Kesehatan adalah pilar utama kehidupan. Tanpa kesehatan yang terjaga, mustahil kitas dapat melaksanakan berbagai aktifitas sehari-hari dengan baik. Berbagai kampanye tentang pola hidup sehat tentu sering kita dengar dari berbagai media. Kampanye tersebut bertujuan agar setiap individu dapat mencapai tingkat kesehatan yang maksimal sehingga masyarakat yang sehat dapat tercipta. pola hidup sehat. Namun, masih banyak orang yang belum mengindahkan kampanye pola hidup sehat.

Berbagai manfaat dapat kita peroleh dari menjalankan pola hidup sehat dalam hidup sehari-hari.

Bentuk Tubuh Ideal

Menjalankan pola hidup sehat dapat menhasilkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal akan menunjang penampilan seseorang. Terutama bagi orang dewasa, penampilan ideal dapat menunjang karier dan pergaulan.

Cukup Energi

Pernahkah Anda merasa lesu, malas beraktifitas, kurang tidur, bahkan kehilangan semangat bekerja?Perasaan tersebut bisa saja terjadi karena tubuh kita mengalami masalah kesehatan yang yang muncul dari kebiasaan buruk seperti kurang tidur & istirahat, merokok, atau mengkonsumsi alkohol berlebihan. Akibatnya, kita tidak memiliki cukup energi untuk menjalani aktifitas.

Dengan menjalankan pola hidup sehat, stamina dan kebugaran tubuh berangsur menjadi lebih baik. Tubuh akan menjadi lebih berenergi dan vitalitas yang kita miliki tentu akan menjadi optimal. Kita akan senantiasa merasa segar bugar. Perasaan yang lebih positif ini akan menjadi modal penting dalam menjaga stabilitas mood kita menghabiskan hari dengan berbagai kesibukan di rumah maupun tempat kerja.

Kemampuan Berpikir

Banyak orang meyakini, pola hidup sehat sangat bermanfaat bagi kemampuan berpikir. Hal ini terjadi karena kombinasi antara olahraga yang teratur dan pola makan yang sehat dan bernutrisi mampu memberikan kontribusi terbaik bagi kinerja otak. Olahraga yang teratur akan melancarkan peredaran darah sehingga otak cukup pasokan oksigen. Sementara, makanan bergizi menjadi sumber nutrisi utama bagi peremajaan sel-sel otak.

Kita juga tahu bahwa setiap manusia akan mengalami penurunan daya ingat saat memasuki usia lanjut. Penurunan daya ingat disebabkan sel-sel otak yang juga menua dan membutuhkan peremajaan. Dengan olahraga yang teratur dan pola makan yang sehat, penuaan sel-sel otak dapat diperlambat.

Daya Tahan Tubuh Tinggi

Pola hidup sehat yang dilakukan akan membuat fungsi dan kinerja semua organ tubuh menjadi maksimal. Kecukupan oksigen dan nutrisi dalam tubuh meningkatkan kinerja kekebalan alami tubuh. Jika kekebalan tubuh tinggi, virus dan bakteri tidak akan menimbulkan penyakit yang membahayakan.

Terhindar dari Masalah Kesehatan

Tidak hanya terhadap serangan virus dan bakteri, pola hidup sehat juga akan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang berawal dari degradasi fungsi organ, seperti,

  • Serangan jantung & stroke
  • Diabetes
  • Tulang Keropos
  • Kanker
  • Gangguan Ginjal

Tidur Lebih Berkualitas

Tubuh yang bugar membuat tidur kita semakin berkualitas. Selain memenuhi kebutuhan istirahat secara fisik maupun mental, tidur yang berkualitas selama 6-8 jam di malam hari akan memperlancar proses pembersihan tubuh dari berbagai jenis sampah pencernaan. Saat kita tidur, ginjal dan hati hati bekerja membuang sisa pencernaan yang bisa berubah menjadi zat-zat berbahaya jika gagal diproses.  (aw)