Ingin punya anak yang gemar membaca? Kalau begitu sejak dini, kita bisa mengajak anak mengenal beragam buku. Salah satu cara, ajak anak ke perpustakaan.
Perpustakaan yang dituju sebaiknya adalah perpustakaan ramah anak. Salah satunya adalah Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta. Perpustakaan ini terletak satu kompleks di Taman Ismail Marzuki (TIM).
 
Dari pintu gerbang Taman Ismail Marzuki, sudah tampak bangunan megah yang terletak di sebelah kanan. Masuk ke perpustakaan ini tak dipungut biaya sama sekali. Perpustakaan ini buka pukul 09.00 WIB. Saat pengunjung datang, diwajibkan untuk mengisi buku tamu.
 
perpus-2
Setelah itu, barang pribadi seperti tas dititipkan di loket. Nantinya, pengunjung akan mendapat kunci loket yang bisa menyimpan keperluan pribadi. Sebagai jaminan, pengunjung diminta untuk meninggalkan Kartu Tanda Pengenal (KTP). Dompet dan handphone boleh dibawa dan dimasukkan ke tas transparan yang disediakan pihak perpustakaan. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai.
 
Di lantai satu, berisikan berbagai buku-buku umum. Jika ingin mencari buku filsafat dan psikologi. Pengunjung juga boleh memilih membaca sambil duduk di kursi atau lesehan. Di setiap rak, bukunya tidak penuh terisi. Lantai dua merupakan perpustakaan khusus anak-anak. Buku-buku untuk anak diletakkan di rak warna-warni yang pas untuk karakter anak yakni warna hijau, biru dan merah. Di depan rak buku itu, ada meja panjang tanpa kaki yang dijadikan tempat untuk menaruh buku saat hendak membaca. Semuanya beralaskan karpet lembut dan harum serta bersih. 
 
perpus-3
Ada juga playground untuk anak hingga usia 5 tahun dengan maksimal tinggi 110 cm dan harus dalam pengawasan orangtua. Playground ini hanya buka Senin, Kamis, Sabtu dan Minggu sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Sedangkan di lantai 3 ditujukan bagi pengunjung yang mencari ensiklopedia atau membaca koran dan majalah terbaru. Jika tertarik menjadi anggota, cukup bawa fotokopi KTP dan foto 2×3 cm sebanyak 1 lembar dan bisa terdaftar sebagai anggota selama 1 tahun. Sebagai anggota, bisa pinjam 2 buku namun dikembalikan paling lambat satu minggu.
 
 
Perpustakaan Umum DKI Jakarta 
Jl. Cikini Raya No 73, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. 
No telepon : 02131928107
Jam Buka : Senin-Minggu pukul 09.00-20.00. Tutup pada hari libur nasional.(rab)