Dulu, ketika aku masih duduk di SMAN 25 jurusan IPA, Bapak Martin adalah guru Kimia kami yang telah memberikan pelajaran lambang unsur kimia. Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Belerang merupakan unsur non logam yang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral sulfide dan sulfat.

Ciri khas air belerang itu, terletak pada warna cenderung keruh dan aromanya bau sulfur, karena sulfur oksida salah satu spesies dari gas-gas oksida sulfur (SOx). Gas ini sangat mudah larut dalam air, sehingga sulfur dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti : meteorit, gunung berapi, sumber air panas.

Kebetulan, saya berkunjung ke Candi Gedong Songo yang terletak di lereng gunung Ungaran, kecamatan Bandungan, Kebupaten Semarang. Ketika menelusuri Candi Gedong V terdapat sumber air panas, dimana terdapat kawah belerang yang mengeluarkan kepulan asap, tanaman sekitar terlihat tandus.

Baiklah, disini saya akan mengulas manfaat Belerang atau Sulfur dalam bidang kesehatan, Pertanian dan Industri :

  1. Bidang Kesehatan
  • Sebagai detox, bila kita berendam di air belerang selama 20 menit dapat membuka pori-pori pada kulit, sehingga kandungan belerang dapat masuk ke dalam tubuh untuk membantu proses detox yang mana racun ataupun zat berbahaya pada tubuh dapat dikeluarkan.
  • Obat Penyakit Kulit & Infeksi, selain mengandalkan obat dokter, ada cara alami yaitu berendam di air belerang selama 30 menit, dapat menyembuhkan gatal, alergi, kutil dan jamur serta mampu mengobati infeksi penyakit kulit.
  • Dapat mengobati flu dengan berendam di air belerang selama 10 menit secara rutin yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah terkena flu.
  • Obat Sakit Kepala seperti migraine atau vertigo serta Insomnia dan sulit tidur dengan berendam di air belerang selama 20 menit, ini akan membuat sistem saraf dan pikiran jadi rileks sehingga bisa tidur lebih tenang.
  • Obat Jerawat, bagi yang mempunyai masalah jerawat baik dimuka maupun di punggung, berendamlah di air belerang selama 20 menit, ini akan membuat jerawat pada kulit jadi kering dan hilang.
  1. Bidang Pertanian

Belerang atau Sulfur merupakan salah satu bahan dasar pembuatan pupuk yang memiliki manfaat bagi tanaman, sehingga tanaman dapat menyerap belerang dalam bentuk ion sulfat (SO4). Hal ini merupakan protein dalam bentuk cysteine, methionine dan thiamin. Inilah manfaat sulfur bagi tanaman :

  • Membantu pembentukan klorofil atau zat hijau daun
  • Menambah kandungan vitamin dan protein dalam tanaman.
  • Membantu pembentukan zat gula dalam tanaman.
  • Memperbaiki hasil panen.
  1. Bidang Industri

Sumber belerang yang masih berada dalam alam biasanya akan membentuk senyawa lain dengan mineral bukan logam. Inilah manfaat belerang dalam bidang pertanian :

  • Bahan Pembuatan Korek Api, bubuk belerang yang mengandung asam sulfat ternyata menjadi bahan pokok dalam pembuatan korek api. Proses ini akan membuat lapisan bubuk belerang dengan memiliki warna yang lebih gelap dan mengkilap serta bisa memicu panas tinggi yang menyebabkan munculnya api.
  • Produksi Kembang Api. Belerang menjadi komponen utama yang telah dirubah menajdi bubuk peledak. Produksi kembang api pembuatannya sama seperti korek api yang telah dimodifikasi menjadi beberapa bentuk agar menimbulkan bungi dan nyala percikan api yang cepat padam.
  • Bahan Pembersih Air. Air yang keruh dan mengandung berbagai jenis bibit kuman dapat dinetralkan dengan belerang, namun belerang yang digunakan dalam system pengolahan air yang sudah dibentukmenjadi sulfat yang memiliki warna yang putihseperti bentuk Kristal.
  • Campuran Bahan Pembuatan Aspal. Belerang menjadi salah satu komponen dalam produksi aspal. Belerang memiliki sifat yang bisa membuat lapisan aspal menjadi lebih elastis, mengikat dan meningkatkan kualitas aspal agar lebih tahan lama dalam pembuatan jalan raya.
  • Digunakan dalam produksi baja. Proses pengolahan baja membutuhkan panas khusus yang sangat tinggi mencapai sekitar 1500 derajat Celcius, karena belerang memiliki peran untuk memberikan panas maksimal dengan beberapa sumber panas lainnya seperti manfaat timah atau minyak bumi. Campuran bubuk belerang juga dapat membuat baja agar mudah dibentuk menjadi komponen yang lebih kecil.

Jadi semua yang ada dibumi ini mempunyai manfaat yang sangat berbeda bila kita pelajari dengan seksama. Oleh sebab itu lindungi tanah dan bumi Indonesia yang kita cintai ini.(ss)

1 COMMENT