebon/)
LokasiJalan Pagongan No.15B, Pekalangan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-22.00.
Harga menu andalanNasi Lengko : Rp15.000/porsi.
Menu makanan lainnyaSate Kambing
Rating4,1/5,0 dari 2.035 ulasan Google.

Secara umum, nasi lengko dapat ditemukan dengan mudah pada kawasan pantai utara. Terutama pada daerah Tegal, Indramayu, Cirebon dan Brebes. nasi lengko atau sega lengko tampilan hampir mirip dengan nasi pecel. Salah satu warung makan yang terkenal akan nasi lengko yang enak di Cirebon adalah Nasi Lengko H Barno.

Kaya akan protein dan rendah kalori, membuat makanan ini sehat untuk kamu konsumsi. Nasi lengko sendiri memiliki isian yang beragam. Di antaranya adalah taoge, irisan timun, potongan daun kucai, tahu goreng, tempe goreng, kecap, dan bumbu kacang. Biasanya, lauk tersebut akan disajikan juga dengan nasi putih yang masih hangat.

Nasi lengko paling lezat jika dilengkapi dengan sate kambing, akan menambah cita rasa menjadi lebih nikmat. Warung makan ini juga memiliki sate kambing yang tidak kalah enak, karena daging bahannya dari daging kambing pilihan. Daging kambing di sini terasa empuk, karena menggunakan metode rebus terlebih dahulu sebelum memanggangnya.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 untuk harga satu porsi Nasi Lengko H Barno. Tempat makan ini selalu buka setiap harinya, mulai dari pukul 06.00 pagi sampai 22.00 malam. Jika kamu tidak ingin antre terlalu ramai, maka datanglah ketika pagi hari, bisa jam 8 atau 9. Hal ini karena menjelang makan siang, biasanya kedai akan ramai.

Menikmati betapa lezatnya kuliner Cirebon sambil bercengkerama dengan orang terdekat, sungguh liburan yang menyenangkan. Cita rasa yang pas dengan lidah Indonesia, membuat kamu akan merasakan makanan khas Cirebon yang menggugah selera. Pastikan untuk membawa uang lebih, agar bisa menambah porsi makan.

Beberapa kuliner Cirebon di atas bisa kamu kunjungi dengan keluarga atau teman, sehingga acara makan pun terasa lebih nikmat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *