Pada Hari Kamis Lalu, 9 Mei 2019 Kementerian PPPA dalam hal ini Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan hadir juga di Kota Batam bersamaan dengan kegiatan pengembangan Model Daerah dengan Pengelolaan Energi yang Responsif Gender di Desa Lukuwingir, Sumba Timur. Kementerian PPPA  bersama dengan rekan-rekan dari APTIKOM dan Dinas P3APPKB Kota Batam mengadakan kegiatan Literasi Digital 2019 dengan tema “Penggunaan Teknologi Informasi untuk kehidupan Perempuan yang lebih baik”. Adapun tema kegiatan ini sama dengan tema kegiatan sewaktu di Bogor, 22 April 2019 lalu. Akan tetapi, di Batam ini  ada tambahan materi dari Bapak Afdhol Dzikri, Ketua APTIKOM Provinsi Kepulauan Riau yang membagikan Materinya tentang Pemanfaatan ICT Untuk Peningkatan Kualitas Perekonomian Daerah khususnya di Batam.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DP3APPKB Kota Batam, Ibu Umiyati, SE dan dihadiri oleh Bapak Agam Bekti Nugraha, Kabid Kesetaraan Gender dalam IPTEK Kementerian PPPA dan Ibu Nina Kurnia Hikmawati dan Bapak Solikin selaku perwakilan dari APTIKOM.

Batam sendiri dikenal dengan wilayah yang memiliki banyak UMKM yang sedang berkembang khususnya di bidang kuliner sehingga untuk kegiatan kali ini difokuskan kepada para peserta baik dari Ibu Rumah Tangga juga Para Pelaku UKM. Bapak Afdhol, dalam materinya menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi Ilmu Teknologi Informatika, khususnya Politeknik Batam  sangat terbuka untuk menerima para Pelaku UMKM atau Ibu Rumah Tangga yang ingin belajar tentang pemanfaatan IT, seperti membuat email, cara berjualan online dan digital marketing.

Sedangkan Bapak Solikin, SSi, MT memberikan Tips and Trik dalam membuat Artikel dan untuk mempromosikan Produk di Website Serempak.

Apa saja Tips dan Trik yang disampaikan oleh Bapak Solikin pada sesinya? Yuk mari disimak, Membuat Artikel di ranah dunia maya sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. SEO-Friendly vs Human Friendly

Membuat artikel di dunia maya sebaiknya memakai teknik yang mudah dikenali oleh “Search Engine” karena sejatinya internet cukup bergantung dengan mesin pencari untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kehidupannya.

  1. Pelajari Karakter Calon Pembaca (gaya penulisan dengan karakter pembaca)

Setelah kita mengetahui karakter calon pembaca kita, tentu kita dapat menentukan mau seperti apa gaya penulisan kita, Bila target pembaca kita adalah akademisi, tentu bahasa dan gaya yang kita gunakan itu formal, akan tetapi bila untuk anak-anak muda, tentu kita menggunakan gaya bahasa yang mengikuti zamannya.

  1. Pancing pembaca dengan judul yang menarik

Dalam membuat sebuah artikel sebaiknya menggunakan “Judul yang Menarik” Misal :

Search Google “cara mengusir lalat”,

5 Cara Mengusir Lalat

5 Cara Praktis untuk Mengusir Lalat dari Rumah dalam 30 Menit

Tutorial Tips Cara Mengusir Lalat Secara Alami Terbaru Terlengkap

Diantara ketiga judul diatas, mana yang lebih menarik dan bersahabat dengan pencarian di google? Tentu judul yang pertama bukan? Singkat padat jelas akan tetapi menarik orang untuk membaca karena tidak terlalu panjang.

  1. Metoda F-shaped Pattern (artikel tidak akan dibaca kata-per-kata)

Metoda ini metode gerakan pelacak gerakan mata, artinya seseorang yang membaca memiliki kecenderungan ketika membaca semakin kebawah maka semakin sedikit yang dibaca.  Pada Saat membaca buku atau koran atau majalah, kita memang sedang ingin fokus membaca. Sedangkan di internet tidak demikian, orang-orang ingin bergerak dengan cepat dari website A ke website B. Maka mereka tidak akan membaca artikel kata per kata.

  1. Inverted-Pyramid(piramida terbalik)

Membuat tulisan menggunakan metode piramida terbalik ini adalah dengan menceritakan kejadian-kejadian atau hal-hal umum dari topik yang akan diangkat kemudian mengerucut kepada hal-hal khusus yang ingin dituju. Hal itu agar lebih memudahkan pembaca dalam memahami apa inti dari tulisannya.

  1. Font dan Ukuran (Size) yang Mudah dibaca

Memperhatikan jenis huruf dan ukurannya sangat mempengaruhi minat baca seseorang terhadap artikelmu. Bila terlalu kecil dan padat, orang cenderung akan malas membaca, bila terlalu besar hurufnya, akan memakan banyak space dalam artikel Anda.

  1. Gunakan banyak gambar

Menggunakan gambar memudahkan pembaca untuk membayangkan dan mengilustrasikan tulisan Anda dalam benak pembaca, hal itu akan membuat pembaca semakin tertarik terhadap tulisan Anda.

  1. Gunakan subheader dan list

Dalam membuat artikel di media online, menggunakan subheader dan list dapat mempermudah pembaca dalam memahami isinya.

  1. Kualitas dan bobot isi artikel

Hendaknya penulis memperhatikan kualitas dan bobot isi artikel yang dibuatnya. Kecenderungan artikel di dunia online ini biasanya mencakup artikel yang ringan dan menarik.

  1. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan

Ada tips cantik yang diberikan Pak Solikin dalam sesinya yaitu, Tulislah artikel anda sampai selesai tanpa melakukan pemeriksaan kemudian baru baca artikel anda dengan suara (bukan dalam hati) serta perbaiki setiap kalimat yang terdengar janggal ketika diucapkan. Dengan begitu artikel Anda akan lebih mudah dimengerti oleh orang lain yang membaca, karena penulisnya sendiri memposisikan diri sebagai pembaca.

  1. Mencari Pembaca

Hal terakhir setelah sudah melakukan kesepuluh hal diatas, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari Pembaca Anda. Bagaimana caranya ?

  1. Beritahukan orang lain di jejaring sosial dan situs komunitas (forum). Jangan spam, lakukan hanya kalau ada yang membutuhkan info terkait
  2. Pasang tombol share di setiap artikel untuk mempermudah pembaca sharing artikel
  3. Beritahukan ke akun Sosial Media yang membahas topik serupa.

Mudah bukan sahabat serempak? Itulah 11 Tips dan Trik membuat artikel di dunia online yang dapat Anda pelajari dan mencobanya langsung.  Jadi kapan Anda Nulis di Website Serempak? Kami tunggu tulisannya ya..(RH)

Sumber : di sarikan dari http://panduanim.com/artikel-seo/, 09-05-2019