Oleh Agung Handoyo

Memasuki bulan Agustus 2016, Blogger berkesempatan hadir di acara Roadshow Serempak di Jakarta. Event Serempak pertama kali saya ikuti, saya jadikan kesempatan menggali informasi lebih jauh. Terus terang saya pernah mendengar Serempak, tapi belum mengetahui apa itu serempak.
Saya tak mau melewatkan kesempatan, mendaftar ikut di acara Roadshow Serempak untuk Jakarta.
Ibu Martha Simanjutak SE. MM , Selaku Ketua IWITA sekaligus pemrakarsa Serempak memberi pencerahan.
Yuk Mengenal Serempak.
1.serempak
Serempak atau Seputar Perempuan dan Anak, bertujuan meningkatkan akses perempuan terhadap Teknologi dan Informasi.
Perempuan masa kini berperan ganda, baik sebagai ibu, istri dan membantu perekonominan keluarga. Era digital yang kini tengah berlangsung, musti dibarengi dengan pendidikan. Maka bisa disimpulkan, perempuan berpendidikan keluarga akan sejahtera.

Tapi jangan salah ya, pendidikan tidak selalu identik dengan kuliah saja. Tapi bisa diraih melalui melek teknologi, sebagai pintu pembuka untuk beragam informasi.
Riset di beberapa daerah yang dilakukan Serempak, menunjukkan perempuan pemakai internet cukup umum.
Mulai dari ibu rumah tangga, pelaku usaha, wanita karir, aktivis dan pelajar. Indonesia sendiri berada pada urutan ke 4 dunia, dengan 34% pengguna internet dunia. Trend meningkat pengguna internet lewat smartphone, dan mulai didominasi oleh pengguna sosmed.
Tahukah anda !
Prosentase terbesar pengguna internet, ada pada perempuan dengan rata-rata 1-3 jam. Facebook adalah medsos yang dipilih perempuan, diakses via laptop dan smartphone. Untuk aktivitas di dunia maya, perempuan mengeluarkan biaya internet 50 ribu- 200 ribu.
Ada yang tidak bisa dipungkiri perihal anggapan, dunia teknologi seolah menjadi dominasi laki-laki. Padahal bisa saja perempuan menekuni, perempuan yang bergelut di bidang teknologi artinya akan selalu update masalah IT. Kesadaran pemanfaatan TIK harus digaungkan, sehingga kaum perempuan bisa kritis.
Pada sektor UKM (Usaha Kecil Menengah), dari data pelakunya 60% didominasi perempaan. Bahwa pelaku belanja via onlineshop 53% adalah perempuan, tentu siapapun tak menyangsikan.
Dari serangkaian pemaparan Ibu Martha Simanjutak, saya jadi paham mengapa Serempak hadir. Serempak ada karena perempuan butuh TIK, dan Serempak memiliki keterkaitan antara ibu dan anak.
Siapa yang ada di Serempak?
Siapapun boleh bekerjasama dan berkolaborasi, tanpa pandang suku, Ras dan Agama .
Serempak adalah media yang tidak hanya dimiliki pemerintah, tapi milik masyarakat dan bisa dimanfaatkan masyarakat. Serempak menjadi sarana, menuangkan ide, memberi asiprasi, melalui tulisan, inovasi, agar dapat membangun indonesia melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.
Apa Benefitnya ?
Personal Branding, Portofolio, Networking, Social Entrepreneur, menyalurkan Hoby dan interest, Kredibel, tulisan bermanfaat banyak orang, mengasaah skill, membuka wawasan.

Keunggulan serempak
Prakarsa pemerintah ; Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak
Gerakan Komunitas : Tidak hanya initas saja tapi semua masyarakat
Cakupan luas : Menggunakan internet sehingga bisa diakses dari mana saja
Berbasis Teknologi : Internet berarti erat kaitan degan teknologi
Konten mudah diakses dan digunakan : User Friendly
Mendukung berbagai macam format media (livechat & Jurnalisme warga) : Siapapun bisa narasumber.
Memiliki struktur organisasi : Serempak ada pengurus biasanya dari komunitas.
2.serempak

“Serempak ingin mengajak siapapaun memberi sesuatu yang positif pada masyarakat. Serempak bukan milik satu orang, tapi siapapaun boleh bergabung” Tegas Ibu Martha
Dalamm website Serempak, tersedia aneka artikel. Jenis artikel yang dibutuhkan perempuan, menurut survey ada urutannya. Mulai dari artikel kecantikan dan kesehatan, Hukum (apalagi perempuan kerap menjadi korban), Iptek, wisata budaya kuliner, ibu dan anak, karir dan pembangunan, sosial.
Blogger diberikan kesempatan untuk mengirim artikel lho. Dengan catatan, artikelnya berisi hal yang selaras dengan semangat Serempak.
Semangatnya adalah : Edukasi, Advokasi, Berbagi, Menginspirasi dan pencapaian.
Pencapaian Serempak sudah jelas, adalah berkurangnya, kekerasan terhadap perempuan, human traficking, kesetaraan tujuan ekonomi. Ada juga kolom e-learning, dan Usaha Kecil Menengah. Rubrik ini khusus untuk UKM brand lokal, agar bisa review produk untuk promosi.

Saya mulai tercerahkan, pengetahuan tentang apa itu Serempak. Rasanya semakin gak sabar, pengin membuka website dan berkontribusi. Tak masalah, meskipun peran kita ibarat setetes air di tengah sahara.
Bukankah “Sebaik Manusia adalah yang bermanfaat” (salam Serempak)


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis serempak