Perdamaian menjadi salah satu hal yang diutamakan di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan perdamaian yang dilakukan oleh pemerintah yakni mendirikan Gong Perdamaian. Ada di kota mana sajakah gong perdamaian tersebut? 
Di Indonesia, ada beberapa kota seperti Jogja, Bengkulu, Ambon, Kupang dan beberapa kota lainnya yang memiliki Gong Perdamaian. Kali ini, Serempak.id merangkum empat tempat yang memiliki Gong Perdamaian.  
dscf7041
 
Gong Perdamaian di Palu
Dengan berat 100 kilogram, Gong Perdamaian ini dipasang di kota Palu.  Gong Perdamaian ini dibuat di lereng Gunung Muria, Jawa Tengah. Pada lingkaran luar Gong Perdamaian ini terdapat 444 logo dan nama kabupaten dan kota di Indonesia. Sementara di lingkaran dalam terdapat 33 nama dan logo Provinsi di Tanah Air. Pada bagian tengah gong terdapat simbol lima agama di Indonesia dan gambar bunga yang melambangkan perdamaian. Gong Perdamaian ini dipasang di Bukit Tondo Kota Palu.
 
Gong Perdamaian di Ambon
Peresmian gong perdamaian dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) pada tanggal 25 Januari 2009. Gong Perdamaian ini terletak di lapangan Pelita di Jalan Sultan Hairun, Ambon. Ambon merupakan kota yang ke 35 yang dipasang gong yang berdiameter 2 meter ini.  Lingkaran luar menampilkan bendera seluruh negara merdeka di dunia. Lingkaran tengahnya terdapat tulisan ‘World Peace Gong’, ada gambar bunga serta tulisan dalam bahasa Indonesia ‘Gong Perdamaian’. Di lingkaran dalamnya menampilkan 10 simbol agama besar yang dianut mayoritas penduduk di dunia. Sedangkan tulisan bunga merupakan peneguhan jatidiri Gong Perdamaian.Di lingkaran puncak Gong Perdamaian Dunia menampilkan bola dunia, planet bumi atau globe.Pada malam hari, dalam pantauan Serempak.id, Gong Perdamaian ini menghasilkan sinar berwarna-warni.
 
Gong Perdamaian di Kupang
Di Kupang, Gong berdiameter dua meter ini memiliki lima bagian. Berdasarkan Tribunnews, lingkaran luar menampilkan 444 logo kota dan kabupaten di Indonesia, lingkaran tengah berisikan 33 logo provinsi di Indonesia. Di lingkaran dalam, memunculkan tulisan Gong Perdamaian Nusantara – Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa, di lingkaran inti terdapat lima simbol agama di Indonesia (Kristen, Katolik, Buddha, Islam, Konghuchu, Hindu). Sedangkan lingkaran puncak berwarna dasar biru berjajar pulau-pulau di Indonesia. Berat Gong Perdamaian ini adalah 100 kilogram.
 
Gong Perdamaian di Ciamis
Gong Perdamaian ini dibangun pada 9 September 2009. Gong Perdamaian ini memiliki diameter 3,33 meter yang terbuat dari bahan perunggu dan plat besi. Ada 218 gambar bendera dari tiap negara dan 10 agama yang ada di dunia yang terdapat di gong ini. Jika kamu tertarik untuk melihat Gong ini, tidak dipungut biaya sama sekali. Gong Perdamaian ini terletak di kawasan Situs Cagar Budaya Karangmulyan di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Pada bagian belakang gong yang berwarna kuning terdapat sebilah keris.
Semoga kehadiran Gong Perdamaian ini bukan hanya jadi penghias kota semata, tapi juga selalu mengingatkan kita semua warga Indonesia untuk selalu mengutamakan perdamaian. Sehingga persatuan dan kesatuan Indonesia selalu utuh terjaga! (rab)