Memaksimalkan Toko Online Shop dengan Facebook Ads

44

Majunya dunia teknologi dan infromasi, makin banyak menciptakan peluang kerja dan usaha tanpa harus meninggalkan rumah. Salah satu peluang yang ada adalah berjualan secara online atau Online Shop.

Pelaku online shop umumnya dilakukan oleh wanita, karena para wanita bisa melakukan kegiatan transaksi jual beli tanpa harus meninggalkan rumah serta bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Selain berjualan menggunakan smartphone, media social seperti facebook dan instagram juga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan penjualan pada online shop.

Khususnya pelaku usaha yang menggunakan facebook. Penjualan dapat ditingkatkan dengan cara mengiklan produk online shop di Facebook Ads.

fb ads

Facebook adverstising atau disingkat Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu produk dengan Fanpage Facebook yang telah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.

Untuk menggunakan Facebook Ads, pengguna Online Shop harus membuat Fanpage di www.facebook.com/pages/create pada laman facebook yang diinginkan. Kemudian pilih jenis Fanpage yang diinginkan dan isi deskripsi tentang Fanpage yang diinginkan.

FB Ads 1 as Smart Object-1

Fitur Facebook Ads ini mengenakan biaya dalam beriklan. Jika jumlah likes pada Fanpage Facebook sedikit, maka biaya yang dikenakan akan semakin mahal, jadi sangat penting untuk memiliki banyak likes pada Fanpage Facebook.

Pengguna Facebook Ads bisa mengarahkan calon pembeli produk dengan cara menargetkan sasaran pembeli yang diinginkan dengan masuk ke facebook.com/ads/manager, kemudian pilih “Send People to Your Website” untuk mengarahkan orang-orang masuk ke sponsored post di fanpage yang diinginkan. Misalkan toko online shop anda berjualan produk kosmetik dan kecantikan, maka target pembeli yang diharapkan adalah perempuan, berumur sekitar 19-35 tahun.

Setelah menargetkan sasaran pembeli, pilihlah bentuk iklan dalam versi mobile. Hal ini disarankan karena pengguna Facebook terbanyak mengakses Facebook dalam versi mobile dan Facebook akan mengiklankan produk melalui laman para pengguna Facebook.

Adapun Salah satu keuntungan beriklan di Facebook Ads adalah mampu menjangkau pengguna BBM sehingga cakupan promosi Facebook semakin luas. Sedangkan kekurangan beriklan dengan menggunakan Facebook adsvertising adalah cakupan promosinya tidak global.