Saat liburan sekolah, ajaklah anak-anak belajar mengenal budaya betawi di Setu Babakan. Setu Babakan ini terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Tempat ini ditetapkan sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Berdasarkan website Jakarta.go.id, tahun 2004, Setu Babakan diresmikan sebagai cagar budaya Betawi. Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata yang dipilih oleh Pacific Asia Travel Association (PATA) sebagai tempat tujuan wisata bagi peserta konferensi PATA di Jakarta pada bulan Oktober 2002.
Kawasan ini terbagi menjadi 3 zona wilayah yaitu : Zona A dikembangkan menjadi pusat pelestarian pengembangan budaya. Luas wilayahnya 3,2 ha.  Ada rumah adat khas Betawi. Zona B dikembangkan sebagau pusat kuliner nusantara dengan tema Betawi untuk Indonesia. Ada banyak pedagang yang menjajakan makanan khas Betawi. Zona C dikembangkan menjaid zona komersial dan studi alam yang terdapat replika perkampungan Betawi yang dilengkapi dengan rumah adat.
setu-babakan
 
Jika pengunjung datang ke tempat ini, tidak dikenakan biaya kecuali uang parkir kendaraan yang berkisar Rp 5000,- -Rp 10.000,-. Kamu dapat menikmati indahnya pemandangan setu (danau) yang bersih ditemani semilir angin yang berhembus. Banyak pengunjung yang datang untuk sekadar menikmati alam atau memancing.
Anak-anak dan keluarga juga bisa menikmati sepeda air atau bebek-bebekan mengelilingi tepian setu. Jangan kuatir kelaparan karena banyak makanan yang dijual di kawasan itu. Uniknya, makanan yang disajikan adalah makanan khas Betawi seperti bir pletok, toge goreng hingga roti buaya mini. Harganya juga sangat terjangkau.
Tak hanya itu saja, ada juga panganan yang tak sering dijumpai namun tersedia di kawasan ini. Mulai dari sagon, wajik hingga dodol betawi. Untuk keluarga bisa juga membelikan souvenir yang juga tersedia.  Ingin keliling setu babakan menggunakan delman? Di sini tersedia dengan harga sekitar Rp 25 ribu. Tempat ini juga kerap menjadi tempat untuk berlatih menari tradisional seperti tari topeng dan belajar musik seperti musik gambang kromong, gambus, keroncong, kasidah dan marawis. Pengunjung juga melihat kesenian adat khas Betawi lainnya seperti lenong.
 
Jika kamu tertarik untuk berkunjung bisa mengunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Pasar Minggu bisa langsung menggunakan Kopaja 616 jurusan Blok M menuju Cipedak dan kemudian turun di pintu gerbang perkampungan Setu Babakan. Jika berangkat dari Depok bisa langsung menggunakan angkot D128 jurusan Depok-M.Kahfi II-Warung Silah. Pengunjung langsung turun di depan pintu gerbang Setu Babakan. Tertarik untuk datang ke Setu Babakan? Silakan datang pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB setiap hari. (rab)