Dalam kehidupan yang kita miliki terkadang kita mengalami berbagai macam kesulitan, problematika dan permasalahan kehidupan, berbagai masalah datang silih berganti tiada henti terjadi setiap hari dalam kehidupan kita.

Dari masalah yang paling ringan seperti saat kita mengalami kemacetan lalu lintas, hingga masalah target pekerjaan yang tidak tepat sasaran, bahkan masalah pribadi dan keluarga yang sering terjadi dan menyulut emosi dalam penyelesaiannya.

Tidak jarang kita juga mengalami masalah yang cenderung mustahil untuk kita atasi, permasalahan yang terjadi akibat situasi ini tentu akan meningkatkan rasa frustasi dan emosi dalam pikiran kita, hal ini secara otomatis dapat memicu berkembangnya stress yang kita rasakan.

Stress yang tinggi akibat timbulnya berbagai permasalahan tersebut, lambat laun akan berakibat buruk pada kesehatan mental yang kita miliki, bahkan dititik yang kritis dapat mengubah kepribadian yang kita miliki,

Wajah kita yang pada awalnya mudah tersenyum perlahan namun pasti menjadi wajah yang tegang, lelah dan lesu akibat tekanan kehidupan yang terjadi. Hal ini juga termasuk bagi pola pikir yang kita miliki, dimana pola pikir yang pada awalnya positif akan berubah perlahan menjadi negatif akibat adanya emosi yang terpendam dalam batin kita.

Hal ini tentu berakibat buruk bagi kesehatan mental yang kita miliki, maka untuk mengatasi masalahan ini, dibutuhkan sebuah metoda penanganan yang praktis dan mudah dilakukan oleh semua orang dalam waktu yang singkat.

Pola hidup yang akan membuat perbedaan dalam mental yang kita miliki, maka untuk memenuhi kebutuhan ini Pola hidup sehat menawarkan solusi masalah tersebut, dengan menggunakan berbagai metoda dan aplikasi hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari,

Secara sistematis dan pasti pola ini akan mengubah situasi yang pada awalnya membuat kita lemah dan depresi tersebut, menjadi situasi mental yang benar – benar berbeda dan baru.

Kita akan merasa memiliki kekuatan baru yang luar biasa dan semangat yang besar untuk menghadapi berbagai permasalah dan problematika kehidupan yang kita miliki, berikut ini manfaat dari pola sidup sehat bagi kesehatan mental kita yang berhasil kami himpun, diantaranya yaitu :

Berfikir Positif dan efektif

Dalam keseharian kita tentu sering mendengar istilah bahasa Inggris “Positif Thingking”, yang berarti berpikiran positif dalam bahasa Indonesia, dengan bantuan dari pola hidup sehat yang Anda lakukan, maka tubuh Anda khususnya kemampuan pola pikir dan kemampuan dalam mengingat akan berkembang pesat seiring tingginya kadar nutrisi dan oksigen yang terdapat pada otak Anda.

Olahraga dan tidur teratur yang Anda lakukan akan mampu membuat kinerja sel otak meningkat antar 30 – 60% lebih aktif dari pada umumnya, hal ini tentu berakibat baik bagi kemampuan kita dalam berfikir, kita akan merasa mampu berfikir lebih keras dan efektif, khususnya dalam berfikir positif terhadap situasi atau permasalahan yang terjadi.

Hal ini terjadi karena tingginya stamina dan vitalitas yang kita miliki sehingga semangat kita juga akan meningkat seiring pola hidup sehat yang kita lakukan sehari – hari.

Semangat Hidup yang tinggi          

Pernahkah Anda merasakan bersemangat? Anda merasa memiliki kekuatan yang luar biasa dan merasa yakin 1000% mempu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan yang akan anda hadapi hari itu ?

Bila Anda belum pernah mengalaminya, maka tidak ada ruginya apabila anda mencoba berolahraga, makan makanan sehat atau tidur teratur dan menghindari kebiasaan hidup yang buruk, dipastikan tubuh anda akan semakin kuat perlahan namun pasti, dan dengan modal tubuh yang kuat ini kami yakin bahwa anda akan memiliki semangat dan gairah hidup yang tinggi.

Rasa Percaya Diri

Dengan tubuh yang sehat, maka akan membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari – hari, orang yang rajin berolahraga akan memiliki wajah yang lebih bersinar daripada orang yang tidak pernah besrolahraga, hal ini secara otomatis akan menambah rasa percaya diri.

Belum lagi bila kita melihat bentuk tubuh seseorang yang ideal dan proposional, kondisi ini juga akan turut menambah nilai dan daya tarik yang dimiliki orang tersebut. Hal ini tentu akan membuat kita terlihat menarik dan positif dimata orang lain yang melihat.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan orang yang memiliki masalah kegemukan atau sedang mengalami masalah kesehatan. Mereka akan terlihat tidak menarik lesu bahkan cenderung mudah marah. Maka dengan melakukan pola hidup sehat kita dapat mewujudkan hal ini.

Pola hidup sehat tentu saja nantinya akan membuat penampilan lebih menarik, kemudian juga kesehatan terjaga dengan baik. Dengan demikian tentu saja secara otomatis rasa percaya diri akan meningkat. Kepercayaan diri ini nantinya akan memudahkan dalam menghadapi semua masalah dan berbagai keadaan. Rasa percaya diri yang lebih dapat menyelesaikannya secara maksimal.

Pantang Menyerah

Olahraga yang keras dan efektif akan menimbulkan rasa disiplin yang tinggi bagi yang melakukannya. Hal ini akibat tingginya daya tahan tubuh dan stamina  yang dimiliki, beban yang berasal dari kerja keras serta permasalahan yang terjadi akan dengan mudah diatasi dengan baik apabila kita memiliki kondisi fisik yang prima.

Berbeda dengan orang yanng memiliki masalah kesehatan, lemah atau kegemukan. Kebanyakan orang yang memiliki kondisi tersebut akan mudah menyerah. Seiring kondisi fisik mereka yang tidak memadai yang seringkali disertai pula dengan adanya pola pikir yang negatif yang juga cenderung menghantui seperti kalah dalam kinerja usaha, daya tahan lemah, atau kemampuan kerja fisik yang sangat lemah, semua hal ini tentu akan sangat mengganggu.

Rasa Damai dan tentram

Dengan memiliki tubuh yang sehat, jiwa yang positif dengan semangat hidup yang tinggi, percaya diri dan pantang menyerah tentu hal ini akan membawa kedamaian dan rasa tentram bagi orang yang memilikinya, rasa damai dan tentram ini terjadi tidak terlepas dari pola hidup sehat yang dilakukan orang tersebut.

Hal ini tentu tidak terjadi bagi orang yang memiliki pola hidup yang buruk, mereka akan selalu merasa tidak sehat, emosional, tertekan hingga stress dan depresi akibat berbagai masalah kehidupan hingga masalah kesehatan yang terjadi, dimana sebenarnya hal ini dapat kita dihindari.

Maka dengan keterangan ini maka jelaslah bagi kita saat ini, bahwa kedamaian dan rasa tentram yang kita inginkan ternyata dapat kita ciptakan dan kita peroleh dengan mudah, caranya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh siapapun, yaitu cukup hanya dengan mulai menjalankan pola hidup yang sehat yang mampu kita lakukan sesuai kemampuan yang kita miliki.

Karena dibawah matahari dan diatas bumi tidak ada hal yang sulit dan mustahil terlebih bila kita mau benar – benar berusaha mengerjakannya dengan sepenuh hati. Apapun hal yang kita ingnkan itu akan menjadi milik kita, termasuk mental yang sehat dan kuat.(aw)