Ketika ingin menghirup udara segar dan menghilangkan penatnya kesibukan kota, datanglah ke Kebun Raya Bogor. Di Kebun Raya Bogor, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dan hijaunya pepohonan. Akses menuju Bogor tak sulit. Jarak tempuh dari Jakarta ke Kebun Raya Bogor sekitar satu jam. Dari Jakarta, anda langsung memasuki tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Bogor. Keluar pintu tol Bogor, anda akan menemui lampu merah Baranangsiang lalu belok kanan. Nanti ada tugu Kujang lalu belok kiri. Sekitar 300 meter, sudah bertemu dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor.
Harga tiket masuk adalah Rp 15 ribu per orang, sedangkan harga masuk mobil Rp 30 ribu. Pengunjung boleh memilih berkeliling Kebun Raya Bogor menggunakan kendaraan pribadi, atau parkir mobil dan kemudian berkeliling dengan berjalan kaki. Sebaiknya, parkirlah kendaraan anda kemudian berjalalan kaki mengelilingi Kebun Raya Bogor.  
kebun-raya-bogor
Di Kebun Raya Bogor, parkirlah kendaraan di dekat Museum Zoologi. Setelah itu, belok kanan dan ikuti jalan setapak. Di kiri dan kanan jalan akan tampak beraneka pepohonan. Panasnya matahari tak akan terasa jika berjalan di sepanjang jalan ini. Nanti akan ada tukang jual es krim seharga Rp 3000. Es krim nikmat ini mampu mengatasi rasa haus setelah berjalan kaki.
Jika ingin berpuas-puas foto, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Istana Bogor. Pemandangan indah istana merupakan pilihan terbaik untuk berfoto. Jika capek setelah berkeliling, pengunjung bisa duduk di kursi-kursi kayu yang telah disediakan.
Banyak pengunjung yang datang membawa makanan dan minuman dari rumah. Mereka memilih datang bersama keluarga atau teman. Pak Ali misalnya, sengaja datang bersama anak, menantu dan cucunya. “Ini pertama kali saya datang. Pemandangannya indah,” katanya kepada Serempak.id. Ada juga rombongan peseda yang datang jauh-jauh dari Depok untuk menikmati keindahan dan kesejukan Kebun Raya bogor.
Banyak anak yang memilih bermain sepeda atau sepatu roda di Kebun Raya Bogor. Ada juga pengunjung yang sengaja datang untuk menghadiri acara yang kebetulan diadakan di Kebun Raya Bogor.
kebun-raya-bogor-3
Kebun Raya Bogor awalnya merupakan halaman Istana Bogor yang  dikembangkan menjadi sebuah kebun yang cantik. Semua ini berkat kepiawaian Raffles yang menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Sekitar 47 hektar tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas Samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Reinwardt menjadi pengarah pertamanya dari 1817 sampai 1822 yang mengembangkan menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia. Kala itu, diperkirakan sekitar 900 spesies tanaman hidup di kebun tersebut. Pada tanggal 30 Mei 1868 Kebun Raya Bogor secara resmi terpisah kepengurusannya dengan halaman Istana Bogor. (rab)