Makanan

Makanan Tinggi Kalori

Dalam program diet, kalori merupakan zat gizi yang sering kali dipangkas jumlah konsumsinya.

Pasalnya, kalori adalah sumber energi utama tubuh, dan ketika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan BB secara signifikan.

Namun, jika Anda sedang dalam masa peningkatan berat badan, maka makanan tinggi kalori wajib dikonsumsi secara rutin.

Selain baik untuk menambah BB, beberapa jenis makanan berikut juga baik untuk meningkatkan masa otot.

Daftar Makanan Tinggi Kalori yang Sehat & Bermanfaat

Pada dasarnya, masing-masing orang membutuhkan kalori dalam jumlah berbeda.Tergantung dari jenis kelamin, usia, tinggi badan dan juga aktivitas sehari-harinya.

Namun, jika dipukul rata, kebutuhan kalori harian manusia yakni antara 2.000 – 3.000 kalori/hari.

Nah, berikut ini beberapa makanan tinggi kalori yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

1. Nasi Putih

Makanan pokok masyarakat Indonesia ini termasuk dalam sumber karbohidrat yang mengandung 240 kalori/mangkuk kecilnya.

Dengan jumlah tersebut, Anda bisa mengonsumsi setidaknya 3 mangkuk kecil nasi putih setiap hari, dan ditambah dengan sumber kalori lainnya.

2. Buah Alpukat

Buah yang kerap diolah menjadi smoothies ini juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Yakni sekitar 332 kalori per 200 gram daging alpukat.

Selain kalori, alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi. Sehingga, baik untuk dijadikan menu sarapan.

3. Daging Merah

Dalam 5 ons steak, Anda bisa mendapatkan 300 kalori, dengan artian steak daging merah jauh lebih mengenyangkan dibanding satu mangkuk kecil nasi putih.

Namun perlu diperhatikan, daging merah juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, yakni sekitar 12 gram per  5 ons. Sehingga konsumsi daging merah harus tetap dibatasi.

4. Kacang-Kacangan

Siapa sangka sumber makanan nabati dengan ukuran munggil ini juga memiliki kandungan kalori tinggi. Sebut saja satu gelas kacang hitam matang yang mengandung 227 kalori.

Beberapa jenis kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalori tak kalah tinggi, seperti bunci, legume, lentil dan lainnya.

5. Ikan Salmon

Alih-alih mengonsumsinya sebagai sumber protein dan omega-3, ternyata salmon juga menawarkan kalori yang sangat tinggi.

Dalam 6 ons salmon saja, Anda sudah bisa mendapatkan 400 kalori.

Jumlah tersebut menjadikan takaran penyajian salmon sangat penting diperhatikan, mengingat biasanya salmon masih disajikan bersama sumber kalori lain seperti buncis.

6. Dark Chocholate

Sudah bukan rahasia lagi jika kudapan manis ini termasuk makanan tinggi kalori yang perlu dihindari para penggiat diet.

Dalam 28 gram dark chocholate yang 70-85% nya terdiri dari pure cocoa, terkandung 170 kalori yang siap menopang energi Anda.

Untuk membakar kalori dari 28 gram dark chocholate tersebut, setidaknya Anda membutuhkan olahraga bersepeda selama 26 menit.

7. Paha Ayam

Paha ayam merupakan salah satu bagian yang mengandung kalori dan lemak terbanyak.

Dalam 52 gram paha ayam rebus tanpa kulit dan tanpa tulang, terkandung sebanyak 109 kalori. Ini sudah sangat cukup sebagai lauk apabila Anda ingin menaikkan berat badan.

8. Pisang

Mengonsumsi satu buah pisang hampir setara dengan makan 52 gram paha ayam.

Di mana buah yang tinggi serat, vitam A, C, kalium dan folat ini juga memiliki kalori cukup tinggi, yakni 105 kalori.

9. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin tidak bisa terlepas dari dua jenis minyak ini. Yang mana keduanya sering dijadikan bahan untuk memasak.

Namun, tahukah Anda jika minyak zaitun dan minyak kelapa memiliki kandungan kalori, lemak tak jenuh dan omega-3 yang sangat tinggi?

Dalam 1 sdm minyak zaitun dan minyak kelapa saja, terkandung 120 kalori.

10. Daging Kambing

Selain daging ayam, daging kambing juga menjadi salah satu sumber kalori yang cukup tinggi.

Jika versi mentahnya saja terdapat 143 kkal per 100 gramnya, lalu berapa kalori jika sudah diolah menjadi masakan?

Jika masuk momen idul adha, jangan menyia-nyiakan kesempatan ini. Kamu bisa mengonsumsi daging kambing dengan berbagai olahannya.

Sebut saja jika kita menengok resep tongseng kambing ini, terdapat 460 kkal pada satu mangkuknya. Sudah cukup tinggi bagi Anda yang ingin surplus kalori sebagai program penambah BB.

11. Ubi Jalar

Terakhir ada ubi jalar yang mengandung 180 kalori setiap 200 gramnya.

Selain kalori, sumber karbohidrat kompleks ini juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan 6.5 gram serat.

Itu dia beberapa makanan tinggi kalori yang dapat membantu meningkatkan masa otot dengan cepat.

Pastikan untuk mengolahnya dengan baik, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *