Anak adalah anugerah dan amanah dari Tuhan yang wajib dijaga, dilindungi, diberi pendidikan terbaik dan diberi asupan nutrisi yang baik oleh orang tua. Anak diibaratkan kertas putih yang harus di tulis orang tua dengan pilihan tinta emas atau tinta hitam dan diisi dengan kata-kata indah atau sebaliknya.

Mulai dari dalam kandungan, ibu hamil sudah wajib makan makanan bergizi, agar pertumbuhan janin berjalan optimal. Ibu sehat selama kehamilan dan setelah melahirkan, Bayi pun bisa lahir dengan selamat dan sehat. Setelah melahirkan ibu masih wajib makan makanan bergizi dan bernutrisi agar menghasilkan ASI yang sehat dan ASI yang melimpah.

Apa Itu ASI Eksklusif

Setelah melahirkan ibu dianjurkan langsung memberikan ASI ke bayi, karena ASI pertama mengandung kolostrum ( dari bahasa latin colostrum) adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum berwarna kekuningan dan kental. Kolostrum sangat penting bagi bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat daya tahan tubuh.

Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

  1. ASI mengandung makrofag, limfosit dan antibodi yang dapat mencegah bayi terinfeksi penyakit, agar bayi bisa tetap sehat dan masa pertumbuhannya optimal.
  2. Dapat memberikan pengaruh biologis, emosional kedekatan antara ibu dan bayi.Kedekatan secara emosional akan bagus untuk kesehatan ibu dan bayi seperti kutipan laman ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
  3. Menurut para ahli kesehatan kandungan memberikan ASI eksklusif bisa menjadi alat kontrasepsi keluarga berencana (KB) secara alami yang efektif 90% untuk ibu, dengan syarat pemberian ASI dibawah 6 Bulan, Menyusui setidaknya 1 jam dalam 1 hari ( 6 kali sehari selama 10 menit ), ibu belum mendapatkan haid kembali setelah melahirkan.
  4. Secara ekonomi ibu bisa menghemat uang belanja tanpa perlu membeli susu formula yang harganya cukup mahal.

Siapa Yang Berperan Penting Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif

  1. Ibu si bayi yang harus konsisten dan berjuang uantuk selalu memberikan ASI eksklusif.
  2. Keluarga harus mendukung pemberian ASI eksklusif dengan cara menyediakan makanan bergizi dan bernutrisi, memberi pesan positif kepada ibu menyusui.
  3. Pemerintah saat ini sudah cukup mendukung pemberian ASI ekslusif dengan turut mendukung WHO dan UNICEF untuk turut memperingati hari Breastfeeding Week atau pekan ASI sedunia setiap tanggal 1-7 Agustus, pemerintah juga mengatur cuti hamil dan melahirkan untuk ibu bekerja dalam UU no.13 tahun 2003 agar ibu bisa libur bekerja untuk mengurus bayi dan pemulihan kesehatan ibu pasca melahirkan tapi tetap mendapatkan gaji penuh selama cuti melahirkan, pemerintah juga mewajibkan semua kantor atau industri menyediakan ruang laktasi khusus untuk ibu menyusui dan menyediakan ruang laktasi di tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, perpustakaan.Pemerintah juga memberikan seminar pengetahuan pentingnya ASI eksklusif, pelatihan dan konsultasi ASI.

Ayo dukung para ibu di dunia, khususnya para ibu di Indonesia untuk memberikan pesan positif bahwa ASI Eksklusif sangat penting untuk bayi yang baru lahir dari usia 0-6 bulan tanpa diberikan makanan pendamping, cukup hanya diberi ASI saja.Saat bayi berusia 6 bulan para ibu masih bisa tetap menyusui hingga usia anak 2 tahun dan juga memberikan makanan padat bergizi atau Makanan Pendamping ASI (MPASI) agar para penerus bangsa ini bisa tumbuh sehat, cerdas dan kuat.

Ayo Sukseskan Sukseskan ASI Eksklusif!! (ns)