Manfaat dan Keajaiban Sentuhan ibu Lewat Metode Kangguru

26

Oleh Julie Rostina

Sumber gambar: http://unicef.in/Story/709/Kangaroo-Mother-Care-Replicating-the-womb-
[su_row] [su_column size=”1/5″] Kangoroo mom [/su_column] [su_column size=”4/5″] Dunia hewan begitu menarik perhatian, apatah lagi bagi anda penggemar acara “National Geografic”. Salah satu hewan yang paling menarik perhatian yakni hewan Kangguru. Binatang khas benua Australia yang juga terdapat di Pulau Irian ini memiliki perawakan yang unik disertai kantong yang selalu melekat di bagian depan badannya. Karakteristik hewan Marsupial yang khas inilah yang membedakannya dengan hewan-hewan lainnya.

Menarik ketika kita melihat pemandangan lucu dari sang anak kanguru yang tiba-tiba“menyembul muncul” dari kantong sang ibu. Kenyamanan, ketenangan dan kasih sayang sang anak kangguru dapatkan selama dalam kantong sang induk. Kantong berfungsi sebagai tempat bayi kangguru makan dan berlindung selama mereka tumbuh. Pada saat bayi kanggguru lahir dari rahim sang induk, ia hanya memiliki panjang berukuran 1 centimeter dan kondisi belum sepenuhnya sempurna. Sehingga sebagai tempat pengganti pertumbuhannnya di rahim, dia gunakan kantong hingga sang induk hingga tumbuhnya sempurna. Bayi kangguru berada di dalam kantong selama enam setengah bulan pertama. [/su_column] [/su_row]

Perilaku Kangguru merawat buah hatinya di dalam kantong, mengilhami dua orang ilmuwan, Dr. Hector Martinez dan Dr. Edgard Rey Sanabria, keduanya adalah dokter anak di Bogota Kolombia, untuk mengembangkan Perawatan Metode Kangguru (PMK) atau istilah lain Kanggaroo Mother Care (KMC) pada tahun 1979.

PMK atau KMC adalah sebuah metode yang memperkenalkan kedekatan antara ibu dengan bayi prematur atau yang memiliki berat bayi lahir rendah (BBLR) dengan melekatkan bayi pada dada ibu seperti posisi kanguru (di antara payudara ibu) sehingga terjadi kontak antara kulit ibu dan bayi (skin to skin contact) sehingga suhu tubuh bayi tetap normal (36,5 -37,5%).

Bayi BBLR yang lahir kurang dari 2500 gram, biasanya mengalami hipotermia, yakni keadaan dimana terjadi penurunan suhu bayi diakibatkan oleh karena tingginya konsumsi oksigen dan terjadinya akibat penurunan suhu ruangan.

PMK memiliki 4 komponen, yaitu: kangaroo position, kangaroo nutrition, kangaroo discharge, dan kangaroo support.

 

Keunggulan Metode Kangguru

kangoroo01

Lalu dimanakah letak keajaiban sentuhan ibu? Seorang dokter Ahli Kejiwaan di Jakarta, Dr. Tubagus Erwin menyampaikan pengalamannya menghadapi seorang ibu yang melahirkan kembar dimana salah seorang bayinya mengalami BBLR dan harus dirawat di inkubator. Ketika sang bayi BBLR tersebut dirawat di inkubator ada kejadian yang sangat menarik, dimana perkembangan dan pertumbuhan si bayi terlihat kurang progesif dan setiap malam menangis yang menggambarkan kepiluan. Atas desakan dokter dan perawat, sang ibu dimohon untuk mencoba perawatan bayi tanpa bantuan inkubator di rumah. Meski ada rasa kekhawatiran dari sang ibu, ternyata setelah beberapa lama dirawat langsung di rumah dengan penuh curahan kasih sayang yang diberikan ibu serta kedekatan karena si bayi langsung bersentuhan dengan si ibu, bayi tersebut mengalami pertumbuhan yang sangat progresif dan jauh meninggalkan perkembangan saudaranya yang lahir normal dan dibandingkan ketika dia dirawat dalam inkubator

Contoh di atas bisa menggambarkan bahwa kedekatan dan sentuhan seorang ibu memiliki kekuatan yang luar biasa dampaknya bagi si buah hati untuk terus berkembang. Oleh karena itu, dengan metode kangguru dimana dimungkinkan kontak kulit langsung ibu dan anak secara intensif. Hal tersebut bisa memacu dan mendorong kedekatan, ketenangan yang berdampak secara luar biasa terhadap perkembangan bayi. Bayi bisa mendapatkan pertumbuhan yang progresif, suhu normal secara stabil, ketenangan, kenyamanan dan rasa aman.

Selain hal di atas, ada banyak keunggulan yang bisa diperoleh melalui Metode PMK. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa keuntungan PMK berdampak pada bayi, ibu dan lainnya.

Bagi bayi, tanda vital seperti denyut jantung, pernafasan, saturasi oksigen menjadi normal begitu juga suhunya. Hasil penelitian Messnerr dkk, memperlihatkan kejadian Bradikardiapun berkurang. Hipotermia sangat jarang terjadi pada bayi yang menggunakan PMK. Rangsangan sensoris melalui skin to skin contact mampu menurunkan rasa nyeri pada bayi prematur. Bayi lebih tenang dan jarang menangis dan bayi bisa tidur lebih lama.

Keuntungan bagi ibu, PMK mampu merangsang dan meningkatkan produksi ASI, sebagai nutrisi paling penting bagi semua bayi. Bisa mencapai menyusui efektif lebih awal, membangun hubungan emosi dan psikologis ibu dan buah hati, mengurangi kejadian payudara bengkak lebih rendah serta mengurangi stress ibu.

Sedangkan keunggulan lainnya adalah memperpendek masa perawatan bayi yang berarti pula mengurangi cost dan beban ekonomi, kejadian infeksi nosokomialpun lebih rendah. Dan yang terpenting, metode perawatan metode kangguru hanya menggunakan sarana yang sederhana berupa sentuhan ibu secara langsung.

Sehingga wajar bila dikatakan, keajaiban sentuhan ibu dengan penuh kasih sayang mampu memompa semangat buah hati untuk terus berkembang sehat secara progresif yang mampu mengalahkan teknologi modern sekalipun.