The purpose of training is to tighten up the slack, toughen the body and polish the spirit – Morihei Ueshiba  

Siapa sih yang tidak mengenal yoga? Olahraga satu ini sedang menjadi tren di kalangan wanita. Jika dilihat dari definisi menurut wikipedia, yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Manfaat yoga bagi kesehatan sangat dibutuhkan, khususnya bagi wanita yang rentan mengalami gangguan kesehatan. Aktivitas wanita yang kompleks dan tidak mengenal waktu istirahat, apalagi jika ditambah bekerja di luar rumah, seringkali berujung pada stress. Yoga terbilang mujarab untuk mengatasi hal itu.

yoga

Selain menenangkan pikiran dan membuat tubuh sehat, yoga memiliki banyak manfaat di antaranya:

  • Mengurangi nafsu makan; penting untuk mengendalikan berat badan agar tetap ideal. Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa yoga dapat membantu mengatur sensasi emosional yang berhubungan dengan makan.
  • Mengurangi gejala OCD (Obsessive Compulsive Disorder); memiliki obsesi yang tidak masuk akal bisa terjadi pada siapa saja, perempuan maupun laki-laki. Dengan melakukan yoga secara teratur, gejala OCD akan berkurang.
  • Membantu aktivitas ovarium dan testis; bagi yang sedang menjalani program hamil, biasanya dokter akan menyarankan melakukan yoga secara teratur.

Berikut jenis-jenis yoga yang bisa Anda lakukan,

  • Hatha Yoga; jenis yoga satu ini sangat bagus untuk pemula. Gerakan yoga jenis ini tergolong masih halus. Setiap gerakan dalam Hatha yoga didesain agar berfokus pada pernapasan.
  • Iyengar Yoga; jenis yoga ini mirip dengan Hatha dari segi posenya, namun yang membedakan adalah fokusnya. Iyengar berfokus pada keselarasan dan keseimbangan tubuh. Iyengar Yoga bisa dilakukan dengan alat bantu seperti tali, selimut, dan blok. Alat bantu tersebut aman untuk pemula dalam yoga.
  • Bikram Yoga; yoga jenis Bikram ini tidak lain adalah Hatha Yoga sendiri. Hanya saja dilakukan pada ruangan yang panas. Hal ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot dan berkeringat demi membersihkan dan menghilangkan penyakit di dalam tubuh. Bikram Yoga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena beresiko dehidrasi, hipertermia, perubahan tekanan darah hingga masalah jantung.
  • Ashtanga Yoga; Sri K. Pattabhi Jois dari India adalah orang pertama yang mengajarkan yoga jenis ini. Yoga terasa lebih agresif karena perpindahan gerakan satu ke gerakan lainnya sangat cepat. Hal tersebut bertujuan untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh. Bagi pemula, yoga ini akan sangat menantang dan sedikit sulit secara fisik. Tetapi bukan berarti tidak boleh dicoba, bukan?
  • Acroyoga; jenis yoga ini banyak dilakukan di India. Jika melihat gerakannya akan sesuai dengan namanya karena banyak gerakan akrobat, seperti terbang dan jungkir balik. Acroyoga bermanfaat untuk pembentukan tulang belakang menjadi lebih tegak dan tentunya membuat tubuh lebih bugar.

Nah, manfaat dan jenis-jenis yoga sudah dijelaskan gamblang di atas. Tentunya, yoga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Selanjutnya terserah kita, mau menjalankannya atau tidak.(rhm)