Busway merupakan salah satu layanan yang bersifat umum untuk seluruh lapisan masyarakat. Bus Rapid Transit (BRT) sudah menjadi salah satu layanan transportasi yang paling banyak dan paling sering digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya harganya yang murah, namun kenyamanan lah yang utama menjadi pilihan masyarakat.

Untuk rutenya pun sekarang sudah bisa ke kota tangerang. Aplikasi buswaynya pun sekarang sudah bisa di download di playstore. Dan sekarang juga tersedia busway gratis, yaitu busway yang menggunakan atau memberikan karcis atau tiket bertuliskan gratis kepada para penumpang di depan pintu masuk busway. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, setelah keluar dari stasiun sudirman. Ada 10 unit busway yang siap siaga dan bersedia untuk mengangkut para penumpang dari bundaran senayan menuju halte harmoni secara gratis.

Busway sudah berkembang pesat. Banyak warna dan modelnya. Ada model busway yang bertingkat dua. Serta ada busway yang bergandengan memanjang. Untuk tempat duduknya sudah nyaman, di dalamnya menggunakan AC. Untuk kapasitas penumpangnya bisa mencapai 30-50 orang penumpang, satu busway.

Namun untuk model yang mini busway itu hanya dapat menampung 15-20 orang penumpang. Untuk pembayarannya bisa memakai e-money dan juga bisa langsung bayar tunai di dalam busway, jika naiknya tidak melalui halte busway atau naiknya dari pinggir jalan. Untuk para wanita, ibu hamil, ibu membawa balita ada bangku khusus yang disediakan, jadi tidak perlu takut kalau tidak dapat tempat duduk.

Jam operasional busway sekarang sudah 24 jam. Jadi lebih tenang jika busway yang kita naikin itu penuh. Memang disetiap kelebihan pasti ada kekurangannya, begitu pula dengan busway, namun overall menurut saya busway yang sekarang sudah lebih jauh membaik kualitasnya. Busway merupakan transportasi darat yang murah, nyaman dan berkualitas. Dengan harga IDR 3.500 per orang, kita sudah diantarkan dengan selamat sampai ke tujuan akhir kita.

Kalau ingin mencoba wisata dan jalan-jalan mengitari daerah-daerah di kota tua dengan busway bertingkat, bisa di mulai dengan perjalanan dari arah kota tua. Di kota tua banyak busway bertingkat yang bisa kita temukan. Jalan-jalan dengan busway bertingkat itu menyenangkan sekaligus bisa melihat-lihat pemandangan yang indah. Wisata jalan-jalan naik busway bertingkat bareng keluarga itu memang tiada duanya.

Sampai saat ini busway masih menjadi pilihan kedua oleh masyarakat setelah KRL. KRL memang menjadi pilhan pertama masyarakat dalam transportasi darat. Namun busway juga tidak kalah dengan KRL. Karena memang busway dan KRL sama-sama beroperasi untuk area JABODETABEK. Busway merupakan layanan umum transportasi darat satu-satunya yang beroperasi selama 24 jam. KRL saja hanya beroperasi sampai jam 12 malam.

Dahulu busway memang kurang begitu diminati, dikarenakan masyarakat masih mengutamakan KRL sebagai transportasi darat yang utama. Namun sekarang busway menjadi primadona untuk seluruh lapisan masyarakat. Karena busway abad ini sudah memiliki 18 koridor dan 210 halte busway. Jadi akan semakin mudahnya kita untuk sampai kepada tempat tujuan.

Jadi busway adalah transportasi darat yang murah, nyaman dan berkualitas serta diminati para masyarakat baik kelas atas, menengah ataupun kelas bawah. Busway merupakan transportasi darat yang merakyat dan cocok untuk semua lapisan masyarakat dan semua kelas masyarakat. Dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua bisa menikmati fasilitas dan kenyamanan busway sebagai transportasi darat yang sederhana tapi berkualitas.(ra)

1 COMMENT