Menciptakan peluang usaha di desa memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas khususnya dalam bidang perekonomian. Hal ini dikarenakan desa memiliki peran konstruktif dalam penyediaan hasil sumber daya alam yang sangat potensial untuk dikembangkan. Peluang usaha tersebut dapat diciptakan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki. Selain keuntungan yang didapat, dengan menciptakan peluang usaha angka pengangguran dan kemiskinan akan menurun.

Cara Menciptakan Peluang Usaha Di Desa

Desa merupakan tempat yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat usaha karena memiliki banyak peluang usaha  yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan masih tersedianya sumber daya alam dan sumber daya manusia yang masih bisa dikembangkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan peluang usaha diantaranya :

  • Menyesuaikan tipe bisnis yang akan dibuat dengan tingkat kepopuleran atau penerimaan produk pada desa yang bersangkutan
  • Melihat kebutuhan masyarakat setempat
  • Menggali potensi yang dimiliki oleh desa sehingga dapat dijadikan usaha
  • Tidak mencari keuntungan yang terlalu tinggi karena dapat memberatkan masyarakat yang tinggal di pedesaan
  • Menyesuaikan modal yang dimiliki dengan jenis usaha yang dipilih
  • Mengatur keuangan dengan baik

Mengenal Beberapa Peluang Usaha Di Desa

Banyak sekali pemikiran keliru yang menyatakan bahwa hidup di desa sangatlah sulit karena peluang usaha yang tidak besar seperti di kota. Tentunya pemikiran ini sangatlah keliru karena faktanya ada banyak usaha yang justru hanya dapat dikembangkan di desa. Dari banyaknya peluang usaha yang dapat dijalankan, ada beberapa usaha yang potensial untuk dikembangkan seperti :

  1. Budidaya Ikan Air Tawar

Peluang budidaya ikan air tawar sangatlah menguntungkan terlebih jika dilakukan di daerah pedesaan. Ini dikarenakan masih tersedianya lahan atau area yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk budidaya. Ikan lele, ikan mas, dan ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan.

Modal yang diperlukan untuk budidaya pun tidak besar karena dapat disesuaikan dengan luas area budidaya yang dimiliki. Harga 1 ekor bibit ikan berkisar Rp 100 -300 sehingga jumlahnya bisa disesuaikan dengan luar area budidaya. Setelah panen, ikan bisa dijual ke pasar ikan, rumah makan, ataupun diekspor.

  1. Beternak

Usaha peternakan tentunya hanya dapat dilakukan di daerah pedesaan yang masih memiliki area lahan yang luas. Beternak merupakan usaha yang memiliki peluang usaha cukup besar. Misalkan saja beternak ayam. Selain dagingnya, telurnya juga dapat dijual sehingga keuntungan yang didapat akan lebih besar. Hewan ternak yang dapat dipelihara yaitu unggas seperti ayam kampung, ayam potong, ayam petelur, bebek, dan burung puyuh.

  1. Budidaya Tanaman Hidroponik

Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman dengan menanam tanaman pada media air. Cara menanam tanaman secara hidroponik memiliki beberapa keunggulan salah satunya yaitu harga jual tanaman yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan sistem konvensional. Selain itu tanaman akan memiliki waktu panen yang lebih cepat dan modal yang diperlukan pun kecil.

Lahan kosong yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman hidroponik. Hasil panen dapat dijual secara online ataupun pasar swalayan karena keuntungan yang besar tentunya hal ini sepadan dengan modal awal yang dikeluarkan.

  1. Menanam Sayuran Organik

Pada saat ini sayuran organik paling banyak dicari dan diminati khususnya bagi mereka yang tinggal di kota dan ingin hidup sehat. Sayuran organik merupakan sayuran yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida. Harga jual sayuran organik jauh lebih mahal sehingga hal  ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Agar berjalan lancar, sebaiknya pelaku usaha ini membangun jaringan bisnis sehingga mudah dalam pemasaran produk. Produk organik bisa dipasarkan di supermarket ataupun restoran agar keuntungan yang diperoleh semakin besar. Pelaku usaha juga dapat memasarkan produknya melalui media sosial sehingga jangkauannya lebih luas.

  1. Menjual Alat-Alat Pertanian

Sektor pertanian merupakan sektor unggulan di daerah pedesaan, usaha penjualan alat-alat pertanian tentunya memiliki peluang yang besar. Peralatan pertanian yang dijual bisa beraneka ragam mulai dari bibit tanaman, pupuk, obat hama, dan peralatan lain yang diperlukan oleh petani. Tentunya petani juga merasa diuntungkan karena mereka tidak perlu pergi jauh ke kota untuk membeli alat pertanian.

Demikianlah informasi mengenai cara menciptakan peluang usaha di desa yang menguntungkan. Menciptakan peluang usaha di desa tidaklah sulit jika ada kemauan dan kerja keras. Usaha yang tidak dapat dikembangkan di kota tentunya menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha yang membangun usahanya di desa.(nkh)