Tak terasa kita sudah semakin dekat dengan akhir tahun, masa liburan pun telah tiba. Nah, bagi kamu yang mau liburan ke Surabaya, ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. 

Liburan memang sebuah kata yang mampu “menyihir” pikiran pada kondisi bersenang-senang dan bebas dari aktivitas rutin setiap harinya. Liburan pun mampu menjadikan diri semangat untuk segera memenuhi target dalam pekerjaan sehingga menghabiskan waktu dengan santai plus bahagia saat liburan pun bisa benar-benar maksimal.

Namun, liburan kadang disalahartikan oleh sebagian orang dengan memaksakan diri. Ada saja yang beranggapan bahwa liburan itu harus keluar negeri, menghabiskan dana hingga puluhan juta bahkan liburan sering diidentikkan dengan berfoya-foya di hotel mewah. Padahal liburan tidak serumit dan mengerikan seperti itu. Karena jika demikian, bagaimana dengan orang-orang yang berada di kalangan ekonomi menengah ke bawah? Apakah liburan mereka yang sekadar ke desa (kampung halaman) atau mungkin sekadar nonton bioskop dianggap bukan sebagai liburan? Jangan sepicik itu ya.

liburan-murah-disurabaya

Setiap mendekati waktu liburan, pasti banyak destinasi yang akan tercatat dalam bucket list. Dan di antara kota-kota di Indonesia, Surabaya tidak lepas sebagai salah satu tujuan wisata karena memang ada banyak tempat yang bisa dijadikan daftar untuk dikunjungi saat liburan. Nah, di Surabaya ada beberapa tempat yang bagus sebagai destinasi liburan murah meriah, yaitu:

Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Anak-anak akan senang jika diajak melihat kapal selam yang berada di darat ini. Terletak di Jl. Pemuda dengan lokasi yang sangat strategis membuat Monkasel menjadi pilihan. Bahkan bukan liburan pun, lokasi ini akan selalu ada pengunjung. Di Monkasel, orang tua yang membawa anak liburan akan ikut terhibur juga pastinya. Karena selain menikmati kapal selam sendiri, di sekitarnya ada Vidio Rama, Kantin dan juga Kolam Renang. Bahkan taman-taman dalam yang didesain minimalis pun bisa menjadi tempat untuk beristirahat. Soal tiket masuk juga sangat murah. Kini hanya Rp 10.000/orang saja (info terakhir November 2016).

Tugu Pahlawan Surabaya dan Museum Surabaya

Ke Surabaya tidak akan lengkap kalau belum ke tempat ini. Tugu Pahlawan disebut juga sebagai “Monas”nya Surabaya dengan tinggi 41,15 meter. Memasuki wilayah Tugu ini tidak akan dikenakan biaya (gratis). Anak-anak dan orang tua bisa menikmati suasana taman di sekitar Tugu ini. Sebaiknya datang di kala sore hingga menjelang malam agar tidak terlalu merasakan terik matahari. Nah, di sekitar Tugu ini ada Museum Surabaya. Tahu sendiri pastinya di dalam museum ada apa saja, bukan? Yup, di Museum Surabaya ini menyimpan semua benda-benda purbakala yang sangat penting di masa lalu. Apalagi Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan. Masuk ke museum dikenakan biaya hanya Rp 5.000,-/orang.

Masjid Cheng Ho

Liburan bukan berarti meninggalkan ibadah. Melakukan ibadah saat tiba waktunya adalah liburan yang akan menambah nilai lebih. Nah, di Surabaya kita bisa menemukan tempat wisata, tepatnya wisata religi, berupa tempat ibadah yang memiliki sejarah. Masjid Cheng Ho salah satunya. Masjid ini adalah masjid tertua di Surabaya. Arsitekturnya memang unik karena dibangun dengan perpaduan budaya China-Arab. Hal ini semakin ditandai dengan bentuk atas masjid yang menyerupai mirip Pagoda. Masuk ke wilayah ini tidak dipungut biaya. Di sekitar masjid pun ad ataman bermain untuk anak-anak, lapangan basket yang luas dan ada kolam ikan dengan dinding bergambar perahu. Seolah-olah bercerita bagaimana Muhammad Cheng Ho dalam perjalanannya menjadi muslim meskipun berasal dari keturunan China.

Taman Bungkul

Liburan di Surabaya tidak akan lengkap sebelum ke Taman Bungkul. Di taman ini, anak-anak akan merasakan bahagia dalam bermain. Ada banyak permainan anak-anak yang bisa menjadi pilihan, mulai dari ayunan hingga spot untuk anak yang ingin bersepatu roda. Fasilitasnya pun cukup lengkap karena di bagian belakang taman ada warung (kuliner khas Surabaya pun ada di sini seperti Rawon dan lain-lain), toilet dan musholla. Jika datang ke taman ini sore hari, tidak akan was-was untuk bertahan hingga malam. Karena perut tidak akan lapar dan ibadah tetap lancar. Soal biaya masuk, pastinya Taman Bungkul tidak pernah memungut tarif kepada pengunjungnya.

Wisata Air Mancur

Jika ke Surabaya tepat di hari Sabtu, maka luangkan waktu sejenak untuk menuju Wisata Air Mancur di malam hari. Air mancur dengan lampu berwarna-warni bisa dilihat dengan sangat cantik di sini. Namun, sebisa mungkin sudah berada di lokasi sejak pukul 18.00-19.00 WIB untuk bersiap-siap menikmati atraksi air mancur tersebut. Karena durasi air mancur dengan lampu tersebut hanya berlangsung selama lebih kurang 60 menit yang dimulai pukul 20.00-21.00 WIB. Bahkan menurut warga setempat, terkadang pukul 19.30 WIB, air mancur sudah mulai bisa dinikmati. Untuk masuk ke wilayah ini, gratis. Hanya saja butuh uang untuk parkir motor atau mobil yang digunakan sebelum berjalan masuk untuk menikmati air mancur.

Bagaimana? Masih ragu berlibur ke Surabaya? Orangtua tidak akan pernah menyesal menghabiskan liburan bersama putra-putri di Surabaya.(rhm)