Suka selfie? Atau hobi update media sosial saat itu juga? Pakai smartphone kamera terbaik bakal bikin posting-an terlihat keren akhirnya bisa nambah followers. Ternyata tidak semua smartphone dengan kamera berkualitas harganya double digit. Banyak smartphone berhasil menyuguhkan hasil foto dan video yang jernih tapi harganya masih ramah di kantong. Simak beberapa rekomendasi smartphone di bawah supaya Instagram tetap oke tanpa harus menghabiskan uang terlalu banyak.

Sebelum membeli smartphone, sebaiknya memperhatikan beberapa hal pada detail kameranya. Smartphone kamera terbaik memiliki resolusi gambar tinggi. Cara termudah untuk mengeceknya dari ukuran megapixel. Semakin besar angkanya, maka akan semakin detail dan tidak akan pecah kalau di-zoom. Kemudian cek lensanya, semakin kecil angkanya maka semakin baik. Ini kebalikan dari resolusi. Untuk mengecek lensa mungkin butuh bantuan orang lebih ahli soal fotografi dan detail komponen smartphone.

Semua orang pasti ingin hasil yang sempurna dengan biaya seminim mungkin. Itu sudah jadi prinsip siapa pun. Dengan menggunakan beberapa smartphone kamera terbaik di bawah ini, hasil jepretan atau rekaman akan dikira menggunakan alat profesional. Penasaran? Cek rekomendasinya berikut:

  1. Realme 3 Pro

Oppo memang sedang jadi primadona di beberapa negara, khususnya di Indonesia. Bahkan angka penggunanya kian hari kian bertambah. Ini membuktikan bahwa produk Oppo memiliki daya tarik sendiri di pasar Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, dengan harga ramah di kantong, Realme 3 Pro menyuguhkan hasil yang memuaskan.

Realme 3 Pro adalah salah satu smartphone yang diincar oleh kalangan pecinta foto. Ada dua kamera yang melengkapi smartphone ini. Masing-masing resolusinya adalah 5 MP dan 16 MP. Ini sudah tergolong cukup buat yang suka selfie dan update media sosial. Belum lagi memori internal sebesar 64 GB dan 128 GB sangat leluasa menyimpang berbagai hasil jepretan.

  1. Realme U1

Masih dari Oppo, tipe lainnya adalah Realme U1. Meski harganya tidak jauh berbeda dari Realme 3 Pro, kamera Realme U1 bisa dibilang lebih canggih. Ada dua kamera yang tertanam dengan masing-masing resolusi yang tinggi. Kamera depan resolusinya 25 MP, sedangkan kamera belakang resolusinya 13 MP dan 2 MP. Orang yang suka mengabadikan gambar kapan pun pasti jatuh cinta dengan Realme U1.

Beberapa ada yang menganggap Realme U1 kurang tangguh. Tapi pernyataan itu salah, karena baterai yang tertanam sebesar 3500mAh mampu bertahan hingga 93 jam. Kemampuan ini bisa diadu untuk kamera sekelasnya dari brand lain. Untuk pemula, spesifikasi Realme U1 dapat dianggap pantas untuk menyuguhkan konten-konten di Youtube.

  1. Vivo Y17

Brand lain yang juga sedang merebut hati pasar Indonesia adalah Vivo. Melihat peluncuran produk-produk terbarunya, Vivo terlihat serius dalam mengembangkan smartphone. Vivo Y17 termasuk smartphone kamera terbaik yang dibanyak disebut saat mencari rekomendasi. Smartphone ini dilengkapi dengan tiga lensa kamera sekaligus. Masing-masing resolusinya adalah sebesar 13 MP, 8 MP, dan 2 MP. Tinggal pilih tujuan foto apa karena Vivo Y17 sudah menyediakan lensanya secara lengkap.

  1. Samsung Galaxy J6+

Mendengar nama brand ini tak perlu lagi meragukan kualitasnya. Samsung dibilang pemain lama yang konsisten terhadap kualitas smartphone-nya. Mau itu secara mesin, desain, hingga fitur-fiturnya. Samsung Galaxy J6+ bisa jadi pilihan smartphone dengan kamera terbaik dan harga terjangkau. Terpasang dual kamera di bagian belakang dengan resolusi sebesar 13 MP dan 5 MP. Belum lagi fitur Live Focus, Panorama, dan sebagainya. Untuk selfie, Samsung Galaxy J6+ memiliki kamera depan dengan resolusi sebesar 8MP.

  1. Asus Zenfone 5Q

Dual camera buat kamu masih kurang? Ada Asus Zenfone 5Q yang memiliki empat pilihan kamera. Dual kamera sebagai kamera utama dan dua kamera lainnya sebagai kamera depan. Kamera utama memiliki resolusi sebesar 16 MP dan 6 MP, sedangkan kamera depan resolusinya 20 MP dan 6 MP. Tak berhenti di situ, ada fitur-fitur yang mampu menyempurnakan hasil jepretan, seperti efek bokeh. Ada juga fitur wide angle lens untuk hasil foto yang bisa menangkap objek lebih banyak.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, setiap brand berlomba-lomba untuk berinovasi. Smartphone kamera terbaik menjadi hal yang diusung banyak produsen untuk menarik hati pasar. Sebagai konsumen harus cermat dalam memilihnya. Jangan sampai keliru, sudah beli yang mahal ternyata tidak sesuai harapan. Beberapa rekomendasi smartphone di atas bisa dipertimbangkan untuk yang ber-budget terbatas. Ingat ya, punya budget terbatas bukan berarti tidak bisa menghasilkan karya yang berkualitas.(slk)