Kulit Wajah Tampak Sehat dan Cantik Berkat Bahan Alami

0
20

Adakah perempuan yang tidak ingin kulit wajahnya sehat dan cantik? Tampaknya nggak ada ya! Semua perempuan tentu ingin memiliki kulit wajah halus, bersih. Nah, inilah tips merawat kulit wajah dengan bahan alami. 

Kulit sehat, bersih dan halus akan membuat seorang perempuan memiliki keindahan tesendiri pada dirinya. Ini bukan soal cantik atau tidak cantik, karena kecantikan itu relatif.

Terkadang karena kulit wajah berjerawat, kusam dan tidak sehat, membuat kita, perempuan merasa kurang percaya diri, merasa minder saat berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya. Tak bisa dipungkiri, jika penampilan menjadi salah satu pendukung bagi perempuan dalam mengaktualisasikan dirinya.

masker-alamiSumber: Pixabay.com

Maka tak heran jika banyak perempuan mencoba dengan berbagai perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih dan halus. Kita juga bisa menemukan berbagai fasilitas yang menawarkan perawatan, mulai dari dokter kecantikan, salon, klinik-klinik kecantikan dan sebagainya.

Demikian juga dengan produk kosmetik yang menjamur di sekitar kita, yang menawarkan cara cantik dengan praktis, bahkan terkadang dengan cara yang instan. Namun sebaiknya perempuan tidak tergiur untuk melakukan perawatan kecantikan dengan hasil yang instan, karena bisa jadi bahan-bahan yang dipergunakan adalah bahan yang tidak aman bagi kulit.

Memang sepintas bisa saja hasil yang ditimbulkan kulit menjadi mulus, bahkan mungkin sangat halus. Produk instan seperti inilah yang membutuhkan kewaspadaan. Karena jika produk yang bahannya berbahaya dipergunakan, dalam jangka panjang akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita secara umum, bahkan akan berpengaruh buruk terhadap irgan kita seperti misalnya ginjal.

Tahukah kamu jika sebenarnya ada berbagai bahan yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Ya, kita sebenarnya bisa menggunakan berbagai bahan alami yang ada di rumah. Apa saja bahan alami itu? Yuk, kita lihat!

  • Putih telur
    Langkah pertama, pisahkanlah putih telur terlebih dahulu, lalu oleskan secara merata pada wajah, gunakan sebagai masker.
    Tunggulah sampai putih telur mengering, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3o menit.
    Setelah mengering, bilaslah denagn ahnduk yang sudah dicelup dengan air hangat.
  • Kopi asli
    Maksut kopi asli adalah kopi yang tanpa campuran, sebaiknya bukan kopi sachet yang dijual di pasaran. Cari kopi yang kualitasnya bagus.
    Caranya, basahi wajah dengan air hangat, lalu tempelkan kopi kering pada wajah. Tunggu sekitar 20 menit, gosok kopi perlahan-lahan ke wajah. Lalu bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Pisang Ambon atau sejenisnya
    Ya, pisang Ambon atau pisang yang jenisnya mirip dengan pisang Ambon. Haluskan pisang terlebih dahulu, lalu usapkan pada wajah, perlahan-lahan  wajah dipijit dengan jari agar meresap.
    Tunggu sekitar 30 menit, bersihkan wajah dan bilas dengan air hangat.
  • Madu
    Cara yang sama bisa dilakukan saat menggunakan masu sebagai masker. Oleskanlah madu sambil jangan lupa pijitlah wajah perlahan-lahan saja untuk meresapkan madu pada kult wajah. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bersihkan dengan handuk yang dicelup air hangat.
  • Tomat
    Haluskanlah tomat terlebih dahulu, lalu oleskan pada wajah, diamkan kurang lebih 20 – 30 menit. Selanjutnya, bersihkan wajah dan bilas wajah dengan air hangat.
  • Timun
    Jika di rumahmu kebetulan ada timun juga bisa digunakan untuk menghaluskan wajah. Caranya sama dengan menggunakan tomat tadi, yaitu timun dihaluskan terlebih dahulu, lalu oleskan pada wajah. Setelah 30 menit, bersihkan wajah dan bilas dengan air hangat.
  • Jeruk nipis
    Belahlah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu gosokkanlah perlahan jeruk pada kulit wajah secara merata. Biarkan meresap dengan maksimal, diamkan secukupnya, sekitar 30 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.
  • Lidah buaya
    Iris kulit luar lidah buaya, lalu oleskan gel lidah buaya merata pada seluruh wajah.
    Diamkan sekitar 30 menit, jika sudah mengering, bilaslah wajah dengan air hangat.

Pada seluruh proses pengolesan wajah tersebut, setelah wajah dibilas dengan air hangat, keringkan sampai benar-benar kering.

Sentuhan terakhir, basuhlah wajah dengan air es, fungsinya untuk menutup pori-pori yang sempat membuka saat proses pengaplikasian masker pada wajah.

Mungkin masih banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan di sekitar kita yang bisa kita gunakan untu merawat kulit kita sehingga selain bersih, kesehatan terjaga dan aman dari efek samping yang tidak kita inginkan.

Sumber gambar : Pixabay.com(nf)