Kelahiran seorang anak di dunia adalah anugerah. Melahirkan bukan hal yang mudah dan murah, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan pra ataupun pasca melahirkan. Untuk itu, tentunya semua orang ingin menjadikan momen kelahiran anak sebagai momen yang spesial. Selain spesial sebagai seorang anak yang datang ke dunia, orang tua pun pastinya ingin menjadikannya resmi dan diakui oleh semua orang dan juga badan hukum yaitu dengan cara mengurus akta kelahiran.

Untuk dianggap sah oleh hukum bahwa anak tersebut adalah anak kandung, tentunya perlu mengurus akta kelahiran untuk anak. Akta kelahiran adalah dokumen resmi yang dikeluarkan negara untuk menyatakan bahwa anak tersebut adalah sah. Untuk itu, perlu tahu juga bagaimana cara mengurus akta kelahiran agar dokumen anak bisa segera terurus.

Mengapa Harus Membuat Akta Kelahiran?

Jika masih ada yang bertanya mengapa akta kelahiran harus dibuat, jawabannya sangat sederhana. Untuk menunjukkan bahwa anak tersebut sah dan resmi diakui negara. Anak tersebut adalah anak kandung. Kemudian dengan akta kelahiran, anak akan mendapatkan nomor induk kependudukan yang akan dimasukkan ke daftar kartu keluarga. Tentunya dengan hal itu, ada banyak fasilitas masyarakat yang bisa didapatkan untuk semua anak yang sudah terdaftar.

Sebab itulah akta kelahiran dianggap penting. Karena memudahkan semua orang untuk mendapatkan banyak fasilitas dan hak sebagai warga negara Indonesia. Terlebih akta kelahiran yang dibuat terlambat atau malas mengurus setelah kelahiran sang anak akan sangat merepotkan. Ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi dibandingkan jika keluarga mengurus dan membuatnya sesuai waktu.

Proses dan Persyaratan Pembuatan Akta Kelahiran

Cara mengurus akta kelahiran tentu dibutuhkan dokumen resmi dari orangtua juga untuk membuktikan bahwa anak tersebut benar anak kandung yang sah. Untuk itu, perlu disiapkan beberapa dokumen sebelum datang ke petugas untuk mengurus akta kelahiran. Persyaratan dan proses pembuatan persyaratan dokumen tersebut adalah :

1. Surat Kelahiran dari Rumah Sakit/Dokter/Puskesmas/Bidan/Klinik

Ketika seorang anak lahir ke dunia, pastikan segera meminta surat keterangan lahir kepada dokter atau bidan yang menangani. Jika susah bertemu dengan petugas yang bersangkutan, bisa segera meminta bantuan kepada petugas lain untuk membantu mempercepat pembuatan surat keterangan lahir.

2. Kartu Keluarga dan KTP Orangtua (Asli dan Fotokopi)

Surat ini bukan surat asing lagi. Semua orang tentu tahu dan memilikinya. Cukup bawa KK dan KTP asli dan sertakan juga fotokopiannya. Banyak yang beranggapan bahwa membawa fotokopi dokumen saja cukup sebagai bukti, namun sebaiknya tetap membawa dokumen asli. Anggap saja sebagai bukti penguat bahwa dokumen tidak direkayasa. 

3. Surat atau Akta Perkawinan Orangtua (Asli dan Fotokopi)

Mengapa surat ini perlu, karena setiap hukum wajib tahu orang tua sah yang akan dijadikan dokumen seumur hidup. Jika mendaftarkan akta kelahiran tanpa surat perkawinan orang tuanya, maka sang anak tidak bisa disebutkan secara sepihak oleh informasi dari mulut ke mulut.

4. Paspor Bagi Orang Asing (Asli dan Fotokopi)

Bagi yang bukan orang Indonesia, paspor seperti pengganti identitas kependudukan. Oleh karenanya, petugas tidak akan kebingungan saat mencari data diri orang tua. Dengan adanya paspor, tentu seseorang sudah terbukti terdaftar sebagai penduduk di suatu negara. 

5. Surat Kepolisian (Bagi Anak yang Tidak Tahu Keberadaan Orang tuanya)

Ini untuk kekhawatiran tingkat tinggi. Jika semisal terjadi atau terdapat anak yang ditemukan tanpa kepastian orang tuanya. Bagi siapa pun yang menemukan, wajib dan perlu melaporkannya kepada polisi. Jika ingin mengadopsi anak tersebut, surat kepolisian tersebut bisa menjadi bukti dalam proses pengadopsian, sehingga akta kelahirannya bisa segera diurus.

Dengan gambaran bagaimana cara mengurus akta kelahiran di atas, prosesnya pun terlihat cukup mudah. Tinggal lakukan pendaftaran akta kelahiran untuk keluarga. Dengan begitu, masa depan anak pun dapat terjamin, terkait dengan hak yang kelak bisa diperoleh anak dalam masyarakat dan di mata negara. Pastikan untuk menyegerakan proses pembuatan akta kelahiran, karena jika diperlama justru akan semakin rumit dan merepotkan. Hal ini dikarenakan akan ada banyak persyaratan lainnya yang harus dilengkapi. (hn)