Di awal tahun seperti sekarang ini, masih banyak di antara kita yang berencana pergi liburan. Bali, ternyata masih jadi tempat favorit berwisata. Mengapa?
Ada beragam tempat menarik yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Pilihannya bisa liburan ke dalam negeri atau ke luar negeri. Di dalam negeri, banyak daerah yang menjadi tujuan wisata. Salah satunya adalah Bali.
Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Pantai Kuta, Pantai Lovina, Garuda Wisnu Kencana hingga Danau Batur Kintamani. Pantai Kuta merupakan tempat wisata yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisata karena pemandangan alam yang sangat indah. Garuda Wisnu Kencana merupakan taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan yang merupakan karya I Nyoman Nuarta. Ada keindahan bukit kapur yang menarik untuk dilihat.
 
Popularitas Bali sebagai pulau Dewata yang menyajikan banyak pengalaman eksotis serta kaya akan kuliner khas nusantara menjadi daya tarik tersendiri di mata pelancong asing. Jelang liburan akhir tahun lalu, perusahaan media intelligenceasal Australia, Isentia melakukan pemantauan pembicaraan di sosial media yang berasal dari negara-negara Eropa, Amerika serta Australia. 
Pantauan ini dilakukan sejak tanggal 1 hingga 22 Desember. Bulan Desember adalah bulan liburan di mana turis-turis dari negara-negara tersebut sudah merencanakan perjalanan mereka ke luar negeri. Menurut  General Country Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman, Bali adalah daerah wisata yang cukup lengkap sehingga banyak orang luar yang tertarik untuk mengunjungi, mulai dari wisata pegunungan, pesawahan, danau-danau, taman hiburan, pura hingga semua yang berkaitan dengan laut dan pantai. “Jarang ada tempat wisata di negara lain yang memiliki spot selengkap Bali. Ditambah dengan sudah masuk musim liburan, Bali bisa menjadi tujuan wisata akhir tahun bagi keluarga mancanegara” tutur Luciana.
Dari hasil pemantauan di media sosial seperti Twitter, Facebook, blog, portal berita yang memiliki kolom komentar hingga forum, terdapat pembicaraan tentang Bali sebanyak 6550 (23.35%) buzz dari netizen Australia. Dari Eropa, total pembicaraan mencapai 7384 buzz dengan rincian Prancis 1737 (6.19%) dan Inggris 5647 (20.13%) Netizen Amerika menyumbang buzz paling besar yaitu 14.118 (50.33%).
 
Pembicaraan tidak melulu soal rencana perjalanan akhir tahun ke sana, namun juga ungkapan kekaguman, testimoni makanan, rekomendasi tempat wisata, tips perjalanan saat di Bali, dan juga sekedar bercerita tentang berkunjung ke Bali. Menurut Luciana, reputasi Bali di mata dunia memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Suguhan keindahan dan kearifan budaya lokal, sistem wisata yang berjalan baik serta iklim ramah terhadap para turis membuat wisatawan mancanegara selalu ingin kembali ke Bali. Senada dengan hasil penelitian Isentia, Ketua DPD ASITA (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies) Bali I Ketut Ardana mengungkapkan bahwa Bali akan tetap menjadi destinasi wisata favorit sepanjang masa dikarenakan faktor budayanya yang unik, alamnya yang indah serta keramahtamahan masyarakatnya. “Budaya Bali sangat unik dan tidak ada duanya di dunia,” tuturnya kepada Serempak.id.(rab)