Saat membahas tentang kuliner khas Jogja, yang pertama terlintas pastilah tentang Gudeg dan Bakpia. Selain kedua makanan terkenal itu, beragam masakan khas Jawa pun tak kalah pamor. Namun jangan salah, sekarang ada satu lagi kuliner yang sedang naik daun, namanya Bakso Klenger Jogja. Memiliki nama yang unik, bakso yang satu ini memang bisa membuat klenger (pingsan) bagi yang melihatnya.

Keunikan Bakso Klenger Jogja

Siapa pun yang pertama kali melihatnya pasti akan kaget. Hal ini dikarenakan ukuran bakso yang tak biasa dan lain daripada yang lain. Karena keunikannya, warung bakso ini pun menjadi tujuan wajib bagi para pelancong yang datang ke Jogja. Untuk lebih jelasnya, mari simak detail mengenai Bakso Klenger berikut ini:

  1. Bola Bakso Dibuat Berdasarkan Ukuran

Berbeda dengan warung bakso pada umumnya, hal tak biasa akan menyambut kedatangan di warung bakso yang satu ini. Apalagi kalau bukan ukuran bakso yang dibuat di sini unik – ingat, bukan bentuk tetapi ukuran. Jika novel dan film laris Ketika Cinta Bertasbih dulu berhasil mempopulerkan Bakso Cinta, maka Bakso Klenger memiliki keunikan dari sisi lainnya.

Bakso yang dibuat di sini menggunakan ukuran, mulai dari ukuran normal seperti bakso pada umumnya, hingga bakso jumbo seukuran 250 gram dan 500 gram. Tak berhenti di situ saja, masih ada bakso ukuran 2 kilogram, 3 kilogram, 5 kilogram, hingga yang terbesar mencapai 20 kilogram. Ukuran mangkuk yang digunakan pun harus menyesuaikan, meski untuk ukuran jumbo kuah harus diletakkan dalam mangkuk terpisah.

  1. Makanan Unik yang Menjadi Tren

Melihat keunikan yang ditawarkan, tak heran jika bakso ini langsung menjadi tren tersendiri bagi warga Jogja maupun para wisatawan yang datang ke Jogja. Memakan bakso raksasa ini seolah menjadi tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan. Meski rasanya mustahil untuk menghabiskan seporsi bakso ukuran terbesar (20 kilogram) seorang diri.

  1. Meski Unik Rasa Tetap Asyik

Jangan berpikiran negatif terlebih dahulu, sebab meski warung bakso ini menonjolkan keunikan, namun urusan rasa masih dapat dipercaya. Hal ini terbukti dari komentar yang diberikan oleh para pengunjung yang datang. Ini dikarenakan pemilik warung menyiasati dengan memberikan isian melimpah agar pengunjung tidak eneg karena kebanyakan memakan bakso. Adapun isiannya terdiri dari telur dan cacahan daging. Selain versi original, ada pula varian petir yang menambahkan cabai untuk memberikan rasa pedas yang menggelegar.   

  1. Seporsi Bakso Raksasa Bisa untuk Beramai-ramai

Tak perlu sungkan jika ingin mencoba bakso ukuran terbesar, karena bisa dinikmati secara bersama-sama hingga 18 orang. Nantinya warung akan menyediakan pisau untuk mengiris bakso serta mangkuk-mangkuk tambahan. Sisi unik yang sedikit menggelitik adalah turut disediakan pula sendok ukuran jumbo jika memesan ukuran terbesar. Namun, tak perlu sungkan untuk datang sendiri sebab masih tetap bisa memesan bakso ukuran normal.

  1. Menjadi Destinasi Wisata Wajib di Jogja

Keberadaan Bakso Klenger ini menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi Kota Pelajar. Hal ini sesuai dengan teori lokasi, di mana suatu tempat dapat dijadikan sebagai obyek wisata karena tiga hal, sejarah, atraksi, dan kuliner.

Jogja memiliki nilai sejarah yang tak ternilai dengan masih lestarinya budaya Keraton yang masih dijunjung tinggi serta adanya atraksi keindahan alam yang ditawarkan. Keberadaan Bakso Klenger ini pun semakin melengkapi deretan kuliner khas Jogja yang patut untuk dicoba.

Harga Bakso Klenger Jogja

Seporsi Bakso Klenger untuk ukuran normal dihargai sebesar Rp. 15.000, harga tersebut akan meningkat jika memesan bakso dengan ukuran yang lebih besar. Untuk ukuran 250 gram memiliki harga Rp. 22.000, 500 gram senilai Rp. 45.000, 1 kilogram seharga Rp. 75.000, dan ukuran 5 kilogram Rp. 600.000. Sementara itu, untuk ukuran terbesar harga yang dipatok adalah sebesar 2,8 juta rupiah.

Lokasi Bakso Klenger Jogja

Bagi yang tertarik untuk mencoba Bakso Klenger Jogja dapat datang ke langsung ke warung bakso yang berada di Jalan Wahid Hasyim No. 296 Nologaten, Jogja. Di samping itu, warung ini pun telah membuka cabang di Jalan Perumnas, Mundusaren, Sleman, Jogja. Resminya warung bakso ini bernama Bakso Klenger Ratu Sari Jogja. Pastikan perut dalam keadaan kosong saat datang kemari jika ingin mencicipi bakso berukuran jumbo.(hn)