Musim pancaroba identik dengan kemunculan berbagai macam penyakit. Salah satunya, penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk. Sebagai orangtua, tentu kita menginginkan anggota keluarga kita terhindar dari gigitan nyamuk. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar keluarga kita terbebas dari gangguan nyamuk.
 
Pertama-tama bersihkan rumah dari benda-benda yang tak lagi digunakan. Tumpukan barang yang tak digunakan biasanya menjadi sarang nyamuk. tumpukan baju kotor, baik di lantai maupun di gantungan pakaian sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk. Pastikan gantungan baju bersih dari pakaian kotor dan biasakan menyimpan baju kotor di keranjang yang tertutup.
Penggunaan kasa nyamuk pada lubang ventilasi juga perlu dilakukan untuk mempersulit nyamuk masuk ke dalam rumah. Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin karena kasa nyamuk mudah menumpuk debu.
Memasang tanaman yang dapat mengusir nyamuk juga bisa menjadi salah satu solusi. Beberapa tanaman, seperti lavender dan geranium, terbukti cukup ampuh untuk mengusir nyamuk di dalam rumah.
 
Jangan lupa membersihkan kamar mandi secara rutin. Kamar mandi yang kotor dan lembab bisa menjadi sarang nyamuk. Tebarkan bubuk larvasida 2-3 bulan sekali pada bak mandi dan tempat-tempat yang menampung air seperti vas bunga dan kolam.
 
Tiga hal yang paling penting untuk memberantas jentik nyamuk adalah melakukan Gerakan 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur. Menguras tempat-tempat penampungan air seminggu sekali agar tak menjadi sarang nyamuk. Ingat, telur nyamuk berkembang menjadi nyamuk dalam waktu 7-10 hari. Menutup rapat semua tempat penampungan juga penting dilakukan agar nyamuk kesulitan mencari tempat bertelur. Jangan lupa mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air hujan. Selamat mencoba hidup sehat tanpa gigitan nyamuk.(ra)